Tips Belanja Online Dengan Aman – Maraknya bisnis online dari waktu ke waktu tentu tak lepas dari respon masyarakat atau pun konsumen dari kecenderungan mereka sendiri untuk belanja secara online.

Antusiasme masyarakat yang kemudian berperan sebagai konsumen menjadi lebih tinggi dari waktu ke waktu, yang kemudian membuat bisnis online menjadi lebih marak. Terlepas dari pada itu, belanja online adalah salah satu hal yang paling populer di dunia internet Indonesia. Apalagi toko online di Indonesia yang aman dan terpercaya sudah makin besar jumlahnya.

Namun, bukan berarti belanja online selalu aman, atau sepenuhnya aman. Dari Seni Berpikir, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar terhindar dari penipuan hingga yang terparah, yakni pembobolan identitas beserta rekening bank.

Tips Aman Belanja Online yang Perlu Diperhatikan:

1. Pastikan Bahwa Toko Online Tempat Nantinya Anda berbelanja aman dan terpercaya

Lakukan riset terlebih dahulu tentang toko tersebut. Di internet Anda bisa membaca review tentang toko online itu, seberapa aman ia menjaga keamanan data pengguna, serta seberapa populer ia di kalangan konsumen. Dewasa ini, semakin banyak toko online, semakin banyak pilihan tempat untuk berbelanja. Tetapi ingat, bukan barang dan harga yang terpenting melainkan data pribadi Anda, terutama data keuangan.

BACA JUGA:  Review: Cermati.com Sebagai Solusi Untuk Urusan Finansial Anda

2. Pastikan bahwa toko online tersebut menjamin keamanan dan kualitas produk

Salah satu kekurangan belanja online adalah bahwa Anda tidak bisa memeriksa barang yang akan dibeli secara langsung. Anda hanya akan terbantu dengan deskripsi produk, spesifikasi, gambar-gambar produk, serta review dari sesama pembeli. Dan perlu diketahui juga bahwa produk akan dikirim lewat jasa pengantar, terutama jasa pengantar pihak ketiga, sehingga Anda harus bisa memastikan bahwa toko online tersebut menjamin keamanan dan kualitas produk.

Jaminan tersebut bisa dikaitkan dengan proses tracking produk, sudah sampai di mana produk diantar hingga sampai ke alamat Anda, juga apakah toko online tersebut menjamin akan mengganti produk yang rusak secara tidak sengaja entah dalam proses pengiriman atau pun pengepakan.

blanja.com

3. Perhatikan Baik-Baik Opsi Pembayaran

Banyak toko online menawarkan metode pembayaran produk yang beragam, salah satu yang terkenal adalah metode saldo. Biasanya metode saldo mengharuskan Anda menginput sekian besar jumlah uang ke akun Anda setelah terdaftar menjadi konsumen di toko online tersebut. Data yang Anda masukkan sebagai konsumen/anggota di toko online tersebut tentu akan berkaitan dengan data pribadi dan data keuangan. Inilah yang sering merugikan konsumen toko online, terutama bila sudah jelas bahwa toko online tersebut adalah toko online palsu.

BACA JUGA:  Tips Penting Sebelum Memilih Arsitek Untuk Rumah Impian Anda

Metode terbaik tentu saja Cash on Delivery (COD), di mana Anda hanya akan membayar sejumlah uang yang telah disepakati di akhir pesanan Anda tepat ketika barang pesanan sampai di alamat Anda. Hal ini sudah sangat populer di toko online lokal. Opsi lain adalah transfer ATM dan lakukan konfirmasi pembayaran tepat setelah Anda melakukan pembayaran lewat transfer ATM. Banyak toko online terpercaya dan aman yang memberikan layanan pembayaran lewat transfer ATM, salah satunya adalah http://blanja.com/ yang bisa Anda ketahui lebih lengkap di halaman ini.

Pastikan bahwa Anda sudah dengan teliti membaca cara/metode pembayaran di toko online tempat Anda berbelanja. Namun secara keseluruhan, Anda patut merasa aman dalam berbelanja online karena toko online lokal sudah ramai sekali dimanfaatkan karena popularitas, kelengkapan, proses kemudahan bertransaksi, hingga keamanan yang terjamin sehingga Anda tidak perlu lagi ragu dalam berbelanja online. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR