Percepat Loading Gambar di WordPress dengan Wp Smush.it – Eksistensi gambar di dalam sebuah artikel blog itu penting. Namun terkadang gambar membuat loading sebuah artikel tersebut menjadi melambat. Itu karena beban tambahan yang diberikan oleh gambar itu sendiri. Belum lagi adanya script dan  widget, atau pun iklan di blog Anda, sehingga eksistensi gambar membuat loading blog lebih lama.

Di WordPress self-hosted, ada sebuah cara untuk mempercepat loading gambar. Menggunakan plugin gratis seperti Wp Smush.it Anda bisa menambah nilai untuk membantu meringankan beban yang diberikan oleh gambar Anda.

Wp Smush.it, Plugin WordPress

Plugin WordPress yang satu ini akan membantu mengkompres ukuran gambar yang terdapat di website WordPress Anda tanpa mengurangi kualitasnya. Menggunakan plugin ini, semua gambar yang terdapat di blog Anda maupun yang hendak Anda upload akan dikompres untuk mengecilkan ukurannya tanpa merubah kualitas aslinya.

Yang membuat gambar sangat membebani loading blog adalah karena ukurannya yang relatif besar. Akan memakan bandwidth dan waktu yang lebih lama untuk membuka konten yang berisi gambar di dalamnya. Belum lagi jika konten tersebut memang didominasi oleh gambar.

BACA JUGA:  Cara Membuat Artikel Terkait Tanpa Plugin Wordpress

Wp Smush.it membantu Anda mengkompres ukuran gambar-gambar tersebut. Ukuran yang bisa dikurangi dari setiap gambar pun cukup signifikan, bahkan ukuran gambar bisa dikompres sebesar 90% lebih tanpa sedikit pun merubah kualitas gambar itu sendiri.

Wp Smush.it juga membantu menghilangkan data-data tidak penting dari gambar yang Anda gunakan. Yang paling saya sukai dari Wp Smush.it adalah gambar yang kita upload akan secara otomatis dikompres, sehingga bisa langsung digunakan di setiap postingan.

Install plugin tersebut dari Dashboard Anda. Masuk ke menu Plugins => Add New dan search Wp Smush.it. Install plugin dan aktifkan lalu masuk ke Media dan klik Bulk Smush.it untuk mengkompres semua gambar yang terdapat di blog WordPress Anda.

percepat loading gambar

Perlu diperhatikan bahwa jika Anda menggunakan shared hosting, jangan sekaligus mengkompres gambar yang terdapat di dalam blog Anda karena akan memakan bandwidth yang besar, sehingga membuat server Anda down. Lakukan semaksimalnya setiap 10 gambar setiap sesi pengkompresan.

Jadi, percepat loading gambar di WordPress Anda menggunakan plugin Wp Smush.it. Jangan khawatir, plugin ini ringan dan tentunya gratis.

BACA JUGA:  Cara Membuat Author Box di Setiap Tulisan Dengan Plugin

TINGGALKAN KOMENTAR