Cara Melihat Daftar Isi Sebuah Website Dari Google – Google memang menyimpan banyak fitur canggih yang nyatanya masih jarang kita ketahui. Mesin pencari dan perusahaan internet terbesar dunia ini memiliki berbagai fitur yang sangat bermanfaat yang senantiasa dapat kita gunakan, dan rata-rata produk yang disediakannya tidak memungut biaya sepeser pun dari penggunanya.

Google mungkin menjadi mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia, terutama di Indonesia. Nah dalam artikel ini saya memberikan cara untuk melihat daftar isi sebuah website dari Google. Mungkin Anda bertanya-tanya apa keuntungannya melihat daftar isi sebuah website dari Google? Kenapa tidak langsung membuka websitenya saja?

Saya memiliki banyak website favorit yang rutin saya kunjungi. Mungkin Anda juga. Saya sering dipusingkan dengan koneksi internet yang lambat, mungkin Anda juga demikian. Saya terkadang tidak begitu nyaman dengan tampilan website favorit saya sehingga sedikit terganggu dalam mencari-cari artikel yang mungkin saya sukai. Atau tata letak maupun tampilan website tersebut sedikit membingungkan dalam pencarian artikel yang mungkin kita sukai.

BACA JUGA:  Review Hosting Bluehost: Hosting Murah dan Terbaik

Ada banyak alasan mengapa melihat daftar isi sebuah website dari Google bisa menjadi solusi untuk memudahkan kita membaca artikel yang menurut kita menarik. Pertama, pencarian Google hanya memakan waktu per mili detik sehingga hasil pencarian begitu cepat dan tidak memakan banyak bandwidth dari koneksi internet. Kedua, tampilan Google sudah sangat familiar bagi kita dan selain itu bersih serta rapi. Ketiga, melihat daftar isi sebuah website dari Google akan langsung mengarahkan kita pada isi website itu sendiri tanpa iklan pop-up, design yang jelek, dan tanpa perlu membongkarnya satu per satu di website tersebut.

Artikel Rekomendasi: Cara Mendapatkan Backlink Dari Google Search

Jika Anda merasa sudah sangat nyaman mencari artikel-artikel yang ingin Anda baca di website favorit Anda maka Anda mungkin tidak perlu mengikuti tips ini. Namun terkadang loading lama sebuah website cukup mengganggu aktivitas pencarian artikel yang kita lakukan di website itu. Dan inilah cara melihat daftar isi sebuah website dari Google yang bisa Anda manfaatkan demi kemudahan dan efisiensi:

BACA JUGA:  ThinkWithGoogle: Cek Kecepatan dan Kekuatan Mobile-Friendliness Website Anda

Buka Google.com lalu ketikkan kata kunci berikut:

site:website.com

Ganti website.com menjadi website yang ingin Anda eksplorasi. Dalam contoh ini saya menggunakan seniberpikir.com, maka akan terlihat gambar seperti berikut:

melihat daftar isi sebuah website dari google 1

Dari gambar di atas terlihat bahwa saya mengetikkan site:seniberpikir.com untuk melihat seluruh daftar isi seniberpikir.com di Google. Hasilnya akan terlihat seperti ini:

melihat daftar isi sebuah website dari google 2

Di hasil pencariannya saya menemukan segala artikel maupun konten lainnya yang ada di seniberpikir.com. Entah itu halaman, menu, kategori, dan artikel-artikel yang seluruhnya terindeks oleh Google. Jika Anda seorang blogger atau pun webmaster, Anda juga bisa memanfaatkan trik ini untuk menghapus URL konten yang tidak Anda inginkan dari hasil pencarian Google. Menghapus konten yang jelek dari indeks Google juga dapat membantu SEO website Anda menjadi lebih baik.

Itulah cara singkat melihat daftar isi sebuah website dari Google.

TINGGALKAN KOMENTAR