Dasar-Dasar SEOSearch Engine Optimization atau lebih dikenal dengan istilah SEO merupakan satu teknik bagi para internet marketer untuk mengoptimalkan web/blog-nya di mesin pencari. Hal ini berperan penting dalam pembangunan reputasi suatu blog di mesin pencari, termasuk ranking blog tersebut.

SEO merupakan satu hal yang sangat-sangat penting untuk dipelajari, teristimewa bagi blogger pelaku bisnis atau pemilik toko online. Pengoptimalan SEO dapat membantu blog kita mendapatkan traffic visitor gratis dari mesin pencari tanpa harus membayar jasa pengiklan. Di sisi lain, adanya sistem Google Pagerank dan Alexa Rank menunjukkan seberapa penting dan besar kualitas blog kita di dunia maya, yang tentunya berkaitan erat dengan SEO tadi.

Pengoptimalan SEO juga dapat menjadi landasan untuk menguasai halaman pertama mesin pencari seperti Google, yang tentunya menjadi prioritas para pencari informasi untuk masuk ke dalam blog kita. Nah dalam tulisan kali ini, saya sedikit menjelaskan apa-apa saja yang menjadi dasar-dasar SEO yang harus kita, para blogger, ketahui untuk mengoptimalkan blog yang sedang kita kembangkan sehingga semakin baik kualitasnya.

BACA JUGA:  [Infografis] Plugin SEO WordPress Terbaik

1. Penggunaan Keyword

Apa keyword yang Anda gunakan untuk blog Anda? Periksa keyword tersebut dengan bantuan Google Adwords Tool, seberapa tren kah keyword tersebut, dan seberapa banyak yang menggunakannya untuk mendapatkan info di Google? Jika sudah mendapatkannya, silahkan pasang keyword tersebut di Judul Tulisan, Meta Tag/Description, URL Tulisan, dan di dalam tulisan itu sendiri. Pastikan kata yang Anda pakai di dalam tulisan tersebut diisi dengan kata kunci yang Anda gunakan. Jangan terlalu berlebihan karena Google akan menganggapnya sebagai Keyword Stuffing.

2. Internal Links

Jika di dalam postingan Anda terkait dengan postingan lainnya yang sudah pernah Anda tulis, kaitkan postingan yang satu dengan postingan lainnya menggunakan keyword yang kira-kira sama. Misalnya saya sudah pernah menulis tentang Cara Prediksi Google Pagerank, maka di kalimat tersebut saya masukkan internal link yang mengarah ke tulisan tersebut. Keyword-nya di situ saya contohkan Google Pagerank. Internal links juga berguna untuk meningkatkan jumlah Page Views di blog Anda, yang membuat pengunjung lebih lama berada di blog Anda. Hal ini menjadi sesuatu yang baik bagi Alexa Rank.

BACA JUGA:  5 Cara Membangun Konten SEO dalam Bisnis Online

3. Outbound Links

Sama seperti internal links, bedanya Anda mengaitkan satu kata kunci dengan link URL ke luar blog Anda. Jika tadinya Cara Prediksi Google Pagerank jika Anda klik akan menuju ke salah satu tulisan di dalam blog saya disebut dengan internal links, maka outbound link itu jika Anda menuju ke luar dari blog saya (ke blog orang lain) jika meng-klik salah satu kata/kalimat di dalam blog saya.

4. Gunakan Template/Theme SEO Friendly

Ini sedikit banyak sangat membantu proses SEO kita karena struktur tag yang ada sudah sesuai dengan kaidah SEO. Gunakan theme/template SEO Friendly agar kita blog kita loading-nya tidak berat, lebih simple, dan lebih enak dilihat.

5. Perbanyak Berkomentar

Di sini yang saya maksudkan adalah, perbanyaklah komentar di blog-blog yang ber-PageRank minimal 1 dan berkata kunci yang sama dengan blog Anda. Jangan asal-asal berkomentar di blog orang lain, karena terkadang malah dihitung sebagai komentar spam, dan akan segera dikenali blogger lain bahwa Anda merupakan blogger penyebar spam.

BACA JUGA:  5 Plugin SEO Wordpress Terbaik

Berkomentar-lah di blog yang sejenis dengan blog Anda, karena kemungkinan akan ada kunjungan balik dari si pemilik blog tersebut. Selain itu kemungkinan komentar Anda diterima akan semakin besar, karena blog yang kalian gunakan bertema sejenis. Dengan begitu kesempatan mendapat backlink berkualitas pun akan menjadi lebih besar.

SHARE
Artikel SebelumnyaKorupsi dan Nilai-Nilai Pancasila
Artikel Selanjutnya5 Plugin SEO WordPress Terbaik
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

9 KOMENTAR

  1. Oke terima kasiH sudah memberikan tips seo untuk saya, ternyata memang penting mengetahui dasar-dasar seo

  2. dari 5 jurus yang dibahas pak admin, saya sudah coba lakukan dengan bertahap. alhamdulillah akhirnya ilmu tersebut bisa membawa blog saya setahap demi setahap naik rating di google search. terimakasih

TINGGALKAN KOMENTAR