Tips dan Trik Google Untuk Pelajar – Google sudah sangat dikenal sebagai perusahaan internet terbesar di dunia saat ini, yang lebih dikenal dengan mesin pencarinya. Setiap orang tahu menggunakan Google, tetapi tidak banyak yang benar-benar tahu bagaimana cara menggunakan Google lebih efisien lagi, terutama kaum pelajar.

Seperti yang dikutip dari LifeHacker, inilah tips dan trik Google untuk pelajar yang akan memudahkan kalian dalam mencari berbagai referensi pembelajaran dengan cepat dan lebih tepat.

1. Untuk pencarian lebih spesifik: Gunakan keyword site:URL blog dan gunakan kata kunci pencarian yang ingin Anda cari setelahnya. Misalnya site:yellowflash.info tips dan trik google untuk pelajar.

Cari siapa pengarang/penulis referensi tersebut menggunakan author:nama. Misalnya author:kahlil gibran.

Untuk mencari judulnya, ketik intitle:judul, misalnya intitle:layar terkembang.

2. Gunakan format file/ekstensi file dalam pencarian: Gunakan keyword filetype:format file, misalnya filetype:mp3 untuk mencari file audio format MP3, atau JPG untuk gambar berformat JPG dan sebagainya.

Contoh selanjutnya, untuk pencarian MP3 dari artis, ketik filetype:MP3 The Beatles, atau cukup menggunakan judul lagunya misalnya filetype:MP3 Hey Jude.

BACA JUGA:  Google Pagerank, Google Tak Bertanggung Jawab!

Yang paling banyak hasil pencariannya adalah filetype:JPG untuk gambar dan filetype:PDF untuk dokumen berformat PDF. Tips dan trik Google untuk pelajar untuk filetype:PDF sangat berguna.

3. Memperluas pencarian. Gunakan tanda * untuk memperluas pencarian. Misalnya Cara Memperbaiki Komputer *

Lebih lanjut, Anda juga bisa melakukan hal-hal seperti berikut:

Mencari tes/ujian sebagai bahan latihan dan referensi lainnya. Anda bisa menggunakan keyword site: untuk memfokuskan pencarian hanya di situs edukasi, misalnya membatasi pencarian dengan site:edu. Misalnya juga Anda bisa menggunakan pencarian khusus referensi politik, misalnya dengan kata kunci site:edu referensi politik. Gabungkan kata kunci tersebut dengan filetype:PDF atau filetype:DOC untuk langsung mendownload dokumen terkait kata kunci Anda.

Untuk mahasiswa politik, atau akademisi lain yang ingin mencari referensi khusus di bidang pemerintahan/politik, Anda bisa mencoba kata kunci site:gov.

Batasi hasil pencarian. Anda bisa membatasi hasil pencarian dengan menggunakan tanda minus (-) untuk membuat pengecualian dari website tertentu sebagai sumber referensi yang Anda cari. Misalnya Anda ingin mencari referensi menggunakan kata kunci Sejarah Suku Karo. Anda bisa membatasi pencarian dengan mengecualikan website tertentu dari hasil pencarian Anda, misalnya dengan kata kunci:

BACA JUGA:  JalanTikus.com, Penyedia Software dan Games Gratis 100% Legal

Sejarah Suku Karo -site:Wikipedia.org.

Kata kunci tersebut akan memberikan hasil pencarian tanpa menyertakan sumber dari Wikipedia.org. Anda juga bisa membatasi pencarian seperti: Honda -motor untuk mencari hal-hal yang terkait dengan Honda kecuali motornya.

Jika Anda ingin mencari referensi dengan batasan lainnya seperti batasan harga, tanggal, ukuran, dan sebagainya, gunakan tanda titik 2 kali (..). Misalnya, pabrik garmen Bekasi 1997..2001 atau smartphone..Rp2.000.000.

Temukan hasil lainnya. Gunakan kata kunci related: untuk memperluas pencarian Anda. Misalnya related:yellowflash.info untuk mencari hal-hal yang terkait dengan website tersebut.

Anda juga bisa menggabungkan berbagai kata kunci di atas untuk lebih menspesifikkan pencarian Anda, misalnya: site:sport.detik.com “klasemen sementara” -SAT2013..2014

Gunakan Shortcut Google untuk Mendapatkan Jawaban Cepat

Anda tidak mesti membongkar banyak blog untuk menemukan jawaban simpel dari pencarian Google.

Cari Definisi. Gunakan kata kunci define untuk mencari arti kata atau frase yang Anda kurang mengerti. Misalnya define menyesar atau define manufaktur.

Buat Google Melengkapi Pencarian. Anda tidak perlu membuka Wikipedia atau blog lain untuk mencari sesuatu yang sepertinya sederhana. Misalnya tanggal lahir Soekarno. Coba ketik Soekarno lahir dan Google akan secara otomatis melengkapinya dengan kalimat atau pun hasil pencarian lain yang akan memberitahu tanggal lahir Soekarno, tanpa menekan tombol Enter.

BACA JUGA:  Indonesia Penghasil Serangan Cyber Terbesar di Dunia

Shortcut Google juga masih sangat banyak di luar sana, silahkan cari dan manfaatkan untuk kepentingan Anda.

Selain itu, gunakan Google Books dan Google Scholar untuk menemukan referensi yang lebih baik untuk pencarian Anda. Itulah beberapa tips dan trik Google untuk pelajar yang bisa Anda manfaatkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR