Tips Agar Blog Cepat Terindeks Google – Banyak sekali faktor yang digunakan Google untuk mengindeks dan meranking sebuah konten dari sebuah blog. Jika terkadang Anda bingung mengapa konten di blog Anda tak juga terindeks di Google mungkin karena kekuatan konten Anda sendiri dari segi pengoptimalannya masih sangat kurang.

Google memiliki algoritmanya sendiri dalam mengindeks dan merangking sebuah konten di hasil pencariannya. Mesin perayap yang dikenal sebagai Google Bot-lah yang bertugas untuk melakukan scan terhadap konten berdasarkan tingkat optimisasi yang dilakukan oleh seorang publisher.

Dan Google Bot sendiri hingga saat ini masih mempertimbangkan kekuatan link (disebut juga sebagai backlink) untuk mengindeks dan merangking sebuah konten. Makin berkualitas link yang ada maka makin baiklah posisinya.

Nah, tahan dulu soal pengoptimalan rangking di hasil pencarian Google, kali ini kita membahas tentang bagaimana caranya agar blog cepat terindeks Google.

Jika Anda merasa bahwa Anda selama ini sudah melakukan upaya yang cukup besar agar blog cepat terindeks Google, coba renungkan kembali, apakah Anda sudah benar-benar berupaya?

Memang, tidak ada 100% jaminan bagi siapapun agar setiap konten yang diposting di sebuah blog bisa lebih cepat terindeks di Google.

Namun, paling tidak ada beberapa tips yang bisa kita terapkan untuk membuka kesempatan yang lebih besar agar blog kita lebih cepat terindeks di Google. Berikut beberapa tips agar blog cepat terindeks Google.

Tips Agar Blog Cepat Terindeks Google

1. Content is Still the King: Perbanyak Menulis Konten Berkualitas

Berkualitas di sini maksudnya adalah original, menggunakan kata kunci tertarget yang sebelumnya sudah diriset, mendalam dan sifatnya informatif, unik sehingga tidak ditemukan di sumber lain, juga ditulis dengan gaya bahasa Anda sendiri.

Lakukan riset pada niche yang Anda pilih dan kata kunci yang ingin Anda target. Juga, tentukan demografi audiens yang ingin Anda jadikan sebagai target pembaca blog Anda.

Setelah itu mulailah menulis konten yang berkualitas, paling tidak minimal panjangnya 500 kata. Tulislah konten secara reguler di blog Anda dan dengan cepat Google akan mengarahkan perhatiannya ke blog Anda.

Jangan lupakan teknik penulisan artikel yang SEO-friendly.

2. Mulai Membangun Backlink Berkualitas

Sama seperti konten, backlink juga harus berkualitas. Berkualitas dalam hal ini maksudnya adalah, carilah backlink yang berhubungan dengan topik/niche blog Anda. Juga perhatikan rangking dari blog tersebut.

BACA JUGA:  Dasar-Dasar SEO

Hindari backlink yang mengandung unsur spam, terutama dari situs-situs crack dan scam. Salah satu cara termudah untuk membangun backlink adalah dengan blogwalking, kemudian berkomentar di blog orang lain yang memiliki topik berhubungan dengan blog Anda.

Ingat, jangan spam di blog orang lain seperti menggunakan kata kunci sebagai Nama dan meng-embed link di kolom komentar.

Beberapa cara untuk membangun backlink berkualitas antara lain:

  • Menjadi Penulis Tamu di blog lain.
  • Seperti yang telah disebutkan, berkomentarlah di blog lain.
  • Manfaatkan forum seperti Kaskus atau pun Detik.
  • Internal linking antara postingan Anda yang satu dengan yang lainnya.
  • Tulislah artikel yang benar-benar berkualitas agar orang lain dengan senang hati menjadikan tulisan Anda tersebut menjadi referensi dan ikut membantu mempromosikan tulisan tersebut.

3. Buatlah Sitemap Untuk Blog Anda

Sitemap atau peta situs merupakan sebuah dokumen berformat XML yang berfungsi sebagai penyaring berbagai link yang terdapat di blog Anda.

Google Bot menggunakan dokumen ini untuk mempelajari segala macam hal tentang blog Anda, mulai dari halaman web paling penting dan optimisasi link-link lainnya.

Setiap blog memang harus memiliki sebuah sitemap. Untuk pengguna WordPress, silahkan ikuti tutorial ini untuk membuat sitemap di blog WordPress Anda. Atau Anda juga bisa membuatnya melalui plugin Yoast SEO.

Bagi pengguna platform lain, bisa membuat sitemap sendiri melalui XML Sitemap Generator dan mengsubmit-nya ke Google Search Console.

Untuk submit sitemap ke Google Search Console, Anda hanya perlu masuk ke GSC dan klik menu Crawl dan pilih Sitemap, kemudian Add/Test Sitemap. Kemudian tekan Submit.

Jika Anda belum memverifikasikan blog Anda ke Google Search Console, silahkan baca panduan ini.

4. Buat File Robots.txt

Robots.txt di blog Anda berfungsi untuk memberitahukan Google Bot apa yang perlu diindeks dan apa yang tidak.

Google Bot akan mengkonfirmasi data yang ada di dalam file Robots.txt Anda sebelum melakukan tindakan pengindeksan. Bisa dikatakan, Robots.txt Anda adalah perhentian pertama Google Bot sebelum melaksanakan tugasnya.

BACA JUGA:  5 Hal Dasar Blogging

Ikuti panduan ini untuk membuat Robots.txt.

5. Internal Link

Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu tips terpenting agar blog cepat terindeks Google adalah dengan memanfaatkan metode internal link.

Anda perlu mengaitkan artikel yang satu dengan yang lain di blog Anda. Itulah yang disebut dengan Internal Link. Gambarannya seperti di bawah:

blog cepat terindeks Google - internal link
Sumber: CrazyEgg

Usahakan untuk melakukan internal link antara satu konten dengan konten lain yang berhubungan di blog Anda.

6. Percepat Loading Blog Anda

Google sudah menyatakan bahwa loading yang cepat akan mempengaruhi rangking sebuah blog dengan nilai yang signifikan. Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini:

Kemudian coba cek kecepatan blog Anda menggunakan ThinkWithGoogle. Anda juga bisa upgrade menggunakan Hosting Cloudkilat agar performa blog Anda menjadi lebih cepat lagi.

7. Pertimbangkan Menggunakan HTTPS/SSL

URL yang terenkripsi SSL atau HTTPS secara resmi diakui Google akan menjadi salah satu pemicu bahwa sebuah blog akan semakin tinggi peringkatnya di hasil pencarian.

Blog dengan SSL akan lebih ‘dihargai’ Google dan mendongkrak rangkingnya di hasil pencarian. Jadi, gunakanlah sertifikat SSL untuk blog Anda. Sertifikat SSL biasanya mahal harganya.

Namun, hosting seperti Niaga Hoster menyediakan sertifikat SSL gratis untuk setiap pembelian paket hostingnya.

8. Rajin Ping Blog Anda untuk Setiap Artikel Terbaru

Fitur Ping berfungsi untuk memberitahukan mesin pencari dan RSS feed bahwa blog Anda baru saja diupdate dengan sebuah konten baru. Ini jugalah salah satu tips terpenting agar blog cepat terindeks Google.

Bagi Anda pengguna WordPress, silahkan ikuti panduan ini untuk mengupdate Ping List Anda. Anda juga bisa menggunakan tool Ping eksternal seperti Pingler dan juga Ping-o-Matic.

Ada baiknya Anda selalu melakukan Ping setiap kali Anda memposting tulisan baru di blog Anda agar blog cepat terindeks Google.

9. Selanjutnya, Tingkatkan SEO Blog Anda

SEO adalah nyawa dari digital marketing. Anda bisa mendapatkan pengunjung gratis dari mesin pencari seperti Google.

BACA JUGA:  Cara Merubah Log In Screen Wordpress

Anda memang harus berjuang meningkatkan SEO blog Anda mulai dari ketika Anda meluncurkan blog. Namun tidak ada kata terlambat. Pelajarilah teknik-teknik SEO sebanyak-banyaknya.

Anda bisa mempelajari dasar-dasar SEO terlebih dahulu. Juga, Anda perlu memahami berbagai kesalahan SEO yang kerap dilakukan oleh blogger agar Anda bisa menghindarinya.

Jika Anda menggunakan WordPress, ada baiknya Anda menggunakan plugin Yoast SEO dan beragam plugin SEO terbaik lainnya serta mengoptimalkan blog WordPress Anda untuk SEO.

10. Install Google Analytics

Anda tentu perlu melacak perkembangan pengunjung blog Anda, bukan? Install Google Analytics di blog Anda dan mulailah memonitor dari mana datangnya pengunjung.

Anda juga bisa membandingkan seberapa lama waktu yang dibutuhkan tulisan Anda sehingga mulai mendapatkan pengunjung dari Google. Dengan mengikuti tutorial ini, apakah sudah semakin cepat?

Dengan bantuan Google Analytics Anda bisa selalu melacaknya.

11. Terakhir, Update Tulisan Jika Perlu dan Postinglah Secara Reguler

Jika artikel yang Anda tulis terdapat perkembangan sehingga faktanya berubah, pertimbangkanlah untuk mengupdate tulisan Anda agar tetap bersifat kekinian.

Juga, jangan lupa untuk terus mengupdate artikel secara reguler. Postinglah artikel yang berkualitas.

Dan Bagaimana Hasilnya?

Tips di atas secara khusus juga saya terapkan di blog ini. Hasilnya bisa dilihat di gambar berikut ini:

blog cepat terindeks Google - hasil

Anda bisa lihat dari gambar di atas, beberapa menit setelah saya memposting tulisan saya, hasilnya sudah bisa langsung dilihat di hasil pencarian Google. Gambar di atas menunjukkan hasil pencarian bahwa Seni Berpikir langsung terindeks Google 4 menit sebelumnya (4 mins. ago).

Bandingkan juga dengan gambar di bawah ini, sekitar 9 jam sebelum saya melihat hasilnya, tulisan yang saya posting langsung terindeks di Google:

blog cepat terindeks Google - hasil 2

Penutup

Ketika blog Anda sudah terindeks Google, maka Anda akan mulai mendapatkan pengunjung organic.

Pastikan Anda selalu rutin mengupdate blog Anda agar Google Bot juga lebh rajin dalam merayapi blog Anda sehingga semakin banyak konten dari blog Anda yang terindeks di Google, semakin besar pula kesempatan Anda mendapatkan pengunjung organic.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

4 KOMENTAR

  1. Banyak juga yang belum saya lakuin untuk biar cepat terindeks blog saya, terikasih mimin atas informasinya sangat bermanfaat

TINGGALKAN KOMENTAR