Tips Memilih Dispenser yang Aman dan Berkualitas – Di zaman serba modern ini, pastinya banyak orang memilih cara yang lebih praktis dan lebih hemat waktu dalam berbagai macam hal terutama dalam urusan dapur.

Apalagi, sekarang ini sudah banyak peralatan dapur yang sengaja  didesain dengan canggih sehingga dapat membuat berbagai macam pekerjaan dapur menjadi lebih mudah.

Water Dispenser atau yang biasa disebut dengan dispenser merupakan salah satu peralatan dapur yang wajib dimiliki oleh sebagian besar ibu rumah tangga.

Berbagai macam kemudahan dalam menyiapkan minuman hingga makanan dapat Anda lakukan hanya dengan menggunakan alat yang satu ini. Mulai dari menyeduh teh, kopi, membuat bubur bayi, susu dan yang lain sebagainya.

Banyak orang yang memilih untuk menggunakan dispenser ketika mereka akan membuat minuman. Hal ini karena dispenser tak hanya mampu menyeduhkan minuman dingin namun juga bisa menyeduhkan minuman panas.

Heater rupanya menjadi komponen utama yang ada di dalam dispenser yang mana berfungsi untuk memanaskan air pada tabung reservoir dengan menggunakan daya listrik sebesar 200 hingga 300 watt.

Hanya dengan menggunakan dispenser ini, orang tidak perlu lagi repot-repot untuk memasak air untuk dikonsumsi.

Jika dahulu kebanyakan orang masih memasak air dan menunggu sampai dingin, kini Anda tak perlu repot lagi jika menggunakan alat yang satu ini.

Kebutuhan air dari dispenser pun disupplay dari sebuah gallon air kemasan yang nantinya akan ditempatkan di atas dispenser.

Dengan banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari dispenser ini tentunya membuat salah satu peralatan dapur ini mengalami kenaikan penjualan.

Hal tersebut tentunya tidak disia-siakan oleh beberapa orang produsen untuk menciptakan sebuah produk dispenser yang menawarkan berbagai macam keuntungan.

Namun, tidak semua produk dispenser yang dijual di pasaran memiliki kualitas yang bagus dan tahan lama.

Baca Juga: Daftar Harga Dispenser Murah

Bahkan, tidak sedikit barang palsu yang dijual oleh para produsen untuk mendapatkan keuntungan yang berlebih.

Nah, agar Anda bisa terbebas dari dispenser yang abal-abal, alangkah baiknya jika Anda mengetahui beberapa tips yang bisa Anda lakukan sendiri ketika akan membeli sebuah dispenser dengan kualitas yang tinggi dan tahan lama.

Berikut ini beberapa tips sebelum membeli dispenser agar Anda bisa mendapatkan barang yang berkualitas:

Tips Memilih Dispenser yang Aman dan Berkualitas

1. Perhatikan bahan pembuat tangki penyimpanan air

Mengapa Anda harus benar-benar memperhatikan bahan yang digunakan untuk tangki penyimpanan air?

Hal ini karena apabila tangki penyimpanan air menggunakan barang yang sembarangan dan tidak berkualitas, bukan berarti kualitas minuman akan tetap terjaga.

Hal tersebut malah justru sangat berbahaya, karena apabila tangki penyimpanan tidak 100% terbuat dari stainless stell maka hal tersebut bisa menjadi tempat yang baik bagi pertumbuhan jamur dan bakteri.

Selain itu, tangki penyimpanan juga akan mudah berkarat sehingga dapat membuat minuman yang Anda konsumsi mengandung berbagai macam at yang berbahaya. Ditambah lagi, suhu air yang ada di dalamnya tidak terjaga dengan baik.

2. Perhatikan dengan baik selang penghubung yang digunakan

Langkah selanjutnya yaitu perhatikan dengan baik selang penghubung menuju tangki yang digunakan oleh dispenser tersebut.

Selang penghubung menuju tangki haruslah menggunakan anti jamur dan anti bakteri agar kualitas minuman Anda tetap terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang tidak diinginkan karena pertumbuhan jamur dan bakteri di dalamnya.

3. Harus ada kran khusus untuk air dengan suhu yang normal

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa sekarang ini banyak orang lebih memilih cara yang praktis dalam melakukan berbagai macam hal.

Nah, apabila Anda ingin membeli sebuah dispenser maka diusahakan untuk mencari dispenser yang memiliki kran khusus untuk air dengan suhu yang normal.

Dengan adanya kran khusus air suhu normal yang satu ini, Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk mencampurkan air panas dan air dingin supaya bisa mendapatkan air minum dengan suhu yang normal.

4. Pilih dispenser yang mampu membunuh kuman

Selain digunakan untuk minum, ternyata ada manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari alat yang satu ini.

Di mana dispenser dapat digunakan untuk membunuh kuman asalkan dispenser yang Anda gunakan mampu memanaskan air hingga mencapai suhu 86 derajat atau bila perlu mencapai 99 derajat.

Hal ini tentunya akan membantu menjaga kualitas air minum Anda agar tetap terjaga dna bebas dari kuman serta bakteri.

Keempat tips di atas memang sangat penting untuk Anda perhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah dispenser.

Tentunya dengan memperhatikan beberapa tips yang telah disajikan di atas, Anda tidak hanya memikirkan kepraktisan dari alat yang satu ini saja.

Namun, Anda juga harus memikirkan kualitas minuman yang akan Anda minum. Dengan memilih dispenser dengan kualitas tinggi maka kualitas minuman yang Anda konsumsi pun akan terjaga kebersihannya.

Dispenser merupakan salah satu alat yang senantiasa terhubung dengan listrik. Hal tersebutlah yang rupanya membuat Anda harus mempertimbangkan beberapa hal lainnya sebelum membeli sebuah dispenser.

Di bawah ini, beberapa pertimbangan yang harus Anda pikirkan sebelum membeli Water Dispenser.

Pertimbangan Sebelum Membeli Water Dispenser

1. Memiliki Low Power

Sebelum membeli dispenser, Anda harus memastikan bahwa dispenser yang akan Anda beli memiliki Low Power yang ditunjukkan dengan adanya pemisahan distribusi air dingin dengan air panas.

2. Memiliki tempat untuk menaruh gelas yang cukup tinggi

Tak hanya memikirkan tentang kualitas dari air yang dihasilkan saja. Namun, Anda juga harus memperhatikan bahwa dispenser yang akan Anda beli memiliki tempat air yang cukup tinggi untuk memudahkan saat mengisi air ke dalam gelas. Tempat menaruh gelas yang satu ini harus memiliki tinggi minimal 20 cm.

3. Pastikan memiliki dua thermostat

Nah, hal ini wajib bagi Anda yang ingin membeli dispenser yang menyatu dengan kulkas atau lemari es.

Dengan adanya thermostat yang berjumlah dua, ini dimaksudkan agar tidak mengganggu pendingin kulkas nantinya.

4. Memiliki tombol on dan off yang terpisah

Selanjutnya yaitu Anda harus memilih dispenser yang memiliki tombol on/off terpisah untuk air yang dingin dan air panas. Pastinya hal ini dimaksudkan agar pada saat Anda mengambil air minum menjadi lebih praktis.

5. Pilih dispenser yang dilengkapi dengan child lock

Nah, dispenser yang satu ini sangat diperuntukkan bagi pemakaian dalam rumah tangga. Adanya child lock atau kunci pengaman yang terpasang pada dispenser hal ini membuat anak-anak akan lebih aman ketika menggunakan alat yang satu ini.

Ketika akan memilih sebuah dispenser, tentu Anda tidak boleh asal-asalan. Ada beberapa tips dalam memilih dispenser yang berkualitas serta aman yang harus diperhatikan agar tidak menyesal ketika Anda membelinya.

Sekarang ini, memang banyak sekali dispenser dengan berbagai merk yang dijual di pasaran. Selain itu, harga yang murah juga menjadi daya tarik sendiri bagi sebagian besar orang untuk membelinya.

Namun sangat disarankan bagi Anda untuk tidak mudah terkecoh dengan dispenser yang dijual murah sebelum Anda benar-benar mengecek kondisi dari dispenser yang ingin Anda beli.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.