Cara Menggunakan CDN Cloudflare – Salah satu elemen terpenting dalam blog adalah kecepatan loading blog itu sendiri. Mengembangkan blog jangan hanya mempertimbangkan kualitas konten, tetapi juga harus menyeimbangkan konten dengan kecepatan loading dari konten-konten tersebut.

Kecepatan loading blog tentu saja krusial, salah satu elemen yang harus terus diperhatikan oleh blogger. Dan salah satu elemen dari kecepatan loading blog tersebut adalah penggunaan atau pun eksistensi CDN. Melalui halaman contact us, kami banyak sekali menerima permintaan untuk menuliskan artikel tentang cara menggunakan CDN Cloudflare dari pembaca loyal Seni Berpikir. Dan untuk menghargai permintaan pembaca, saya menuliskan artikel ini untuk Anda. Mari kita kenali lebih jauh apa itu CDN sebelum membahas tentang cara menggunakan CDN Cloudflare.

Apa itu CDN?

CDN atau Content Delivery Network adalah jaringan server yang secara geografis mengantarkan cache dari konten statis sebuah website ke jaringan Anda ketika mengakses sebuah website. Jaringan-jaringan yang dimiliki oleh CDN umumnya tersebar luas ke penjuru dunia. Jadi konten statis akan dihantarkan ke server yang paling dekat dari jaringan pengakses. CDN umumnya bersifat sebagai proxy.

Singkatnya seperti ini. Contoh ketika Anda mengakses Seni Berpikir. Seni Berpikir menggunakan server yang berpusat di Amerika Serikat karena memang Seni Berpikir dihost di sana. Seni Berpikir kebetulan menggunakan CDN. Jadi ketika kita yang mengaksesnya berdomisili di Indonesia, maka server tidak harus mengantarkan konten Seni Berpikir dari server di AS, namun akan mengantarkannya dari server yang terletak di lokasi yang paling dekat dengan Indonesia, contohnya Singapura. Hal ini jelas saja menunjukkan bahwa CDN besar manfaatnya untuk meningkatkan kecepatan akses untuk Seni Berpikir, mengurangi penggunaan bandwidth, serta tentu saja mengurangi waktu loading.

BACA JUGA:  Cara Memverifikasi Blog di Alexa Rank

Mengapa Website Membutuhkan CDN?

Dari apa yang sudah saya jelaskan di bagian atas, CDN tentu saja memberi manfaat signifikan terhadap kecepatan loading sebuah website. Hal ini tentu saja sangat baik untuk mengurangi waktu akses dan bandwidth, dan tentu saja mengurangi penggunaan disk di hosting yang Anda sewa, apalagi jika hosting tersebut bersifat shared hosting dengan adanya sistem maksimal penggunaan.

Keuntungan lain adalah manfaat langsung yang dirasakan pengguna website tersebut ketika mengaksesnya. Lebih sedikit kuota dan lama waktu menunggu konten yang tentunya penting untuk kenyamanan pengguna. Bagian tambahannya, CDN juga berperan sebagai pemberi perlindungan tambahan kepada website itu sendiri dari hacker, malware, hingga segala jenis spam.

Mengapa Menggunakan Cloudflare?

Hal pertama yang saya sukai dari Cloudflare adalah bahwa Cloudflare memberikan paket gratis dengan beberapa website yang diperbolehkan dalam satu akun. Paket gratis tersebut sudah mencakup CDN itu sendiri, keamanan, serta berbagai aplikasi pihak ketiga multifungsi yang langsung bisa diaktifkan melalui Dashboard akun Cloudflare Anda.

 

menggunakan cdn Cloudflare
Cloudflare Logo (crucial)

Saat ini Seni Berpikir menggunakan paket gratis CDN Cloudflare. Sudah hampir setahun yang lalu Seni Berpikir menggunakan CDN Cloudflare, dan sejauh ini saya merasa puas dengan performa yang diberikannya. Kecepatan loading Seni Berpikir bertambah signifikan padahal banyak menggunakan plugin, konten gambar, kode skrip yang sebenarnya berat serta adanya embed iklan di dalam postingan. Seni Berpikir juga banyak menggunakan widget bergambar.

Secara keseluruhan setelah menggunakan Cloudflare (dan berbagai optimisasi lainnya), Seni Berpikir bisa diakses dengan waktu total 4 detik. Itu artinya, dalam waktu 4 detik (bisa lebih dan bisa kurang), konten Seni Berpikir bisa terbuka dengan sempurna.

Artikel Rekomendasi: Cara Menggunakan Plugin W3 Total Cache

Cloudflare juga sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu mengganti DNS dan sesekali mengontrolnya dari akun Cloudflare Anda.

BACA JUGA:  Membangkitkan Kepercayaan Diri Dalam Blogging

Bagaimana Cara Menggunakan CDN Cloudflare?

Inilah bagian intinya. Jika Anda sampai ke tahap ini maka saya asumsikan bahwa Anda sudah memutuskan untuk menggunakan CDN Cloudflare. Ada 5 tahap mudah yang harus Anda aplikasikan, namun dalam artiel ini Anda perlu tahap tambahan. Semoga panduan menggunakan CDN Cloudflare ini bisa langsung Anda aplikasikan dengan manfaat seperti yang seharusnya.

1. Masuk ke website Cloudflare dan buat akun baru. Masukkan informasi yang dibutuhkan dan pastikan Anda menghapal semua informasi tersebut agar Anda dengan mudah dapat log in ke Dashboard akun Anda. Setelah semuanya sesuai, klik Create account now.

2. Di bagian selanjutnya masukkan URL website Anda. Di bagian ini Cloudflare akan meng-scan website Anda selama sekitar satu menit. Tunggu prosesnya hingga selesai untuk proses selanjutnya. Klik Continue setelah scan selesai.

3. Di proses selanjutnya Anda akan melihat daftar DNS terkini domain website Anda, termasuk subdomainnya. Jika selama ini Anda hanya menggunakan nama domain Anda untuk mengakses FTP, maka mulai sekarang Anda perlu menambahkan ftp di bagian depan, menjadi ftp.domainanda.com. FTP tidak perlu jika Anda menggunakan Blogspot/Tumblr/Medium/dsb. Perhatikan juga beberapa bagian yang mungkin penting untuk dicatat atau diubah. Jika sudah puas, maka klik ‘I’ve added all missing records, continue’

4. Di bagian selanjutnya Anda akan diminta memilih paket CDN Cloudflare untuk website yang Anda daftarkan barusan. Pilih free jika Anda ingin menggunakan paket free. Di bagian Performance pilih CDN Only (safest), dan di bagian Security pilih Medium. Biarkan setting yang lain seperti adanya dan lanjutkan ke tahap berikutnya.

BACA JUGA:  Tips Blogging Saat Anda Kekurangan Ide

5. Di bagian berikutnya Anda akan diminta mengganti nameservers Anda yang sebelumnya ke nameservers yang diberikan Cloudflare. Inilah bagian terpentingnya. Jika nameservers Cloudflare tidak Anda gunakan maka menggunakan CDN Cloudflare tidak akan pernah terjadi. Ada dua nameservers Cloudflare yang diberikan.

6. Untuk menggantinya, masuk ke Dashboard tempat Anda mendaftarkan domain jika Anda menggunakan jasa penyedia domain dan hosting yang berbeda. Masuk ke bagian nameservers lalu ganti nameservers 1 dan 2 dengan nameservers yang diberikan Cloudflare. Nameservers 3 dan 4 kosongkan saja. Proses tersebut sama saja jika domain dan hosting yang Anda gunakan berada di dalam satu akun dari penyedia yang sama.menggunakan cdn cloudflare

7. Berikan Cloudflare waktu maksimal 24 jam agar nameservers-nya terpointing sepenuhnya. Dari pengalaman saya, integrasi antara domain dan CDN Cloudflare hanya memakan waktu kurang dari 1 jam. Sabarlah menunggu.

8. Ketika sudah selesai terpointing, maka Anda bisa melihat data-data penting terkait trafik ke website Anda melalui Dashboard akun Cloudflare Anda. Anda juga sudah mulai bisa menggunakan fitur-fitur gratis dari pihak ketiga yang bisa langsung diaktifkan dari Cloudflare.

 

Itulah cara menggunakan CDN Cloudflare yang dengan mudah bisa langsung diaplikasikan. Jika Anda membutuhkan bantuan jangan pernah sungkan bertanya, kami akan segera membantunya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

6 KOMENTAR

  1. Trims udah share mas bro
    Saya udah cari diman mana gk ketemu yang pas eh di sini ternyata ada yang lebih detail dan runtut carnya makasih sebelumnya

TINGGALKAN KOMENTAR