Tips Blogging Untuk Membuat Pengunjung Blog Betah – TIps blogging kali ini saya dapatkan ketika blogwalking ke situs-situs blogger India yang sudah ber-pagerank tinggi. Tips blogging ini wajib Anda terapkan agar mendapatkan perhatian lebih dari pengunjung blog Anda sehingga akan kembali lagi suatu saat.

Baiklah. Setidaknya ada 5 tips blogging untuk membuat pengunjung blog Anda betah menjelajahi konten-konten di dalam blog Anda. Kelima tips blogging ini akan sangat mudah Anda terapkan, apalagi jika Anda sangat serius membangunnya.

Inilah 5 Tips Blogging tersebut:

1. Manfaatkan desain blog yang rapi

Jika Anda pengguna blog wordpress yang memiliki domain dan hosting berbayar, maka ada baiknya Anda memikirkan theme wordpress yang mana yang cocok Anda gunakan untuk blog Anda. Berhubung karena pengguna CMS wordpress self hosted sudah disediakan beribu-ribu theme gratis maupun premium yang sangat keren di jagad maya, maka Anda harus bijak memilihnya.

Gunakan theme yang bersih dan rapi serta jangan lupakan SEO friendly-nya. Kebanyakan theme yang SEO friendly sangat simple tetapi sangat cepat loading-nya. Jangan remehkan kesan simple pada theme yang Anda gunakan karena ‘biasanya’ theme simple lebih SEO friendly dan loading-nya cepat. Daripada Anda menggunakan theme yang keren dan kompleks tapi ber-loading lama dan tidak SEO friendly.

Theme yang rapi, bersih, loading-nya cepat, dan SEO friendly menjadi nilai plus bagi blog Anda sekaligus lebih mampu membuat blog Anda membuat pengunjung betah mengeksplorasi isi blog Anda.

BACA JUGA:  Cara Membuat Author Box di Setiap Tulisan Dengan Plugin

2. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Widget

Terlalu banyak widget dapat memperlambat blog Anda. Gunakanlah widget yang penting-penting saja seperti Facebook Fan Page, iklan, artikel terpopuler, dan sebagainya. Terlalu banyak widget terkadang membuat pengunjung blog Anda menjadi merasa ribet dan tidak nyaman.

3. Minimalkan Penggunaan Floating dan Pop-Up

Memang ada baiknya menggunakan floating untuk subscription feed dan iklan atau like Fan Page Facebook serta pop-up iklan lainnya, tetapi sebisa mungkin minimumkan penggunaan floating dan pop-up di blog Anda. Meskipun Anda menyediakan tombol Close untuk setiap widget floating dan pop-up namun hal tersebut akan merepotkan pengunjung blog Anda dan harus meng-klik tombol Close tersebut untuk membaca konten blog Anda.

4. Tulisan Berkualitas dan Internal Links

Isi blog Anda dengan tulisan berkualitas. Hal tersebut sudah sangat pasti. Content is the King. Tulisan berkualitas yang Anda hasilkan di dalam blog Anda selalu mampu menarik perhatian pengunjung dan akan selalu membuat mereka betah membongkar-bongkar isi blog Anda.

BACA JUGA:  7 Kesalahan SEO yang Harus Dihindari Setiap Blogger

Untuk semakin membuat pengunjung blog Anda betah membongkar blog Anda, gunakanlah internal links yang menghubungkan tulisan yang satu dengan yang lainnya yang terkait dengan tulisan tersebut.  Internal Links juga mampu menambahkan jumlah page views yang akan membangkitkan page rank dan SEO blog Anda.

5. Tampahkan Related Posts dan Artikel Terpopuler (Bonus)

Dengan menambahkan related posts di akhir setiap tulisan Anda maka hal tersebut memberikan kesempatan bagi pengunjung Anda untuk dengan mudah dapat membongkar-bongkar isi blog Anda mengenai tulisan dengan topik yang berhubungan.

Selain itu juga Anda bisa menambahkan widget artikel terpopuler. Biasanya di bagian widget Dashboard blog Anda sudah tersedia. Namun Anda bisa menambahkannya secara manual dengan cara ini (untuk WordPress self hosted).

Nah itulah 5 tips blogging yang bisa saya berikan untuk membuat pengunjung blog Anda betah berada di dalam blog Anda. Anda mungkin punya tips-tips lain yang secara pribadi sudah Anda terapkan di dalam blog Anda. Selamat mencoba dan salam blogger! 😀

BACA JUGA:  10 Situs Penyedia Gambar Gratis Untuk Blog
SHARE
Artikel SebelumnyaCara Merubah Log In Screen WordPress
Artikel SelanjutnyaCara Membuat XML Sitemap di WordPress
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

3 KOMENTAR

  1. wah makasih ya min infonya sukses selalu dalam membangun sebuah website yang dikunjungi banyak pengunjung kenyamanan memang dibutuhkan untuk itu ilmu seo harus di pelajari

  2. blog yang ramah bikin pengunjung betah…kalo banyak pengunjung yang betah, rejeki pun akan melimpah,..artikel yang menginspirasi agan walter..sekalian saya minta ijin menaruh link untuk artikel ini do blog saya..tapi saya jamin, nggak copas…sebagai referensi untuk pengunjung blog saya..slam kenal dan terima kasih

TINGGALKAN KOMENTAR