5 Taktik Efektif Dalam Mempromosikan Blog – Mempromosikan blog sama pentingnya seperti menulis artikel berkualitas, mengembangkan blog, hingga merawat blog itu sendiri. Mungkin setelah selesai menulis dan mempublikasikan blog, bagian tersulit setelahnya adalah mempromosilkan blog agar mendapatkan banyak pembaca yang bersedia meluangkan waktunya membaca tulisan terbaru dan mengeksplor isi blog kita.

Blog tanpa pembaca sama saja seperti smartphone tanpa pulsa dan kuota internet, sepertinya berfungsi padahal tidak maksimal. Dan mengharapkan uang masuk dari blog tanpa pembaca sama saja dengan mengharapkan kambing berkokok, mustahil.

Memiliki blog tidak serta merta hanya mengisi blog dengan tulisan dan mengatur tampilan, kemudian berharap blog bisa menghasilkan uang dari penempatan iklan dan metode make money blogging lainnya, tidak segampang itu. Hal penting selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mempromosikan blog.

Hanya untuk mempromosikan blog saja akan memakan upaya dan waktu yang relatif lama. Tetapi jika mengetahui taktik efektif dalam mempromosikannya, upaya dan waktu yang Anda dedikasikan akan berbuah sangat manis.

Berikut 5 Taktik Efektif Dalam Mempromosikan Blog

mempromosikan blog 1

1. Persiapkan Blog Anda

– Pastikan Blog Anda Membantu Orang Lain Lewat Informasi yang Diberikan

Apa yang Anda tawarkan kepada pembaca? Jika blog Anda mengangkat sebuah topik yang sangat spesifik, maka target blog Anda akan jauh lebih jelas daripada blog-blog lain yang mengangkat beragam topik, seperti Seni Berpikir sendiri. Pastikan pembaca mendapatkan informasi yang baik dari blog Anda, dan tanyakan pendapat mereka tentang artikel yang Anda buat. Pastikan juga Anda merespon komentar mereka dan belajar meningkatkan kualitas blog Anda dari komentar-komentar tersebut.

BACA JUGA:  Lengkap: Tips Memilih Theme WordPress Untuk Blog Anda
– Memiliki Keunikan Tersendiri

Dari sekian banyak informasi yang beredar di internet, mengapa blog Anda yang dipilih pembaca? Mungkin Anda berhasil menerapkan metode SEO sehingga tulisan Anda berada di peringkat teratas pencarian Google, dan oleh karena itu pembaca sampai ke blog Anda. Tetapi yang paling menjual adalah keunikan blog Anda itu sendiri. Bagaimana gaya tulisan Anda? Sedetil apa Anda membahas suatu topik tertentu? Dan keunikan apa lagi yang Anda tawarkan? Itu akan terus menjadi keunikan yang membuat pembaca Anda semakin mengenal blog Anda, dan tentu saja mereka akan mengunjungi kembali blog Anda.

– Original

Selalulah menjadi original, baik dari isi, ide, maupun tampilan blog. Setiap blog dan blogger selalu memiliki keunikan, atau ciri khasnya masing-masing, maka dari itu jadilah original atas semua yang Anda tawarkan dalam blog Anda.

2. Pastikan Anda mengikuti kaidah SEO

Hingga saat ini, bentuk mempromosikan blog yang paling mudah adalah mengikuti kaidah SEO yang paling baru atau ter-update. Untuk itu pastikan Anda mengikuti kaidah SEO terkini, secara otomatis blog Anda akan tampil di urutan teratas tanpa melakukan promosi manual. Tetapi promosi manual juga membantu SEO blog Anda menjadi lebih optimal. Lakukan promosi manual seperti mengupdate tulisan terbaru ke Facebook, Twitter, forum, bahkan Instagram jika perlu.

BACA JUGA:  ThinkWithGoogle: Cek Kecepatan dan Kekuatan Mobile-Friendliness Website Anda

3. Manfaatkan Visualisasi

mempromosikan blog 2
Photo by Rosaura Ochoa

Banyak orang merasa lebih nyaman ketika membaca sebuah artikel karena ada ilustrasi di dalamnya. Ilustrasi memudahkan pembaca dalam memahami apa sebenarnya pesan yang ingin disampaikan dari artikel tersebut. Bisa berupa gambar, grafik, infografik, atau bahkan video. Intinya kekuatan visual akan terus menambah daya tarik blog Anda. Dan hati-hati dalam memilih gambar, jangan langsung menggunakan ulang gambar yang Anda cari di Google karena bisa saja Anda dituntut karena melanggar Hak Cipta.

Baca artikel berikut ini untuk mendapatkan stok gambar gratis yang bisa Anda gunakan ulang tanpa melanggar hak cipta.

4. Keakraban

mempromosikan blog 3
Photo by philhearing

Jangan pernah remehkan kekuatan keakraban dalam hal blogging. Sejauh mana Anda akrab dengan blogger lain dan pembaca blog Anda? Jika Anda punya teman blogger yang cukup akrab, mereka tidak agan segan menautkan link blog Anda ke dalam blog mereka, atau menuliskan artikel tentang blog Anda di blog mereka, dan apa manfaatnya? Selain mendapatkan backlink gratis, Anda akan mendapatkan pembaca yang lebih banyak, bukan? Salah satu hal yang bisa meningkatkan keakraban antar blogger adalah dengan menjadi penulis tamu di blog blogger lainnya.

Seni Berpikir membuka kesempatan bagi para blogger yang ingin menjadi penulis tamu dan mendapatkan backlink dofollow gratis dari Seni Berpikir, klik disini untuk info selengkapnya..

Selain dengan sesama blogger, keakraban dengan pembaca juga sangat penting dibangun. Mereka adalah aset berharga Anda sebagai blogger. Untuk itu dalam perkembangan blog Anda, keakraban dengan pembaca akan memberikan Anda banyak hal selain kepopuleran, juga inspirasi yang bisa Anda manfaatkan untuk menulis artikel baru. Pembaca juga tak akan ragu membagikan artikel Anda di media sosialnya, sehingga upaya Anda untuk mempromosikan blog Anda terasa lebih ringan.

BACA JUGA:  Perbandingan Blog Wordpress.com & Wordpress.org

5. Bangun Kepercayaan

mempromosikan blog 2
Photo by toprankonlinemarketing

Jagalah profesionalitas Anda sebagai blogger. Empat hal di atas akan membangun kepercayaan pembaca blog Anda jika Anda sudah melakukannya dengan baik dan benar. Jadi tinggal melanjutkan sisanya saja, dan bangunlah kepercayaan lebih baik lagi:

– Tetap original

– Hargai pembaca Anda

– Artikel berkualitas

Mulai Bertindak Sekarang Juga!

mempromosikan blog 4
Photo by digitalrob70

Jadi Anda sudah tahu bagaimana taktik mempromosikan blog dengan lebih efektif. Jika Anda membaca seluruh isi dari awal hingga bagian ini, Anda tentu akan mengerti promosi seperti apa yang dimaksud dalam artikel ini. Ya benar, bentuk promosi yang saya maksud adalah bentuk promosi berkelanjutan dalam jangka panjang dan terus-menerus terjadi jika Anda berhasil memberikan nilai yang berarti dari blog Anda kepada orang-orang di luar sana.

Mereka tidak akan sungkan mendatangi blog Anda, lagi dan lagi, memberikan komentar sebagai bentuk kepedulian terhadap Anda sebagai blogger dan blog Anda sebagai wadah Anda berkreasi., hingga membantu Anda mempromosikan blog Anda lewat media sosial. Bahkan mesin pencari seperti Google juga bersedia membantu Anda mempromosikan blog lewat kaidah SEO yang Anda terapkan. Akhir kata, selamat mencoba!

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR