Cara Memasang Forum di WordPress – Sebuah forum di dalam situs wordpress merupakan sebuah keharusan jika Anda ingin menjadikan situs wordpress Anda sebagai komunitas online.

Jika situs Anda berisi banyak artikel informatif, pengunjung setia, dan personal brand Anda telah dibangun dengan sukses di situs Anda, maka pilihan untuk menambahkan sebuah forum di situs wordpress Anda patut menjadi pilihan yang sangat bagus.

Dalam tutorial kali ini, saya menulis langkah-langkah yang harus Anda ikuti mengenai cara memasang forum di wordpress. Cara memasang forum di wordpress tidaklah susah seperti yang kebanyakan orang bayangkan.

Untuk membuat sebuah forum di situs wordpress, kita memerlukan sebuah bantuan dari pihak ketiga.

Adapun bantuan yang saya maksud disini adalah sebuah software wordpress untuk keperluan pembuatan forum yang disebut dengan bbPress.

Baca Juga: Cara Memasang Facebook Messenger di Blog

bbPress dapat terintegrasi dengan core WordPress yang kita gunakan sehingga pemasangan dan penggunaannya sangat mudah.

bbPress juga bermuatan ringan, sehingga tidak terlalu membebani situs wordpress dan hosting Anda yang menjadikannya software forum open source paling populer ketimbang software lain yang sejenis.

Lalu bagaimana cara memasang forum dengan bbPress? Simak tutorialnya berikut ini:

Cara Memasang Forum di WordPress

1. Pertama, masuk ke Dashboard wordpress Anda lalu klik Plugins => Add New. Di kolom pencarian, ketik bbPress, install dan aktifkan. (Caranya install dan mengaktifkannya sama dengan cara kita mengaktifkan plugins lainnya)

2. Setelah Anda menginstall dan mengaktifkan plugin bbPress, secara otomatis panel Forum, Topics, dan Replies akan terpasang di bagian Dashboard.

3. Klik Forum => New Forum. Halaman yang terbuka akan terlihat seperti gambar di bawah ini:SeniBerpikir_bbPressAddForum

Isi judul forum yang hendak Anda buat. Tulis sedikit deskripsi singkat mengenai forum tersebut. Setelah itu klik Publish.

4. Langkah selanjutnya, mari kita tampilkan forum yang telah Anda buat tadi di halaman situs Anda. Caranya, buatlah sebuah Page/Halaman baru di wordpress Anda.

Berikan judul halaman tersebut dengan Forum, Panel Diskusi, dan sebagainya terserah Anda. Di bagian HTML/Text halaman tersebut, masukkan kode di bawah ini:

[bbp-forum-index]

Disarankan agar Anda menonaktifkan fungsi Comments dan Trackbacks di halaman tersebut. Lalu klik Publish.

5. Selanjutnya, Anda harus menempatkan halaman yang baru saja Anda buat di navigasi situs wordpress Anda.

Baca Juga: Cara Membuat Blog dengan WordPress Self-Hosted: Lengkap

Caranya seperti biasa Anda membuat menu navigasi di situs Anda, klik Appearance => Menus, dan atur agar halaman yang tadi Anda buat tampil sebagai salah satu menu navigasi situs Anda.

6. Sampai pada tahap ini, halaman yang tadinya Anda buat akan tampil seperti gambar di bawah jika Anda membuka halaman tersebut di menu navigasi situs Anda:

SeniBerpikir_bbPressforumindex

7. Langkah selanjutnya, Anda harus mengintegrasikan bbPress dengan tema wordpress yang Anda gunakan. Caranya, klik Setting => General. Di bagian Membership centang tulisan Anyone can register.

Dengan begitu registrasi di situs Anda telah terbuka karena Anda memberikan hak akses bagi pengguna/pengunjung.

Untuk membuka form pendaftar untuk pengguna forum yang Anda buat, silahkan buat halaman baru seperti Anda membuat halaman baru untuk menampilkan forum tadi.

Buat halaman baru dan isi judulnya misalnya Register, Pendaftaran, dan sebagainya terserah Anda. Setelah itu masukkan kode berikut di bagian HTML/Text halaman tersebut:

[bbp-register]

Klik Publish setelah selesai. Guna  pembuatan halaman pada tahap ini adalah memberikan form log in bagi pengguna forum yang Anda buat.

Sama seperti forum lainnya yang mengharuskan pengguna forum untuk mendaftar terlebih dahulu dan sebelum berpartisipasi dalam forum, mereka harus masuk terlebih dahulu. Halaman ini merupakan halaman Sign Up dan juga Log in untuk pengguna forum Anda. Keren kan? 😀

8. Belum selesai. Ada satu halaman yang perlu Anda buat untuk pengunjung/pengguna forum Anda jika mereka lupa password log in ke forum Anda.

Buat halaman baru dan beri judul misalnya Lost Password, dan sebagainya terserah Anda. Setelah itu, di bagian HTML/Text halaman tersebut silahkan letakkan kode di bawah ini:

[bbp-lost-pass]

Klik Publish sesudahnya.

9. Karena bbPress juga secara otomatis menyediakan widget yang berguna untuk keperluan penggunaan forum, maka Anda harus mengaktifkan satu widget yang sangat penting untuk forum Anda.

Silahkan klik Appearances => Widgets dan cari widget yang bernama Login Widget. Drag widget tersebut dan letakkan di sidebar situs Anda atau di area widget mana pun di situs Anda.

Klik widget tersebut dan masukkan URL halaman Register/Log in/Sign Up yang tadinya sudah Anda buat di bagian Register URl.

Masukkan juga URL halaman Lost Password yang sudah Anda buat di bagian Lost Password URL.

Sampai pada tahap ini forum Anda sudah bisa menerima pendaftaran, log in, dan password recovery/pemulihan password log in di forum buatan Anda.

10. Setelah itu Anda hanya perlu melakukan sedikit settingan untuk memaksimalkan fungsi forum tersebut.

Masuk ke Dashboard lalu klik Setting => Forum. Gambar akan terlihat seperti di bawah ini:

SeniBerpikir_ForumSetting

Atur setting sesuai keinginan Anda, atau isikan data seperti pada gambar jika Anda tidak sabar untuk mulai menggunakan forum.

11. Di forum ini ada beberapa pihak yang memiliki perang tertentu.

Keterangan:

  • Keymaster: Keymaster ini adalah Anda sendiri sebagai pembuat forum dan pemilik website. Sebagai keymaster Anda berhak untuk membuat dan menghapus forum, edit, menentukan topik, menghapus postingan, dan sebagainya.
  • Moderators: Layaknya sebuah kelompok diskusi, forum ini nantinya juga memiliki moderator. Pengguna forum yang Anda pilih sebagai moderator bisa memoderasi topik, postingan, dan sebagainya.
  • Participants: Partisipan merupakan orang-orang yang berperang mengisi konten-konten diskusi di forum Anda. Mereka bisa membuat topik diskusi dalam forum, mengedit postingannya, dan berlangganan konten-konten dalam forum Anda.
  • Spectators: Spectators ini hanya bisa membaca postingan-postingan di forum Anda.
  • Blocked: Jika pengguna diblok, maka semua yang telah mereka terbitkan di forum Anda juga akan diblok. Mereka tidak bisa lagi berpartisipasi di dalam forum Anda.

Penutup

Nah itulah cara memasang forum di wordpress menggunakan bbPress. Agak panjang memang tapi sebenarnya sangat simpel.

Tidak ribet dan gampang dimengerti. Dengan hadirnya sebuah forum di situs Anda, pengunjung dapat lebih berlama-lama mengunjungi situs Anda dan lebih banyak lagi menikmati konten-konten hasil tulisan Anda. Selamat mencoba 😀

Sumber referensi dan gambar: Wpbeginner.com

22 KOMENTAR

  1. Terima kasih, tutorial yg sangat bermanfaat.

  2. Maaf gan,bagai Måπå caranya membuat forum website seperti kaskus ataupun indowebster, dan merekan menggunakan plugin apa yά̲̣̥…v

  3. gan ane sdh pasang pluginnya tapi pas coba register new user kok gak bisa yah ?

  4. Wah…. jelas sangat2 jelas. terima kasih bang.

  5. kok ga bisa ya mas di klik register nya?

  6. Kalo di blog wordpress tidak ada menu plugin gimana gan cara seting biar ada pluginya
    Tks

  7. Gan kalo pengen di forum'a ada fitur register pake pelugin apa, kalo bisa sama tutorialnya soalnya mash newbi

  8. berarti plugin ini dikhususkan untuk wordpress self hosting alias wordpress.org ya gan?.
    terima kasih gan

  9. Thanks untuk infronya gan, Btw ada gak Plugin selain dari BB Press yang bisa digunakan di WordPress?

    Mohon infonya gan

  10. ohh gitu toh caranya, okeh deh makasih ya?
    terus cara yang lebih mudah gimana ya?

    salam sukses gan

  11. Demonya gak ada ya gan ?
    ane pengen lihat contohnya bagaimana, kayaknya seru buat forum site

  12. Jadi member atau anggota forum yang daftar punya akses ke WP-Admin gitu gan ?
    Kalau begitu bahaya dong, gimana biar bisa join forum tanpa harus masuk admin panel

    • Akses member hanya sebatas sebagai member, tidak ada admin akses seperti Administrator meskipun masuk di wp-admin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.