Sponsored by:

Apa Itu Reksadana Dan Manager Investasi – Kata reksadana mungkin kebanyakan masyarakat indonesia pernah mendengarnya. Atau bahkan sering mendengarnya.

Namun sangat mungkin jika mereka belum mengetahui apa itu reksadana dan cara membelinya.

Mereka pernah mendengarnya karena sering disebut baik di media elektronik ataupun ditulis di media cetak.

Apa Itu Reksadana Dan Manager Investasi?

Reksadana adalah bentuk usaha di bidang investasi modern dengan membeli saham, obligasi, portofolio efek, dan bentuk investasi modern lainnya.

Selain membutuhkan modal uang dengan nominal yang besar, dibutuhkan juga pengetahuan, pengalaman, dan jaringan yang kuat untuk mengelola investasi tersebut.

Apabila berpedoman pada penjelasan di atas tentang apa itu reksadana, paling tidak dibutuhkan dua komponen penting pada reksadana.

Kedua komponen penting tersebut adalah modal uang yang sangat besar dan perusahaan pengelola yang benar-benar dapat mengelola investasi tersebut hingga menguntungkan.

Perusahaan pengelola reksadana disebut dengan istilah manager investasi. Namun, tidak sembarangan untuk menjadi sebuah perusahaan manager investsi reksadana. Karena pemerintah pun campur tangan dalam hal ini.

BACA JUGA:  Review Shopify: Membuat Toko Online dengan Mudah

Karena reksadana melibatkan permodalan dari masyarakat luas yang berpotensi memicu keresahan masyarakat apabila wewenang untuk mengelola reksadana disalahgunakan atau tidak dikelola sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sebuah lembaga bentukan pemerintah yang mengawasi perkembangan reksadana di Indonesia adalah OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Salah satu perusahaan manager investasi yang sudah memiliki ijin operasional mengelola reksadana di Indonesia adalah PT BNP Paribas Investmen Partner.

Salah satu upaya BNP Paribas untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang reksadana terbaik sehingga masyarakat tertarik untuk berinvestasi pada produk reksadana, BNP Paribas memanfaatkan penggunaan smartphone di Indonesia yang semakin marak digunakan.

Caranya yaitu dengan menggandeng im3 oreedoo dengan program “Aku Bisa Investasi”. Dengan program ini, masyarakat luas apapun profesinya dapat membeli prodik reksadana yang sangat terjangkau lewat smartphone-nya.

Jika saja semua masyarakat Indonesia tertarik untuk mengikuti investasi reksadana, tentu sangat menghasilkan modal investasi yang sangat besar jumlahnya.

Bayangkan saja jika dari 250 ribu jiwa, setengah saja yang mengikuti produk reksadana yang bernilai 100.000 saja, maka akan tekumpul Rp 25.000.000.000.

BACA JUGA:  Tips Membuat Susu Balita untuk Si Buah Hati

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here