Keamanan Investasi P2P KoinWorks, Fintech Lending Indonesia – Investasi, jika dituang dalam sekalimat pengertian, mungkin orang-orang cenderung memahaminya seperti ini: “Masukkan uang, berbunga, tarik keuntungan.”

Itu sekelumit hal yang teramat sederhana jika kita berbicara tentang investasi. Dan itu belum mencakup apapun tentang investasi itu sendiri jika kita membahasnya lebih lanjut dari segi kompleksitas, jenis dan instrumen yang ada, jangka waktu, dan sebagainya.

Konsep investasi yang kian berkembang tidaklah jauh berbeda dari apa yang kita pahami hingga detik ini. Hanya saja, jenis dan instrumen serta kebijakan di baliknya membuat konsep investasi berpindah tahap demi tahap, dari yang dulu terkesan kompleks hingga munculnya ide ease of making investment.

Tak terkecuali, perkembangan teknologi yang tak terbendung di era ini mampu memunculkan satu lagi jenis investasi yang menarik untuk ditilik lebih jauh.

Ada pun jenis investasi yang menarik untuk kita bicarakan disini adalah Pendanaan melalui KoinWorks. Memberikan dana untuk berbagai kepentingan, selama dana itu akan menghasilkan nantinya, yang tentunya akan menghasilkan keuntungan, bisa kita sebut sebagai investasi.

KoinWorks membawa konsep tersebut kian maju dengan mengandalkan teknologi inovatif berkonsep Peer to Peer Lending (P2PL) atau juga dikenal sebagai Fintech Lending Indonesia, di mana kita bisa menginvestasikan dana yang kita miliki untuk berbagai kepentingan para peminjam; baik itu kepentingan bisnis, kesehatan, hingga pendidikan.

Sebagai gebrakan awal untuk beperan dalam hal berinvestasi melalui Fintech Lending Indonesia, KoinWorks melangkahkan jejaknya sebagai platform Peer to Peer Lending pertama di Indonesia.

Sebelum lebih jauh berbicara mengenai KoinWorks, menarik sekali untuk kita telusuri apa sebenarnya investasi p2p dan bagaimana pengaruhnya dalam dunia investasi.

Bagaimana Sebenarnya Konsep Peer to Peer Lending (P2P Lending) atau Fintech Lending Ini?

Fintech Lending ini sama halnya dengan sebuah online marketplace. Sebuah marketplace mempertemukan pembeli dan penjual. Dalam hal ini, kita berbicara tentang pertemuan pembeli dan penjual dalam sebuah platform daring, yang kemudian kita sebut dengan istilah online marketplace.

Merujuk pada hal tersebut, Fintech Lending mengacu pada kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas pinjam-meminjam, mempertemukan Pendana dengan Peminjam dalam basis teknologi internet.

Baca Juga: 

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Peer-to-Peer Lending (P2P)

Demi menanggapi dan memanfaatkan perkembangan teknologi internet yang signifikan pengaruhnya dalam berbagai aspek kehidupan sekarang ini, aspek finansial pun tak lepas darinya begitu saja.

Jika sebelumnya kita hanya mengenal jalur konvensional dalam melakukan aktivitas investasi maupun peminjaman, seperti meminjam maupun berinvestasi ke dan/atau melalui lembaga keuangan sebagai contoh nyatanya, perkembangan internet yang semakin mudah diakses memunculkan pergeseran pada konsep ini.

Dulu kita harus berkutat dengan birokrasi yang lebih sering merepotkan ketimbang memudahkan. Namun kehadiran teknologi internet dalam hal ini mampu menghasilkan solusi.

Tetapi, satu yang paling mencolok dan menarik sekali untuk dibahas dalam hal pinjam-meminjamkan ini, terutama dari sudut pandang investor, yakni apakah aman berinvestasi melalui jalur teknologi internet, teristimewa melalui P2PL atau Fintech Lending Indonesia?

Tantangan dan hambatan tersebut dijawab oleh KoinWorks lewat sistem proteksi yang mumpuni. Lebih jauh, seperti inilah konsep Pendanaan yang diusung oleh sistem investasi di KoinWorks.

KoinWorks dan Solusi Keamanan Investasi

KoinWorks memungkinkan dua pihak utama untuk berinteraksi lewat platform berbasis teknologi yang disediakannya. Dua pihak tersebut adalah Pendana dan Peminjam. Pendana sama halnya dengan investor, jadi lewat konsep ini, Pendana akan berperan sebagai Investor.

BACA JUGA:  Tips Penting Sebelum Memilih Arsitek Untuk Rumah Impian Anda

Peminjam pun bermunculan. Mereka muncul membawa kebutuhan keuangan masing-masing. Mereka yang tergabung sebagai peminjam membutuhkan dana pinjaman untuk kepentingan bisnis lewat KoinBisnis, kepentingan kesehatan lewat KoinSehat, hingga kebutuhan pendidikan lewat KoinPintar.

Sebagai investor, kita hanya perlu memilih hendak menginvestasikan dana untuk kepentingan apa. Tidak ada interaksi fisik di sini karena hanya melalui platform berbasis internet. Kita hanya bisa melihat data-data para peminjam sebelum melakukan pendanaan.

Dana yang Anda depositkan melalui platform KoinWorks nantinya akan bertransformasi ke dalam bentuk Koin. KoinWorks tidak memotong apapun dari dana yang Anda depositkan, jadi, misalnya Anda mendepositkan dana sebesar Rp 5 Juta, sebesar itu jugalah dana yang bisa Anda investasikan kepada kebutuhan para peminjam.

Tidak ada interaksi fisik sama sekali dalam kegiatan Pendanaan ini. Pendana hanya bisa melihat data para peminjam sebelum mendanai.

Dengan begitu, apakah Pendana bisa yakin dengan model investasi seperti ini? Bagaimana mungkin Pendana bersedia menggelontorkan sejumlah dana nyata kepada Peminjam yang bahkan tidak dikenal siapa orangnya dan seperti apa rupanya? Kabar baiknya, KoinWorks sudah menyiapkan solusi untuk menjawab permasalahan tersebut.

Keamanan Berinvestasi Melalui KoinWorks, Fintech Lending Indonesia

Keamanan Investasi P2P KoinWorks, Fintech Lending Indonesia
Halaman Utama KoinWorks

Yang pertama sekali yang perlu Anda pahami adalah bahwa, KoinWorks memprioritaskan keamanan dana para investor yang menggunakan platformnya untuk berinvestasi. Hal ini dimulai dari pemilihan para peminjam melalui analisis komprehensif terhadap berbagai data.

Salah satu akses data yang dianalisa juga didapat dari data milik mitra KoinWorks. Katakanlah seorang peminjam yang mengajukan pinjaman lewat KoinWorks merupakan seorang pengusaha dan memiliki toko di Lazada (online marketplace terbesar Indonesia dan merupakan salah satu mitra KoinWorks).

Ia membutuhkan dana untuk mengekspansi bisnisnya. Pihak internal KoinWorks menganalisa data peminjam tersebut berdasarkan data penjualan, omzet bulanan, hingga rating dan data-data penting lainnya. Data pribadi peminjam tentu juga akan dianalisa secara menyeluruh.

Hal tersebut digunakan untuk membangun kepercayaan bagi investor ketika ingin mendanai bisnisnya.

Benedicto Haryono, selaku Co-Founder KoinWorks, juga menjelaskan, “Pendana tidak perlu khawatir karena semua peminjam di KoinWorks dianalisa menggunakan algoritma dan pengukuran tingkat resiko sebelum akhirnya ‘lulus’ sebagai peminjam. KoinWorks juga bekerjasama dengan Allianz untuk meminimalisir segala resiko yang akan terjadi jika suatu saat terjadi gagal bayar (dikarenakan si Peminjam meninggal dunia).”

Dalam tahap yang dikenal dengan istilah pre-approval, Fintech Lending Indonesia ini menganalisa segala data penting dari pihak peminjam demi mengurangi resiko gagal bayar.

Jika KoinWorks menganggap bahwa para peminjam layak untuk mendapatkan pendanan dari investor yang tergabung, dengan kata lain mampu membayar pinjaman yang diajukan, maka peminjam akan tampil di platform KoinWorks dan siap untuk didanai.

Tim KoinWorks dengan hati-hati menilai karakteristik peminjam dari sudut pandang psikologis yang mendalam beserta latar belakangnya dari segi finansial.

Data-data yang dirilis nantinya dikemas dalam bentuk factsheet yang akan tersedia bagi para investor untuk menilai kelayakan si Peminjam.

Dengan factsheet tersebut, para Pendana di KoinWorks bisa menilai kelayakannya berdasarkan karakteristik, latar belakangnya, credit scoring, financial performance si peminjam, produk yang dijual, rating, hingga tujuan pinjaman menyeluruh.

Hal tersebut tentu saja membantu investor untuk mengidentifikasi kepada siapa dan untuk keperluan apa ia menginvestasikan uangnya.

Variasi Produk KoinWorks sebagai Tujuan Peminjaman

KoinWorks Fintech Lending Indonesia P2P Lending
Halaman “Telusuri” Untuk Melihat Data Peminjam dan Mulai Mendanai

Sebagai pionir Peer to Peer Lending atau Fintech Lending di Indonesia, KoinWorks memiliki tiga produk utama yang diusung untuk memudahkan investor dalam berinvestasi.

Tiga produk tersebut antara lain KoinBisnis untuk Pendanaan Bisnis, KoinPintar untuk Pendanaan Pendidikan, dan KoinSehat untuk Pendanaan Kesehatan.

KoinWorks menetapkan berbagai penilaian ketat dan menyeluruh demi menjamin keamanan dana investor yang masuk melalui masing-masing produk ini.

Contohnya dalam KoinBisnis, KoinWorks mengharuskan agar pinjaman yang diajukan oleh pelaku bisnis dapat diterima jika bisnisnya sudah memanfaatkan teknologi internet dan juga sudah berjalan selama minimal satu tahun, disertai dengan reputasi yang baik.

Berbeda dengan KoinPintar, dimana peminjam nantinya bisa memanfaatkan dana pinjaman untuk kepentingan pendidikan lewat kursus selama 6 bulan dengan jaminan akan langsung bekerja dan mendapatkan penghasilan. Dengan penghasilannya tersebut ia bisa mengganti pinjamannya.

Khusus untuk KoinSehat, demi menjamin dana investor yang digelontorkan, pasien yang sedang mengalami penyakit kronis tidak boleh mengatasnamakan dirinya sendiri untuk mengajukan pinjaman kesehatan.

Namun, pihak lain bisa mengatasnamakan dirinya untuk mengajukan pinjaman demi mendanai pasien yang sedang sakit kronis.

Misalnya begini, jika orang tua Anda sedang sakit kronis dan membutuhkan dana untuk perawatan, Anda bisa mengajukan pinjaman ke KoinSehat dengan mengatasnamakan diri Anda sendiri untuk kepentingan kesehatan orang tua Anda.

Keunikan Lain dalam Menjamin Keamanan Dana Investor

Hal unik lain yang hanya dimiliki KoinWorks dalam menjamin pendanaan para investor yakni tersedianya Dana Proteksi atau Provision Fund. Dana Proteksi ini berguna sebagai dana ganti rugi yang akan dikembalikan kepada investor jika peminjam gagal bayar.

Dengan kata lain, sampai pada tahap ini, KoinWorks berhasil memberikan jaminan keamanan penuh bagi para investor yang tergabung.

Sebagai salah satu jenis investasi yang tergolong baru, Fintech Lending khususnya KoinWorks tidak hanya menawarkan kemudahan, fleksibilitas dan proses yang cepat, namun juga jaminan keamanan investasi P2P yang teramat tangguh.

Fintech Lending Indonesia ini berkomitmen penuh untuk urusan keamanan dana investor yang tersalur kepada peminjam lewat platform yang disediakannya tanpa melewatkan aspek penting lain yang mencakup kemudahan, fleksibilitas hingga prosesnya yang cepat.

Aplikasi Mobile KoinWorks

Demi mempermudah investasi P2P lewat platformnya, Fintech Lending Indonesia ini juga menyediakan aplikasi mobile untuk perangkat Android dan iOS.

BACA JUGA:  10 Quotes Terbaik The Alchemist Tentang Kehidupan

Aplikasi KoinWorks - Google Play

Aplikasi KoinWorks - iTunes iOS

 

Ringkasan: KoinWorks sebagai Solusi Investasi yang Tepat

Sebagai platform investasi P2P Lending mumpuni di Indonesia, KoinWorks menawarkan:

  1. Keamanan berinvestasi dengan analisa komprehensif terhadap data para peminjam dan jaminan Dana Proteksi.
  2. Fleksibilitas dalam menentukan pilihan berinvestasi.
  3. Return Rate yang tinggi ketimbang rata-rata yang ditawarkan oleh lembaga investasi konvensional.
  4. Kemudahan untuk diversifikasi.
  5. Semua orang bisa menjadi investor mulai dari Rp 100.000,-
  6. Kemudahan investor dalam menganalisa data peminjam sebelum melakukan pendanaan.
  7. Credit Scoring yang jelas dan lengkap, terutama dalam menentukan jangka waktu.
  8. Ada banyak tujuan peminjaman yang tersedia.
  9. Kontrol penuh dalam berinvestasi, di mana setiap investor dapat menentukan untuk tujuan apa dananya akan diinvestasikan.
  10. Dukungan layanan yang cepat tanggap. Dan masih banyak lagi.

Penutup

KoinWorks sebagai pionir Fintech Lending Indonesia yang secara aktif mengikuti arahan regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini sangat memperhitungkan keamanan investasi yang mumpuni bagi lebih dari 2000 investor yang saat ini sudah aktif mendanai.

Dengan teknologi machine learning berbasis algoritma yang terus dikembangkan, KoinWorks saat ini berhasil menduduki tempat terbaik bagi investasi P2P Lending yang tersedia di Indonesia.

BACA JUGA:  Fashion Blog: Combine Yours with The Trends

Keuntungan berinvestasi dengan bunga yang tinggi, proses cepat dan aman terus diberikan demi meningkatkan kenyamanan investasi bagi para investor. Investasi P2P Lending di KoinWorks sangat cocok untuk pemula, tak terkecuali bagi yang sudah berpengalaman sekalipun.

Bersama KoinWorks, kita juga bisa bahu-membahu memenuhi kebutuhan peminjam untuk kebutuhan bisnis, pendidikan, dan juga kesehatan dengan semangat gotong-royong.

Daftar sekarang menjadi Pendana di KoinWorks dan mulai berinvestasi dengan nominal kecil mulai dari Rp 100.000,-.

REVIEW OVERVIEW
Jaminan Keamanan
Fleksibilitas
UI/UX Bagi Investor
Kemudahan Diversifikasi
Return Rate
Nominal Minimum Investasi
Proses Pendaftaran
Layanan Bantuan
SHARE
Artikel SebelumnyaTips Belajar Main Gitar untuk Pemula
Artikel SelanjutnyaPrinter Canon Terbaru – Kelebihan & Kekurangan
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

TINGGALKAN KOMENTAR