Printer Canon Terbaru – Kelebihan & Kekurangan – Canon telah menjadi merk printer yang populer di Indonesia. Dibandingkan dengan pesaingnya seperti Epson, Xerox, Brother maupun HP, printer Canon memang memiliki banyak kelebihan.

Produk asal Jepang ini mampu memenuhi harapan konsumen akan printer yang berkualitas, tetapi dengan harga yang tidak terlalu mahal. Berbagai varian juga diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang berbeda-beda.

Walaupun demikian, beberapa kekurangan juga dimiliki printer merk Canon. Kelebihan, kekurangan dan varian printer Canon terbaru selayaknya menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli sebuah produk.

Kelebihan dan Kekurangan Printer Canon

Sebelum membeli printer Canon, sabaiknya kenali dulu karakteristiknya. Printer yang diproduksi oleh Canon Inc. ini memiliki beberapa kelebihan serta kekurangan. Salah satu kelebihannya adalah harga printer yang terbilang ekonomis.

Jika kita bandingkan harga printer Canon 2016 dengan harga pesaingnya, maka akan terasa benar bahwa printer ini relatif murah. Karena itu banyak rumah tangga yang memilih printer Canon dibandingkan merk-merk lain yang tentu saja memiliki kelebihannya masing-masing.

Selain dari segi harga, Canon juga memiliki berbagai kelebihan lainnya yang tidak bisa dianggap remeh. Salah satu kelebihan tersebut adalah hasil cetak yang berkualitas baik. Gambar, foto maupun hasil cetak warna lain yang diperoleh dengan menggunakan printer Canon terbaru akan sangat memuaskan.

Apalagi jika kita mencetak dokumen atau file hitam putih. Karena itu printer ini sangat sesuai untuk berbagai pekerjaan kantor maupun tugas-tugas sekolah. Hasil cetak yang bagus bisa diperoleh jika menggunakan tinta yang original.

Kelebihan berikutnya dari printer Canon terutama printer Canon terbaru adalah kecepatan proses cetaknya. Canon bisa dibilang sebagai printer yang mampu mencetak dengan sangat cepat. Jika dibandingkan dengan printer Epson, dapat dirasakan bahwa proses cetaknya berlangsung jauh lebih cepat.

BACA JUGA:  Review Hosting Bluehost: Hosting Murah dan Terbaik

Padahal harga  printer Epson berada diatas Canon untuk beberapa tipenya. Sebagai contoh, untuk Canon Pixma IP 2770 memiliki kecepatan cetak 7.0 print pages perminut untuk cetak hitam dan 4.8 print pages perminut untuk cetak warna.

Bahan pertimbangan lainnya yang sering menjadi alasan pembelian printer Canon adalah daya tahan atau keawetannya. Printer Canon memang terkenal sangat awet dan jarang rusak.

Berbagai spare partnya memiliki daya tahan tinggi dan kuat dipakai bahkan untuk melakukan pencetakan dalam jumlah banyak sekaligus. Daya tahan ini terutama terlihat pada berbagai jenis printer Canon terbaru.

Walaupun tergolong awet, tetapi pemakaian yang benar tetap diperlukan untuk menghindari kerusakan. Selain itu printer juga harus dirawat dan rutin dibersihkan agar masa pakainya semakin lama.

Selain memiliki banyak kelebihan, ada juga kekurangan yang masih terlihat pada printer Canon terbaru.

Salah satu kekurangan tersebut adalah printer asal Jepang ini tidak kompatibel untuk sistem infus. Jika kita memaksakan untuk merubah printer Canon ke sistem infus, maka printer bisa mengalami error.

Selain itu, selang-selang infus akan menganggu bagian-bagian printer lainnya sehingga tidak dapat bekerja dengan baik. Padahal sistem infus banyak digunakan untuk menghemat biaya cetak.

Selain tidak kompatibel untuk infus, cartride Canon juga tergolong mahal. Padahal untuk memperoleh hasil cetak yang bagus harus menggunakan tinta original dari cartride asli. Cartride yang dijual dengan harga mahal bisa jadi merupakan kompensasi dari harga printer Canon murah.

Kelemahan lainnya adalah warna cetak yang masih kalah tajam dengan hasil dari printer Epson. Hal ini terlihat jelas dari warna kulit manusia yang tercetak pada kertas foto. Berbagai kelemahan printer Canon tersebut membuatnya menjadi kurang sesuai untuk industri percetakan.

BACA JUGA:  Panduan Merawat Dress Berbahan Brokat

3 Varian Printer Canon Terbaru

Berbagai kelebihan dan kekurangan printer yang diproduksi oleh Canon Inc. memang selayaknya menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli. Setelah membandingkannya dengan merk lain, kita bisa lebih yakin untuk memilih printer Canon terbaru.

Tetapi tidak hanya itu, jika kita pergi ke toko komputer atau sebuah online shop, kita akan melihat ada banyak tipe printer Canon. Lalu, printer mana yang akan dipilih? Untuk memudahkan Anda, kami menyajikan 3 varian printer Canon dan beberapa contoh tipe produknya. Ketiga varian tersebut adalah :

1. Printer Canon Single Function

CANON PIXMA iP2770
CANON PIXMA iP2770 – Beli Sekarang

Sebelum membeli printer kita tentu harus mengetahui apa saja fungsi dari printer tersebut. Jika printer hanya diperlukan untuk mencetak atau melakukan print saja, maka Single Function Printer dari Canon dirasa sudah cukup.

Printer Canon terbaru yang digunakan di rumah, mungkin tidak perlu memiliki fungsi seperti yang biasanya berada di kantor. Canon memang menyediakan berbagai tipe printer Single yang bisa jadi pilihan. Ada printer Canon Pixma iP2770, Canon Pixma iP7270, Canon Pixma G1000 dan masih banyak lagi.

Canon Pixma G1000 merupakan printer Canon dengan sistem ink-supply. Dengan tabung tinta yang dimilikinya, salah satu printer Canon terbaru ini mampu mencetak lebih banyak halaman daripada printer yang masih menggunakan cartridge.

Kecepatan cetaknya pun luar biasa, hingga mencapai 8.8 ppm untuk hitam dan 5.0 ppm untuk warna. Desainnya kecil, stylish dengan bagian tabung tinta tembus pandang. Dengan desain ini kita menjadi mudah melihat jumlah tinta yang tersisa pada tabung. Harga printer ini lebih mahal dari harga printer Canon iP 2770.

2. Printer Canon Multifungsi

CANON PIXMA [G3000]
CANON PIXMA [G3000] | Beli Sekarang

Selain menawarkan Single Function Printer, Canon juga memproduksi printer multifungsi atau printer all-in-one. Disebut dengan printer multifungsi karena printer-printer ini tidak hanya bisa melakukan fungsi print, tetapi juga dapat melakukan scanning, mengirim dan menerima fax, serta digunakan sebagai mesin fotocopy.

BACA JUGA:  Cara Memilih Headset Bluetooth Terbaik Dari Berbagai Merk

Semua fungsi tersebut dapat diperoleh dari satu mesin printer dengan cara yang mudah dan cepat. Printer Canon terbaru yang termasuk dalam jenis all-in-one diantaranya adalah Canon Pixma MX497, E510 dan G3000.

Canon Pixma G3000 merupakan printer Canon terbaru dari seri G. Selain mampu melakukan berbagai fungsi, hasil cetaknya memiliki kualitas yang sangat tinggi. Printer ini memiliki tinta hibrid yang mampu membuat hasil cetak memiliki warna yang tajam serta tahan lama. Kertas yang bisa digunakan pada printer nirkabel ini dapat mencapai ukuran A4.

3. Printer Canon Pro

Berbeda dengan kedua varian printer yang sudah dibahas sebelumnya, Printer Canon Pro merupakan jenis printer yang mampu mencetak kertas hingga yang memiliki ukuran A3+. Printer ini akan mencetak sebuah gambar atau foto dengan resolusi penuh.

Hasil yang diperoleh akan lebih cemerlang, karena memiliki rentang warna yang lebih besar. Terdapat 12 jenis tinta warna dan 5 monokrom hitam putih. Hasil yang diperoleh akan memiliki tingkat kontras yang tinggi, dan lebih dramatis. Presisi warna hitam putih pun akan semakin istimewa.

Ketiga varian printer Canon di atas memang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Single printer, printer multifungsi dan printer pro memang dibuat untuk pangsa pasar yang berbeda. Sebelum membelinya, kita perlu menyesuaikan tipe printer dengan fungsi yang ingin kita dapatkan. Dengan demikian kita dapat membeli printer Canon terbaru dengan lebih bijaksana, karena biaya yang dikeluarkan akan sesuai dengan manfaat yang akan diperoleh.

TINGGALKAN KOMENTAR