Apa Pentingnya Blogging? 5 Manfaat Blogging Yang Penting Anda Ketahui – Blog. Blog. Blog. Media sosial ini sudah lama ada tetapi popularitasnya malah makin meningkat dari waktu ke waktu. Blog menjadi wadah bagi penggunanya untuk bersuara menyampaikan informasi atau pun opini.

Seiring perkembangannya, blog bukan saja menjadi wadah tulisan bagi mereka yang memiliki pemikiran, tetapi bisa menjadi lahan uang melalui bisnis online hingga menjadi tempat hiburan eletronik. Blog sejatinya sama saja dengan website. Namun yang membedakan hanyalah segi fungsional dan sifat profesionalismenya saja.

Perlu kita ketahui bahwa blogging umum sekali digunakan untuk istilah yang merepresentasikan aktivitas nge-blog. Aktivitas pengguna dalam membangun blog-nya itulah yang disebut dengan blogging. Lalu apa pentingnya blogging?

Blog, bagi saya dan banyak orang, menjadi wadah untuk berbagi, menyampaikan informasi dan opini, hingga menjadi bisnis untuk mendongkrak pemasukan dari yang paling kecil hingga keuntungan besar-besaran. Blog bukan lagi alat untuk sekedar menyampaikan curhatan. Blog bukan lagi menjadi ‘mainan’ asal-asalan seperti yang (sebenarnya) salah digunakan oleh orang-orang.

Blog, dari segi simplisitasnya, mengandung banyak sekali potensi yang sebenarnya bisa kita gunakan untuk berbagai kepentingan. Mulai dari menyebarkan pendapat Anda kepada orang-orang terkait isu-isu tertentu, menuliskan sesuatu yang menurut Anda menarik, hingga untuk kepentingan bisnis.

Lebih jauh, blog memiliki banyak sekali manfaat tergantung dari bagaimana Anda memanfaatkan potensi blog itu sendiri. Dari sekian banyak manfaat, inilah 5 manfaat blogging yang penting Anda ketahui.

BACA JUGA:  Cara Membuat Facebook Reactions di WordPress
5 Manfaat Blogging

1. Melatih Anda Berbahasa

Sama seperti menulis buku dan latihan berbicara di depan umum, manfaat blogging secara perlahan melatih Anda berbahasa untuk jangka panjang. Terlatih menulis di blog, seperti menulis buku, membuat Anda selalu berpikir untuk merangkai kata-kata sehingga perlahan Anda mulai baik dalam berbahasa yang nantinya akan sangat berguna ketika Anda benar-benar menulis buku, menulis essay di perkuliahan atau pun karya ilmiah, dan juga bentuk komunikasi lainnya.

Artikel Rekomendasi: Blogging Seperti Pro

2. Memperluas Pengetahuan Umum

Ketika Anda berusaha memberikan informasi dan opini kepada pembaca melalui postingan di blog Anda, hal yang seharusnya Anda lakukan adalah melakukan riset tentang data dan fakta dari topik yang akan Anda tuliskan agar informasi dan opini yang Anda berikan seminimal mungkin tidak keliru dan sesuai dengan fakta yang ada. Ketika Anda berusaha menuliskan topik tersebut dan mencari data, saat itu jugalah Anda mendapatkan berbagai informasi tambahan dari berbagai sumber.

Artikel Rekomendasi: Pentingnya Profesionalisme Sebagai Blogger

Jika sering dilakukan maka perlahan Anda juga memiliki kesempatan untuk memperluas pengetahuan umum. Inilah salah satu manfaat blogging yang paling terasa bagi kebanyakan blogger, termasuk saya sendiri.

3. Menambah Teman

Di Indonesia saja sudah banyak sekali blogger aktif yang rajin meng-update blog-nya dengan beragam topik. Ada juga berbagai komunitas blogger, baik regional maupun nasional, yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah teman melalui event atau pun gathering yang diadakan.

Artikel Rekomendasi: Mendapatkan Topik Tulisan Blog

Blogger pada umumnya punya daya kreativitas yang tinggi dan pengetahuan yang luas, sehingga Anda berkesempatan untuk berbagi pengetahuan dengan mereka.

BACA JUGA:  Lengkap: Tips Memilih Theme WordPress Untuk Blog Anda

4. Mencari Uang Tambahan

Blogging tidak selalu berarti ‘mengungkapkan omong kosong’ kepada khalayak ramai melalui internet, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk mencari uang tambahan, bahkan menjadi sumber pendapatan utama. Dari berbagai sumber yang saya baca, ada banyak sekali blogger yang menjadikan blogging sebagai profesi utama di India. Blog mereka sering juga saya jadikan referensi dalam membangun blog ini sendiri. Dan dari data yang mereka berikan, pendapatan yang bisa mereka dapatkan dari blog sangat besar jumlahnya. Kebanyakan metode make money online yang mereka gunakan antara lain:

–  Google Adsense dan advertisement network lainnya.

– Affiliate Marketing (Amazon, Ebay, Clickbank, dan sebagainya)

Menulis ebook.

– Menjadi konsultan blogging dan SEO, hingga WordPress.

– Menjadi pembuat theme WordPress, plugin WordPress, hingga pembuat logo website.

– Ada juga yang memanfaatkan jasa penulisan artikel SEO.

– dan masih banyak lagi.

Nah, dengan blog ini saya sendiri mendapatkan pendapatan melalui afiliasi, layanan iklan, mempromosikan produk dan website lain melalui artikel, dan menjadi mentor SEO. Ada banyak sekali cara lain yang bisa Anda manfaatkan. Contoh, jika Anda mahir dalam hal graphic design, Anda bisa menampilkan karya Anda di blog dan tawarkan jasa pembuatan design bagi mereka yang membutuhkan. Misalnya pembuatan logo, design web, sampul buku/ebook, dan sebagainya.

BACA JUGA:  Cara Verifikasi Blog di Google Webmaster Tool

5. Melek Teknologi

Ini mungkin terdengar sepele tetapi berpengaruh signifikan apalagi di era serba digital saat ini. Anda tidak serta-merta membuat blog dan mengisinya tetapi Anda juga harus mengerti bagaimana mengoperasikannya. Bagaimana mengatur tampilan, halaman, sidebar, mengaktifkan fitur lain yang mungkin berpengaruh seperti Google Analytics, Webmaster, SEO, dan fitur penting lain seperti Alexa Rank dan lain sebagainya.

Jika Anda sudah jauh lebih serius dalam hal blogging, maka kemudian Anda akan mengenal tool penting lainnya yang tentu harus Anda pelajari bagaimana cara menggunakannya. Ada juga software khusus untuk blogging yang bisa selalu Anda manfaatkan sehingga pada akhirnya Anda akan melek teknologi. Pada prinsipnya hampir semua hal penggunaannya sama sehingga jika Anda mahir menggunakan satu tool maka kemungkinan besar Anda akan bisa mahir mengoperasikan tool lainnya.

Kesimpulan

Pentingnya blogging sudah disadari bahkan di masa awal terciptanya. Pada awalnya blog sama saja penggunaannya seperti buku harian. Tetapi dalam perkembangannya, manfaat blogging ternyata jauh lebih banyak bila kita sudah menyadarinya. Itulah manfaat blogging dari Seni Berpikir, apa pendapat Anda?

TINGGALKAN KOMENTAR