Tips Merawat Wiper Mobil Agar Usianya Panjang dan Fungsinya Maksimal – Merawat mobil kesayangan memang harus dilakukan secara teliti.

Agar mobil tersebut tetap berfungsi dengan baik meskipun usianya bertambah. Soal urusan asuransi mobil, kita tentu tak perlu bingung memikirkannya.

Sebab kita bisa mengandalkan Futuready, supermarket asuransi yang memiliki banyak pilihan asuransi mobil berkualitas. Kita bisa mempelajari spesifikasi asuransi mobil terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan.

Walaupun sudah memiliki asuransi mobil, perawatan sederhana lainnya tetap harus menjadi prioritas kita.

Salah satu bagian yang tak boleh luput dari perhatian adalah wiper mobil. Kita bisa melakukan beberapa tips ini agar wiper mobil tahan lama dan tidak mudah rusak:

Tips Merawat Wiper Mobil Agar Usianya Panjang dan Fungsinya Maksimal

1. Mencuci Mobil Secara Teratur

Ternyata mencuci mobil secara teratur erat kaitannya dengan kualitas wiper mobil. Karena debu dan kotoran yang menempel di mobil bisa mengganggu kinerja wiper.

Wiper yang tersumbat oleh debu, kotoran, dan kerikil akan sulit bergerak. Bunyi berdecit pun akan timbul bila kinerja motor wiper mulai terhambat.

2. Memberi Pelumas pada Poros Wiper

Seiring dengan bertambahnya usia mobil, poros wiper pun akan mulai aus dan fungsinya kurang maksimal. Alangkah lebih baik bila kita memberi pelumas pada poros wiper secara berkala. Sehingga kinerja wiper tidak terhambat oleh poros wiper yang macet.

3. Memeriksa Air Wiper Secara Berkala

Kuantitas air wiper harus diperiksa secara berkala. Supaya kita bisa segera mengisi air wiper yang sudah kosong.

Air wiper sangat bermanfaat untuk membersihkan kaca depan mobil yang kotor. Jangan biarkan air wiper kosong terlalu lama agar kita tidak kesulitan ketika membutuhkannya.

4. Memperhatikan Kondisi Karet Wiper

Karet wiper bisa berkurang elastisitasnya dan mengalami getas seiring dengan bertambahnya usia mobil.

Kalau kita mengoperasikan wiper yang karetnya sudah getas, maka hal tersebut bisa menimbulkan bekas goresan pada kaca mobil.

Kita wajib segera mengganti karet wiper yang sudah rusak. Sehingga karet wiper tersebut tidak merusak kaca mobil kesayangan.

Baca Juga: Daftar Lengkap Paus Gereja Katolik Roma Sepanjang Sejarah

Merawat wiper mobil sebenarnya tidak sulit jika kita memang telaten melakukannya secara berkala. Mulai sekarang, mari memperhatikan kondisi mobil dengan teliti. Agar kendaraan pribadi kesayangan kita senantiasa tahan lama dan performanya prima.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.