5 Plugin SEO WordPress Terbaik – WordPress merupakan CMS terbaik yang diakui, termasuk kelengkapan plugin SEO wordpress yang disediakan sangat banyak jumlahnya dan gratis, serta diakui lebih gampang dioptimisasi guna membuat blog wordpress kita terlihat indah dan lebih user maupun SEO friendly.

Plugin merupakan salah satu elemen penting di dalam wordpress, yang banyak sekali kegunaannya. Dalam artikel ini saya membahas plugin SEO wordpress yang menurut saya patut Anda coba untuk membuat blog wordpress Anda semakin SEO friendly. Tentu disini Anda harus bijak menggunakan plugin karena penggunaan plugin berpengaruh pada loading hosting yang kita gunakan. (Catat: plugin hanya bisa digunakan untuk wordpress self-hosted, bukan blog wordpress.com/blog gratis).

Nah, ada banyak sekali plugin SEO wordpress yang gratis maupun premium yang tersedia di jagad maya. Di bawah ini hanya 5 saja yang saya tuliskan agar Anda lebih mudah memilah-milahnya mana yang lebih baik dan cocok Anda gunakan.

1. SEO WordPress by Yoast

Plugin SEO wordpress yang satu ini merupakan plugin SEO wordpress terbaik yang diakui saat ini. Kelengkapan menu untuk setting keperluan SEO blog Anda menjadi alasan utama. Selain itu setting-nya pun mudah dilakukan dan dapat dengan cepat dimengerti. Melalui plugin ini Anda akan dengan mudah mengintegrasikan Google Webmaster, Google+, XML Sitemap untuk blog Anda, Permalinks, dan sebagainya. Hampir semua keperluan SEO baik onpage maupun offpage bisa dilakukan dengan plugin SEO wordpress yang satu ini.

BACA JUGA:  Fungsi dan Cara Membuat Breadcrumb di Wordpress

Di setiap tulisan yang hendak Anda publikasikan, plugin ini akan selalu tampil untuk menjadi wadah menempatkan kata kunci, judul, deskripsi, dan mengukur tingkat SEO postingan tersebut bila sudah dipublikasikan. Plugin ini mampu menjadi acuan bagi Anda untuk membuat tulisan yang lebih SEO karena ia akan mengukur tingkat penggunaan kata kunci, yang bisa Anda lihat di bagian tab Page Analysis tepat di bawah kolom menulis blog Anda setelah Anda menginstall dan mengaktifkan plugin ini.

2. All in SEO Pack

Selain SEO WordPress by Yoast, plugin ini juga merupakan plugin SEO wordpress terbaik yang juga mendapat pengakuan. Sama seperti plugin sebelumnya, plugin ini juga menyediakan kelengkapan menu dan kemudahan setting. Saya sendiri menggunakan plugin SEO wordpress by Yoast dan All in SEO Pack sekaligus.

3. SEO Friendly Images

Jika dua plugin SEO wordpress sebelumnya lebih mengarah ke penggunaan kata kunci dan SEO pada artikel, yang ini untuk mengoptimasi penggunaan gambar di dalam tulisan kita. Sadar atau tidak, orang-orang di luar sana juga mencari gambar melalui Google Images (mesin pencari gambar Google), sehingga ada kesempatan pencari gambar dengan mesin pencari akan mengarah ke blog wordpress Anda dengan meng-klik gambar yang ternyata bersumber dari blog Anda.

BACA JUGA:  Cara Menampilkan Tulisan yang Terakhir Dibaca

Sama seperti artikel, gambar yang kita gunakan juga sangat penting untuk ditingkatkan kadar SEO-nya. Hal ini akan sangat membantu kadar SEO blog Anda untuk semakin tinggi dan berpeluang besar masuk ke halaman pertama pencarian Google.

4. W3 Total Cache

Yang satu ini fungsinya untuk membasmi semua cache yang ada di blog Anda. Gunanya untuk mempercepat loading blog Anda sehingga robot Google lebih cepat memeriksa konten blog Anda dan memasukkannya ke urutan pertama di mesin pencari. Plugin ini juga berpengaruh pada penghematan penggunaan CPU hosting yang Anda gunakan, sehingga batasan penggunaan CPU yang diberikan hosting Anda bisa lebih dihemat. Selain itu, kecepatan loading blog juga berpengaruh pada betah atau tidaknya pengunjung blog Anda untuk membongkar tulisan-tulisan berkualitas yang ada di dalam blog Anda.

5. SEO SearchTerms Tagging 2

Plugin SEO WordPress yang satu ini gunanya untuk menambahkan internal links yang berhubungan dengan kata kunci yang kita gunakan dalam artikel yang satu dengan artikel yang lainnya. Selain itu plugin ini akan menambahkan tag baru yang relevan dengan artikel lainnya dengan kata kunci yang sama. Selain itu plugin ini akan membantu Anda mencarikan kata kunci yang paling banyak digunakan oleh pengguna mesin pencari.

BACA JUGA:  Cara Mengganti Warna Background Text Selection Dengan CSS

Itulah 5 plugin SEO wordpress terbaik yang bisa Anda coba. Silahkan dicoba 😀

SHARE
Artikel SebelumnyaDasar-Dasar SEO
Artikel SelanjutnyaTips SEO Untuk Desain Blog
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

12 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR