Cara Mudah Menjadi Peringkat Pertama di Google – Google dan mesin pencarian semacamnya menjadi sumber trafik atau pengunjung terbaik untuk sebuah blog. Ya, kita semua para blogger dan online marketer lainnya sudah tahu itu. Tetapi saat ini Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan, tidak hanya di Indonesia saja, bahkan di dunia.

Dalam artikel kali ini, Seni Berpikir mencoba menguak rahasia untuk menjadikan blog berada di urutan teratas hasil pencarian Google, dengan kata lain, menguak rahasia untuk menjadikan blog berada pada peringkat pertama di Google. Berhubung karena algoritma pencarian Google sering diupdate, mulai dari penguin, panda, hingga yang terkini hummingbird, maka mau tidak mau kita harus menetapkan strategi baru untuk merebut posisi teratas dalam hasil pencarian Google.

Mengapa Harus Menjadi Peringkat Teratas di Google?

Seperti yang sebelumnya saya sebutkan di bagian awal, Google dan mesin pencari lainnya adalah sumber trafik terbaik untuk sebuah blog, apapun tujuan kita membangun blog tersebut. Dari kata kunci yang diketikkan di mesin pencari Google, rata-rata pencari tidak mau repot untuk membuka halaman demi halaman jika artikel dari sebuah website/blog di urutan teratas sudah menjawab kehausannya akan sesuatu yang dicarinya dengan mesin itu.

Jika blog/website kita berada di urutan teratas maka kemungkinan besar trafik dari Google pun akan membanjiri blog kita. Inilah hal terbaik untuk sebuah blog. Nah, dalam pembahasan kali ini, bagaimana caranya agar blog kita berada pada peringkat pertama di Google?

BACA JUGA:  Memperkenalkan Google Sitelinks! Apa itu Google Sitelinks?
Bagaimana kini Google meranking blog kita?

Algoritma yang digunakan Google kini sudah sangat pintar. Mesin itu menggunakan sesuatu yang disebut ‘bot crawler’ atau robot perayap yang mengumpulkan data-data terkait dengan kata kunci dari seluruh artikel terkait yang sudah dipublikasi. Robot Google kini sudah bisa membedakan penggunaan kata yang kita gunakan. Dalam blog-blog berbahasa Inggris, robot Google sudah mampu membedakan struktur kata yang salah, penggunaan kata yang salah, dan sebagainya. Bahasa Indonesia juga demikian.

Google juga lebih menyukai artikel yang segar, dalam artian, masih baru dan belum banyak yang publish tentang topik terkait, juga beda dari apa yang disampaikan oleh artikel lainnya dalam topik yang sama. Google juga meranking blog kita dengan popularitas blog di media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, dan sebagainya.

Jadi apa strategi yang tepat untuk menjadi peringkat pertama blog kita?

Inilah inti dari artikel ini. Berikut apa yang bisa saya jelaskan kepada Anda:

1. Artikel: usahakan agar artikel yang ditulis benar-benar dibaca kembali sebelum dipublikasikan. Susun kalimatnya dengan struktur kata kunci yang tepat (berada di awal paragraf, tengah, dan kalimat terakhir dengan persentase kepadatan kata kunci sebesar maksimal 8%). Artikel yang kita tulis juga harus unik, setidaknya 90% unik karena Google sudah membedakan mana yang copy-paste atau plagiat dan mana yang tidak.

BACA JUGA:  Tips SEO Untuk Desain Blog

Artikel yang ditulis juga setidaknya berjumlah 300 kata, jangan terlalu sedikit dan jangan pula terlalu banyak. Maksimal 750 kata jika memungkinkan. Kata kunci yang digunakan juga harus benar-benar relevan dengan topik artikel yang ada, jangan sampai spam!

2. Promosi: semakin banyak Anda mempromosikan artikel dari blog Anda, maka semakin besar pula kemungkinan agar artikel tersebut berada pada peringkat pertama di hasil pencarian Google. Selain menarik pengunjung ekstra ke blog Anda, promosi juga membentuk personal branding Anda sebagai penulis dan pemilik blog tersebut, juga memungkinkan Anda untuk dengan mudah mendapatkan penghasilan dari blog Anda.

3. Atur ulang desain blog Anda, seperti penggunaan iklan, skrip/flash media, dan kurangi juga jumlah widget yang tidak benar-benar diperlukan. Google juga meranking blog dari kecepatan loading blog tersebut. Semakin cepat loading sebuah blog ketika dibuka maka semakin suka pula pengunjung dan robot Google ketika mengindeks blog kita.

Sebisa mungkin gunakan fitur ‘artikel terkait’ di bagian akhir artikel yang Anda tulis. Sediakan juga tombol media sosial agar pengunjung lebih mudah membagikan artikel tersebut melalui media sosialnya. Hal ini akan membantu menurunkan bounce rate sehingga mempercepat artikel Anda tertera di peringkat teratas Google.

BACA JUGA:  Google Pagerank, Google Tak Bertanggung Jawab!

4. Perhatikan penggunaan keyword, jangan spam! Usahakan keyword yang digunakan untuk setiap artikel diubah-ubah atau diparafrase. Jangan ada duplicate content atau duplicate pages to target keywords.

5. Gunakan plugin SEO jika Anda pengguna WordPress self-hosted. Plugin SEO seperti WordPress SEO by Yoast dan All in One SEO Pack sangat mudah untuk digunakan.

6. Daftarkan blog Anda di Google Webmaster dan Google Analytics agar Anda dapat melihat statistik pencarian, kata kunci, crawl error, dan mengetahui jumlah pengunjung serta dari mana pengunjung-pengunjung tersebut datang. Dari situ Anda akan belajar mengenai statistik blog Anda dari waktu ke waktu.

7. Usahakan berjaya dalam niche blog Anda. Maksudnya, jika niche yang Anda pilih adalah fashion di Indonesia, maka usahakan agar Anda tetap mampu bersaing dengan kompetitor di niceh fashion tersebut.

Kesimpulan

Itulah berbagai hal untuk mengetahui cara mudah menjadikan blog kita berada pada peringkat teratas Google. Online marketer pada dasarnya siap habis-habisan soal SEO, karena gagal dalam SEO maka bisnis online bisa dianggap gagal. Namun banyak berbagai hal yang bisa membuat blog kita berada pada peringkat teratas Google. Selamat mencoba!

5 KOMENTAR

  1. hehehe.
    yup, google sudah bisa berpikir seperti manusia
    Dan tidak semua manusia bisa berpikir sperti google

    Jadi itu maksud seni berpikir toh mas? 😀

  2. Kutip "Artikel: usahakan agar artikel yang ditulis benar-benar dibaca kembali sebelum dipublikasikan. Susun kalimatnya dengan struktur kata kunci yang tepat (berada di awal paragraf, tengah, dan kalimat terakhir dengan persentase kepadatan kata kunci sebesar maksimal 8%). Artikel yang kita tulis juga harus unik, setidaknya 90% unik karena Google sudah membedakan mana yang copy-paste atau plagiat dan mana yang tidak"

    Saya setuju sekali, pastikan tata tulis, maksud dan ketelitian artikel guna menjaga kualitas artikel, artikel blogseniberpikir sudah lengkap membahasnya.

  3. Pertanyaan gan. jika kita posting artikel, dicek ada yang salah kemudian edit, posting lagi. Eh di cek lagi ada yang , edit- posting begitu berulang kali di setiap mau posting artikel, apakah itu mempengaruhi seo?

    • Tidak masalah gan, karena ketika sudah terindeks di Google, hasilnya tidak langsung berubah di hasil pencarian setelah diedit karena Google menggunakan data Google webcache yang tidak rutin me-reindex URL webpage, kecuali kalo agan submit manual, maka hasil perubahannya langsung berubah.

TINGGALKAN KOMENTAR