Rekap Penjualan Bikin Pusing? Ini 10+ Aplikasi Mencetak Struk Online Gratis yang Bakal Membantu Kamu!!

104
Aplikasi mencetak struk belanja online

Semua jenis usaha yang melakukan transaksi jual beli dengan konsumen, akan selalu membutuhkan struk sebagai bukti pembayaran yang sah. Itulah sebabnya aplikasi mencetak struk belanja, struk pembayaran atau struk online sangat penting untuk para pebisnis sebagai penunjang operasional usahanya.

Butuh VPN gratis? Dengan Moove VPN, akses semua konten di internet tanpa blokir, 100% aman dan cepat!

Untuk mempermudah menemukan software cetak struk yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, dalam ulasan berikut akan diuraikan beberapa rekomendasi aplikasi mencetak struk yang bisa digunakan.

Apa saja? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Daftar Aplikasi Mencetak Struk Online Terbaik

Dari sekian banyak software cetak truk yang bisa digunakan sebagai bukti sah struk belanja, berikut adalah daftar software atau aplikasi struk online yang bisa kamu di pakai!

1. Jurnal Touch

Rekomendasi aplikasi mencetak struk yang pertama adalah Jurnal Touch, software cetak struk ini dibuat untuk mensubstitusi mesir kasir lama. Dengan aplikasi ini, setiap transaksi akan secara otomatis terhubung dengan sistem pengelolaan bisnis.

Jurnal Touch memiliki banyak fitur unggulan yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah proses bisnis, misalnya transaksi multi store, kustomisasi struk pembayaran, proses transaksi struk belanja offline, dan masih banyak lainnya. 

2. Aplikasi Mencetak Struk: MinPOS

Software cetak struk selanjutnya yang bisa digunakan oleh para pebisnis adalah MinPOS. Aplikasi cetak struk online yang dikembangkan oleh Openbravo POS ini merupakan software cetak struk belanja yang sudah memiliki lisensi.

Satu hal yang membuat MinPOS menarik adalah aplikasi ini selalu diperbaharui oleh pihak pengembang sehingga fitur-fiturnya semakin lengkap dan modern. 

MinPOS sangat cocok digunakan untuk semua jenis usaha, dari mulai bisnis hotel, restoran, cafe, barbershop, toko retail, hingga warung rumahan yang menjual barang-barang secara eceran.

3. UniCenta POS

UniCenta merupakan aplikasi yang bisa mencetak struk online yang juga bisa digunakan sebagai aplikasi untuk mengelola pesanan para pelanggan, pembayaran, serta mengontrol manajemen inventory produk yang akan dijual.

Aplikasi mencetak struk ini bisa digunakan secara gratis, tanpa dipungut biaya. Tetapi, fitur-fitur UniCenta POS tidak kalah dengan software cetak struk lain yang berbayar. Selain bisa mencetak struk belanja, UniCenta POS juga mempunyai sistem Point of Sale  yang berstandar komersil. 

4. Supedian POS

Rekomendasi aplikasi mencetak truk selanjutnya adalah Supedian POS, untuk perusahaan yang mengembangkan bisnis restoran aplikasi pencetak struk belanja ini sangat cocok digunakan, terutama untuk bisnis makanan yang menyediakan layanan take away.

Supedian POS sangat mendukung penerbitan struk online dan struk pembayaran biasa yang bisa dipindai langsung dengan barcode dan terhubung dengan printer nota. 

Selain cocok digunakan untuk usaha restoran, aplikasi mencetak struk ini juga bisa dipakai oleh jenis usaha lain seperti bisnis laundry, toko bunga, toko buku, atau toko kue. 

5. Aplikasi Mencetak Struk: Florent POS

Floreant POS juga termasuk aplikasi mencetak struk yang sangat direkomendasikan untuk bisnis yang bergerak dibidang penjualan retail dan makanan. Misalnya seperti cafe, kedai kopi, makanan cepat saji, mini market, dan warung madura modern yang menjual kebutuhan sehari-hari. 

Aplikasi cetak struk belanja ini merupakan salah satu software cetak struk yang sudah lama dirilis, yaitu sejak tahun 2008. Karena memiliki fitur yang lengkap dan penggunaannya mudah, Floreant POS terus berkembang dan sudah lebih digunakan oleh 30.000 restoran yang tersebar di seluruh dunia. 

6. e-Nota

Sesuai dengan namanya, e-Nota merupakan aplikasi mencetak struk yang didesain untuk membuat nota atau struk pembayaran, aplikasi ini bisa mencetak nota secara cepat dan efisien dengan waktu yang relatif singkat. 

Aplikasi e-Nota juga sudah mendukung pembuatan struk online yang bisa digunakan oleh pebisnis online yang terbiasa memberikan struk belanjanya melalui Whatsapp atau e-mail.

Sayangnya, untuk saat ini e-Nota masih belum bisa diakses secara offline, penggunaan aplikasi mencetak struk ini hanya bisa dilakukan secara online dengan jaringan yang stabil. 

7. Chromis POS

Rekomendasi aplikasi mencetak struk berikutnya adalah Chromis POS, software cetak struk ini merupakan bagian dari aplikasi kasir yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang sangat berguna untuk aktivitas penjualan.

Chromis POS bisa langsung terhubung dengan USB printer sehingga pengguna bisa langsung mencetak struk belanja tanpa perlu repot memasang alat penghubung eksternal. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan layar penjualan, monitor layar dapur, dan juga struk nota kasir yang bisa tercetak secara otomatis.

Untuk menginstal aplikasi ini, pengguna butuh Java Runtime untuk dihubungkan dengan perangkat yang dimiliki. Namun tidak perlu khawatir, untuk para pengguna windows, Java Runtime biasanya sudah tersedia di perangkat secara default, sehingga Chromis POS bisa dengan mudah diinstal. 

8. Square1 miniPOS

Rekomendasi aplikasi mencetak struk pembayaran yang terakhir adalah Square1 miniPOS. Software yang juga bisa menerbitkan struk online ini termasuk aplikasi yang memiliki antarmuka sederhana sehingga sangat mudah digunakan. 

Kemudahan yang diberikan Square1 miniPOS ini dikarenakan tujuan utama dari aplikasi ini adalah menargetkan para pebisnis kecil yang membutuhkan modernisasi sistem pembayaran yang lebih canggih, khususnya untuk negara berkembang seperti Indonesia yang memiliki banyak usaha kecil-kecilan.

Namun, meskipun terbilang sederhana, Square1 miniPOS sangat konsen menyediakan layanan pencetak struk belanja yang baik dengan kualitas penyimpanan yang kuat.

Tidak heran jika sampai saat ini, Square1 miniPOS semakin digemari dan dipakai oleh para pebisnis yang mengelola usaha kecil, seperti UMKM dan sejenisnya.

9. POS IREAP Lite

Rekomendasi software cetak struk online selanjutnya yang bisa jadi pilihan buat kalian para pelaku bisnis adalah Point Of Sale (POS) IREAP Lite.

Tersedia secara gratis di Play Store, aplikasi struk pembayaran ini juga bisa digunakan melalui perangkat Android. Dilengkapi dengan fitur yang memudah penghitungan penjualan, aplikasi struk online satu ini wajib banget dimiliki para pelaku bisnis.

Seperti, fitur kategori barang, retur pembelian ketika ada pengembalian barang dari konsumen, pencatatan barang, hingga jumlah barang yang masih tersedia.

Tak hanya itu, aplikasi mencetak struk belanja gratis ini juga dilengkapi juga dengan fitur manajemen stok. Sehingga mampu membantu mengatur stok barang yang masuk dan juga keluar.

Termasuk memantau dan mengaudit stok, melihat penjualan terbanyak hingga jumlah profit yang diperoleh. Bukan cuma itu saja, kamu juga dapat bisa dengan mudah mengimport data dari file berformat CSV.

10. Mesin Kasir

Lanjut, ada Mesin Kasir yang juga recommended buat para pelaku bisnis retail, baik kecil maupun menengah untuk memantau penjualan hingga total laba yang diperoleh.

Aplikasi struk online ini selain mudah digunakan, tapi juga gratis. Sehingga, akan sangat membantu dalam proses penghitungan barang dagangan yang terjual. 

Tampilan yang sederhana menjadi salah satu daya tarik dari aplikasi ini. Jadi sangat cocok untuk pengguna pemula yang baru belajar menggunakan aplikasi struk online.

Meski begitu, fitur yang ditawarkannya hampir tak jauh berbeda dengan aplikasi struk belanja lain pada umumnya.

Menariknya lagi, aplikasi ini pun masih tetap dapat dioperasikan meskipun jaringan internet sedang off atau tidak ada. Jadi sangat cocok untuk para pelaku usaha yang kerap berada di lokasi dengan jaringan seluler yang minim.

Mesin Kasir juga memungkinkan penggunanya untuk menginput data transaksi maupun data stok barang  dengan jumlah yang tidak terbatas. Termasuk membuat laporan rugi laba, laporan penjualan, hingga perhitungan stok secara otomatis.

11. Kasir Pintar

The last but not least dalam daftar rekomendasi aplikasi cetak struk online ada Kasir Pintar. Aplikasi ini, tersedia dalam dua versi, gratis dan berbayar.

Namun, untuk fitur yang ditawarkan sendiri sebetulnya tak jauh berbeda, mulai dari pencatatan harga barang, stok barang, hingga scan barcode produk. Hanya saja memang, untuk versi gratis cenderung lebih terbatas untuk fiturnya. 

Misalnya saja fitur-fitur tambahan seperti backup otomatis, yang memungkinkan untuk membackup semua data yang ada tanpa khawatir akan hilang.

Selain itu, ada pula fitur laporan untuk membuat laporan stok barang, cash flow harian, hingga bulanan. Bahkan, aplikasi ini juga memudahkan untuk memantau laba rugi hingga omzet penjualan.

Tak sampai disitu saja, aplikasi Kasir Pintar juga bisa digunakan untuk mencetak struk pembayaran yang dihubungkan ke printer thermal, lho. Sangat membantu sekali, bukan?

Akhir kata 

Nah, itu dia rekomendasi aplikasi mencetak struk terbaik dan terpopuler yang bisa kalian gunakan untuk mendukung aktivitas berbisnis. Terutama pelaku usaha retail kecil dan menengah. 

Setelah membaca ulasan di atas, apakah kalian sudah memutuskan untuk memakai aplikasi mencetak struk yang mana? Coba share pendapat kamu di kolom komentar.

Pastikan untuk memilih software cetak struk yang paling cocok dengan bisnis kalian ya!

 

Catatan Editor

Jangan lupa sebelum memutuskan untuk mendownload aplikasi mencetak struk belanja di internet, pastikan untuk selalu menjaga koneksi jaringan agar lebih aman dengan aplikasi VPN terbaik, salah satunya Moove VPN.

Bukan hanya terjaga privasi dan keamanan data pribadimu saat mendownload software cetak struk belanja atau pembayaran, tapi jaringan internet yang digunakan pun juga menjadi lebih stabil, lancar dan lebih cepat.

Bahkan kamu juga bisa membuka situs diblokir akibat batasan geografis wilayah, lho. Aplikasi VPN terbaik dengan fitur keamanan mumpuni ini bisa digunakan dengan mudah dan 100% gratis, lho.

Tunggu apa lagi, yuk lindungi aktifitasmu di internet dengan Moove VPN sekarang juga!

Google Play