OneClick WhatsApp Order, Plugin WordPress Untuk Memesan Via WhatsApp – Sebagai sebuah aplikasi chat yang amat populer di seluruh dunia, WhatsApp yang sudah beberapa tahun belakangan menjadi bagian dari Facebook terus berkembang dan tentu semakin canggih.

Kesederhanaan dan user-friendliness yang ditawarkan WhatsApp menjadi keunggulan sekaligus nilai penting bagi pengguna setianya.

Baca Juga: Cara Install Plugin WordPress: Panduan Lengkap

Banyak aplikasi chat serupa terus berupaya memperbaharui layanan dan menambah berbagai fitur untuk tetap bersaing dengan WhatsApp, tetapi hegemoni WhatsApp belum juga terkalahkan.

Berbagai kepentingan pengguna saat ini tentu saja tidak hanya komunikasi sehari-hari. Lebih luasnya lagi, WhatsApp kian ramai digunakan sebagai platform marketing unggulan.

Baca Juga: 20 Theme WordPress Untuk Toko Online Terbaik

Berangkat dari situlah saya berinisiatif untuk membuat plugin WordPress dan WooCommerce bernama OneClick WhatsApp Order, sebuah plugin WordPress dan WooCommerce yang memungkinkan pelanggan untuk memesan produk via WhatsApp.


Perkenalkan OneClick WhatsApp Order, Plugin WordPress dan WooCommerce Untuk Memesan Via WhatsApp

OneClick WhatsApp Order woocommerce wordpress

Sejatinya, telah banyak sekali tersedia plugin serupa yang memungkinkan pengunjung sebuah website untuk berkomunikasi dengan sang pemilik/admin lewat WhatsApp yang disematkan di dalamnya, bahkan jauh lebih canggih dibanding buatan saya ini.

Namun, OneClick WhatsApp Order saya buat spesifik pada satu tujuan saja, yakni untuk membantu pemilik toko online berbasis WordPress dan WooCommerce berkomunikasi dengan pelanggan lewat WhatsApp.

Hal tersebut merupakan perkembangan tujuan dari misi di balik pembuatan plugin Indonesian Banks for WooCommerce, yakni untuk membantu UKM online lokal dalam berjualan.

Indonesian Banks for WooCommerce sendiri hingga saat ini sudah digunakan oleh seratus lebih toko online.

Selain berkomunikasi, sesuai namanya, OneClick WhatsApp Button juga memungkinkan pelanggan untuk memesan produk dengan sekali klik pada tombol halaman produk.


Fitur OneClick WhatsApp Order, Mudah Memesan Produk Via WhatsApp

Karena konsepnya saya buat sesederhana mungkin, tidak banyak fitur yang tersemat di dalam plugin ini. Ada pun fiturnya antara lain:

  • Opsi untuk menampilkan tombol hanya pada perangkat mobile saja: Atau Anda juga bisa menampilkannya pada semua perangkat.
  • Pesan Kustom: Pengguna bisa menyematkan sebuah pesan yang nantinya akan dikirim bersamaan dengan detail produk.
  • Detail Produk: Detail mengenai produk akan terkirim ke WhatsApp Anda dengan rincian Pesan Kustom + Nama Produk + Harga + URL Produk.
  • Teks Kustom di Bagian Tombol: Di bagian tombol WhatsApp, Anda bisa menyesuaikan teksnya sesuai keinginan Anda.
  • Sembunyikan Detail Harga: Bila Anda tidak ingin menampilkan harga produk, Anda juga bisa memanfaatkan pengaturan yang ada di dalam plugin ini untuk menyembunyikannya.
  • Sembunyikan Tombol Add to Cart: Dengan opsi ini, Anda bisa mengandalkan tombol WhatsApp secara total untuk seluruh kepentingan pemesanan di toko online Anda.
  • Floating Button: Dengan fitur ini, Anda juga bisa menampilkan tombol floating untuk berkomunikasi dengan pelanggan yang memanfaatkannya.
  • Posisi Floating Button: Entah itu di kiri atau di kanan, sesuaikan dengan keinginan Anda.
  • Pesan Kustom di Floating Button: Anda juga bisa memanfaatkan pesan kustom di tombol ini.
  • GDPR-Ready: General Data Protection Regulation yang tahun lalu baru diberlakukan di Eropa menjadi sebuah momok, terutama bagi perusahaan yang bergelut di bidang teknologi dan internet. Meski kita bukan orang Eropa dan tidak tinggal di Eropa, kita juga bisa dikenakan denda apabila pengunjung/pelanggan website kita merupakan orang Eropa. Maka demikian, ada baiknya fitur ini disertakan guna ‘berjaga-jaga’.
  • Fitur lainnya menyusul 😀

Preview OneClick WhatsApp Order

Anda bisa melihat preview plugin OneClick WhatsApp Order di beberapa screenshot berikut:


Download Plugin OneClick WhatsApp Order

Untuk saat ini, plugin OneClick WhatsApp Order sedang dalam tahap review oleh Tim WordPress agar bisa didownload secara gratis melalui WordPress Repository.

Setelah itu dirilis di repository, siapa pun bisa menginstallnya melalui admin dashboard mulai menggunakannya.

Bila Anda tertarik untuk mencoba plugin ini, Anda bisa menghubungi saya lewat halaman ini.

Update: 3 Februari 2019

Plugin OneClick WhatsApp Order sudah tersedia di WordPress.org dan bisa didownload di:

OneClick WhatsApp Order


Plugin OneClick WhatsApp Order Versi Premium

Saya mungkin akan membuatkan versi premium dengan berbagai fitur tambahan. Ke depannya, plugin ini diharapkan bisa memenuhi berbagai macam kebutuhan pemesanan lewat WhatsApp seperti yang Anda inginkan.

Atau, Anda juga bisa merekomendasikan fitur-fitur yang mungkin akan melengkapi plugin ini nantinya dan akan sangat bagus untuk inspirasi saya dalam tahap pengembangannya.

Semoga bermanfaat!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.