Cara Membuat Google+ Page Untuk Blog – Membuat Google+ Page untuk blog adalah salah satu cara penting untuk menjaring audience dan pelanggan jika blog Anda bersifat bisnis. Google+ Page akan membantu blog Anda lebih populer di mesin pencari Google dan tentunya akan menambah tingkat trafik yang selama ini Anda dapatkan.

Dari pantauan Seni Berpikir, artikel yang disubmit ke Google+ Page lebih cepat terindeks di Google dan membantu artikel tersebut berada di peringkat teratas urutan pencarian. Untuk itu, membuat Google+ Page untuk blog menjadi salah satu langkah penting demi tujuan SEO, meningkatkan trafik, dan juga menjaring audience di luar sana serta membantu mereka mendapatkan informasi terbaru dari blog Anda.

Nah, dalam artikel kali ini Seni Berpikir menemani Anda lewat langkah-langkah membuat satu akun Google+ untuk blog Anda. Sama saja caranya dengan membuat akun Twitter untuk blog Anda dan juga Facebook Fan Page.

Artikel Rekomendasi: Cara Membuat Facebook Fan Page

Cara Membuat Google+ Page Untuk Blog

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun Google+ Anda sendiri terlebih dahulu. Jika Anda sudah memiliki akun Gmail, maka silahkan klik DISINI untuk langsung log in, atau Anda juga bisa membuatnya di halaman tersebut jika belum memilikinya.

BACA JUGA:  Project Tango, Ide Besar Baru dari Google

Setelah itu pada langkah kedua melalui halaman Profile, silahkan klik Pages di sebelah kiri. Silahkan pilih kategori blog Anda di antara pilihan yang tersedia. Masukkan informasi-informasi terkait yang tersedia, jangan lupa untuk memasukkan alamat website, sedikit informasi tentangnya, tag line jika perlu, informasi kontak, lakukan review pada Google+ terms dan klik Continue. Di tahap ini Anda sudah berhasil membuat Google+ Page untuk Blog Anda.

Sekarang Anda tinggal meng-customize-nya. Ganti foto profil dan cover-nya dengan sesuatu yang mampu merepresentasikan blog Anda. Isi juga deskripsi singkat blog Anda, boleh menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Buatlah informasi terkait Google+ Page blog Anda sedetil mungkin, termasuk informasi kontak yang bisa dihubungi. Bila perlu, tambahkan juga link eksternal yang mengarahkan pengguna Google+ Page Anda ke akun-akun Anda atau pun blog Anda, seperti link Facebook Fan Page, Twitter, Pinterest, Linkedin, dan sebagainya.

Artikel Rekomendasi: Cara Posting Artikel Otomatis ke Facebook dan Twitter

Cara Membuat Google+ Page Badge untuk Blog Anda

Agar pengunjung blog Anda bisa terhubung dengan Google+ Page blog Anda, maka sekarang buatkan satu badge profil Google+ Page Anda dan embed ke blog Anda. Caranya, pastikan Anda masih log in ke Google+ atau pun Gmail, dan pastikan Anda menggunakan Google+ sebagai Page Blog Anda. Kemudian masuk ke Google+ Badge, Lakukan konfigurasi singkat terkait seperti apa badge yang hendak Anda pasang di blog Anda. Cek preview tampilan badge tersebut di sebelah kanan tempat pilihan konfigurasi. Lihat setiap perubahan yang ada. Setelah Anda merasa badge tersebut sesuai dengan keinginan Anda, maka copy kode HTML yang terdapat di bawah preview tersebut dan paste ke blog Anda, boleh di sidebar atau pun footer, sesuai keinginan Anda.

BACA JUGA:  Update Google Pagerank 6 Desember 2013

Selesai.

Cara Verifikasi Google+ Page Untuk Bisnis Anda (Local Business Only)

Jika Anda memiliki bisnis yang memiliki lokasi fisik seperti restoran, toko pakaian, dan sebagainya dan hendak membuat Google+ Page untuk bisnis Anda tersebut, maka Anda perlu melakukan verifikasi Google+ Page untuk bisnis tersebut agar Google lebih mudah mengindeksnya di mesin pencarian dan mengakui otoritas Anda sebagai pemilik bisnis tersebut. Caranya, masuk ke Dashboard Google+ Page dan klik Manage this Page. Klik Verify Your Business di bawah alamat bisnis tersebut.

Cek apakah informasi kontak sudah benar. Anda juga bisa menambahkan informasi kontak orang lain yang Anda percaya agar sebuah PIN Postcard sampai ke alamatnya. Pastikan juga apakah alamat yang Anda cantumkan sudah benar, karena Google akan mengirimkan PIN Postcard ke alamat tersebut untuk verifikasi bisnis tersebut. Cek sekali lagi apakah semua informasi terkait sudah lengkap dan benar. Setelah itu, klik Request Postcard. Jika postcard berisi PIN untuk local business Anda sudah tiba di alamat yang tadinya Anda cantumkan, silahkan klik Verify Local Business dan masukkan PIN-nya. Selesai.

BACA JUGA:  Cara Membuat Author Box di Setiap Tulisan Dengan Plugin

Kesimpulan

Membuat Google+ Page untuk blog Anda merupakan suatu alternatif lain untuk mempermudah pengunjung menemukan artikel atau informasi yang terdapat di blog Anda, juga mempercepat indeks dan meningkatkan SEO blog Anda di mata mesin pencari seperti Google. Selain itu, memverifikasi kepemilikan atau otoritas local business di Google+ akan meningkatkan kepercayaan customer, reputasi bisnis, dan penjualan produk Anda di pasaran, karena bisnis Anda akan lebih mudah menjaring customer. Semoga bermanfaat.

Silahkan follow Google+ Page Seni Berpikir untuk mendapatkan update terbaru Seni Berpikir dengan mudah.

TINGGALKAN KOMENTAR