10 Browser Terbaik untuk PC, Android, dan iOS – Sebuah browser memiliki peranan penting dalam mengakses world wide web (www) yang terhubung ke dunia internet.

Sangkin pentingnya, minimal satu perangkat yang kita miliki, entah itu perangkat PC Windows, Mac, Android hingga iOS sekalipun pasti paling tidak memiliki browser di dalamnya.

Dari sekian banyak browser yang kini telah tersedia dan dapat digunakan secara gratis, tentu ada baiknya kita memilih browser terbaik di antara browser yang ada.

Browser terbaik dalam artian kecepatan, dukungan ekstensi untuk memaksimalkan penggunaan, dukungan dari pengembang dalam hal software update, dan sebagainya.

Browser terbaik juga bisa dilihat dari keamanannya, ketangguhan serta kemudahan penggunaannya.

Baca Juga: 5 Aplikasi Antivirus Terbaik Untuk Android

Dalam artikel ini, paling tidak tersedia 10 browser terbaik yang dapat Anda gunakan di berbagai perangkat.

Apa saja? Simak artikel ini hingga selesai.


10 Browser Terbaik untuk PC, Android, dan iOS

I. Browser Terbaik untuk PC Windows dan Mac

1Google Chrome

Browser Terbaik untuk PC, Android, dan iOS - google chrome

Browser yang dikembangkan oleh raksasa internet Google ini terbilang yang paling populer di antara semua browser yang ada.

Baca Juga: 5 Platform Pembuat Chatbot Terbaik yang Harus Digunakan Sekarang

Bukan tanpa alasan, dukungan Google sendiri yang secara eksklusif mengembangkan browser ini menjadi salah satu kunci kenapa ia lebih dipercaya sebagai browser utama untuk digunakan.

Chrome menjadi hegemoni di pasar browser dunia, dengan menguasai 60% dari total pengguna di seluruh dunia. Angka yang fantastis!

Sebagai salah satu browser terbaik untuk PC, Chrome tentu saja memiliki beragam fitur tangguh yang membuatnya selalu berada di urutan teratas browser terbaik.

Baca Juga: 5 Software Video Editor Gratis Terbaik untuk Windows

Salah satu fitur yang sangat saya sukai dari Chrome adalah fitur profile management di mana saya dan pengguna lain bisa menggunakan satu browser yang sama dengan masing-masing akun (profil) tanpa harus khawatir bahwa riwayat penggunaan dan data sensitif lainnya diketahui oleh pengguna lain, meski sama-sama menggunakan Chrome di perangkat yang sama.

Selain itu, dengan profil kita sendiri, kita bisa menyingkronkan berbagai data seperti bookmark, data pencarian, pengaturan preferensi browser (bahasa yang digunakan dan sebagainya, di Chrome yang terpasang di perangkat lain, semisal Android maupun iOS.


2Mozilla Firefox

Saingan terdekat Google Chrome adalah Mozilla Firefox. Meski Chrome hadir menguasai pasar browser dunia, masih banyak pengguna Firefox yang setia menggunakannya.

Baca Juga: 5 Tool Gratis Untuk Membuat Postingan Gambar Media Sosial

Mozilla Firefox juga dianggap sebagai salah satu browser alternatif Chrome yang wajib untuk digunakan.

Berbagai fitur canggih di setiap pembaharuannya menjadi alasan utama mengapa begitu banyak pengguna setia yang menolak beralih darinya.

Tampilan UI-nya juga menjadi salah satu faktor, selain itu, kemudahan penggunaan yang ditawarkannya meski sudah berganti-ganti tampilan tetap menjadi faktor pendorong utama bahwa pengguna tetap familiar dengan seluruh fiturnya.


3Microsoft Edge: Browser Terbaik di Windows 10

Browser Terbaik untuk PC, Android, dan iOS - microsoft edge

Pengguna Windows 10 pastinya sudah akrab dengan browser yang satu ini. Secara default, Microsoft Edge akan terpasang di Windows 10.

Baca Juga: Cara Mencari Password WiFi Dengan CMD di Windows

Selain menjadi pengganti utama browser lawas Windows yakni Internet Explorer, Microsoft Edge sebenarnya menawarkan berbagai fitur canggih dan jauh lebih cepat dari pendahulunya.

Dengna kata lain, Microsoft Edge adalah bagian dari inovasi termutakhir Microsoft dalam memperbaharui Internet Explorer.

Baca Juga: 5 Alternatif Notepad Terbaik Untuk Windows yang Wajib Digunakan

Fitur-fitur menarik yang ada di dalamnya yang saya pribadi suka antara lain fitur menulis catatan, pratinjau isi tab, mode baca, dan tampilan minimalisnya.


4Vivaldi

Browser pendatang baru ini mungkin masih kurang dikenal dibandingkan tiga browser lain yang sudah disebutkan sebelumnya.

Baca Juga: 5 Software Edit Gambar dan Foto Gratis untuk Windows

Ya, Vivaldi memang baru berusia tiga tahun di tahun 2019 ini. Meski begitu, berbagai fitur yang dimilikinya membuatnya mampu disejajarkan dengan tiga browser terbaik untuk PC yang sudah disebutkan di atas.

Yang paling saya suka dari Vivaldi adalah karena kemudahan yang ditawarkannya dalam hal kustomisasi. Kita bisa mengatur hampir segala elemen yang ada di dalamnya sesuai preferensi kita.

Baca Juga: 5 Website Untuk Download Software Windows Gratis, Legal dan Aman

Dan bila Anda sudah akrab dengan Chrome, menggunakan Vivaldi tentu akan menjadi lebih mudah. Belum lagi ekstensi yang ada di Chrome juga bisa digunakan di Vivaldi.

Untuk urusan kecepatan, jangan pernah meragukan browser yang satu ini.


II. Browser Terbaik untuk Android

Selain Chrome dan Mozilla, berikut browser terbaik untuk Android yang mungkin layak untuk Anda coba:

5Opera

browser android terbaik - opera

Browser yang satu ini mungkin sudah terkenal bagi pengguna PC. Tetapi, versi Android yang ditawarkan tidak kalah bagusnya.

Opera menjadi salah satu browser Android terbaik yang sangat saya rekomendasikan. Yang paling membuat saya menyukainya adalah fitur built-in VPN yang ditawarkan sehingga kita bisa mengakses berbagai situs yang diblokir oleh pemerintah.


6UC Browser

browser android terbaik - uc browser

UC Browser juga menjadi salah satu browser Android terbaik pilihan saya. Alasan utamanya adalah karena kemampuannya untuk memuat halaman situs di background sehingga lebih cepat untuk termuat saat kita membukanya.

Selain itu, fitur yang sering saya gunakan adalah fitur menghemat paket data yang ada di dalamnya.


7Via Browser

Pernah dengar nama browser Android terbaik yang satu ini? Namanya mungkin masih kurang populer. Tetapi, kelebihannya akan membuat Anda berpikir untuk beralih padanya.

Baca Juga: Trik Youtube: Trik di Balik URL Youtube yang Harus Digunakan

Via Browser menawarkan berbagai kelebihan antara lain ukurannya yang ringan, kesederhanaan tampilan, kemampuan browsing yang cepat, hingga fitur pendukung yang lengkap dan serba canggih.

Dari menu Settings, Anda bisa merubah berbagai pengaturan yang dapat disesuaikan dengan preferensi Anda. Harus dicoba!


III. Browser Terbaik untuk iOS

Beberapa browser yang sudah disebutkan di atas juga bisa Anda gunakan di perangkat iOS keluaran Apple.

Baca Juga: 5 Aplikasi Gratis untuk Belajar Gitar, Download Sekarang!

Selain Safari dan beberapa browser yang sudah disebutkan, sebagai tambahan, berikut beberapa browser terbaik iOS yang bisa dipertimbangkan:

8Dolphin Mobile Browser

browser ios terbaik - dolphin browser

Bagi Anda yang bosan dengan Safari, Dolphin punya banyak sekali fitur yang cocok untuk pengguna seperti Anda sehingga bisa menjadi browser iOS terbaik alternatif Safari.

Baca Juga: 5 Cara Download Video Youtube Gratis

Ada banyak sekali fitur yang mampu menyederhanakan penggunaan, antara lain mengakses berbagai situs dengan fitur gestur, fitur Dolphin Sonar, dan masih banyak lagi.

Yang juga tak kalah penting adalah kemampuannya untuk menjelajahi berbagai situs dengan lebih cepat.


9Puffin Browser

browser ios terbaik - puffin browser

Fitur utama yang menonjol dari salah satu browser iOS terbaik ini adalah kecepatan akses saat menggunakannya.

Baca Juga: 5 Aplikasi Populer Versi Lite Untuk Menghemat RAM dan Storage

Jadi ketika menggunakan Puffin saat menjelajahi internet, Anda akan sangat merasakan kecepatan akses yang ditawarkannya, terlepas dari kecepatan koneksi internet itu sendiri.

Yang lebih menarik, Anda juga bisa dengan mudah mengakses situs yang mengandung Flash karena di Puffin Browser tersedia built-in Flash Player.


10Ghostery

Sebelum menjadi alternatif browser iOS terbaik selain Safari, Ghostery merupakan salah satu ekstensi atau add-on untuk memblokir iklan.

Baca Juga: Cara Download Status WhatsApp di Smartphone Anda

Seiring berkembangnya teknologinya dan dukungan para pengembangnya, Ghostery berevolusi menjadi salah satu browser iOS terbaik alternatif Safari.

Fitur lain yang tak kalah penting adalah kemampuannya untuk menjaga keamanan data dan privasi Anda saat menjelajhi web, memblokir iklan terutama yang mengandung unsur skrip berbahaya, dan tentu saja menawarkan browsing yang lebih cepat.


10 Browser Terbaik untuk PC, Android, dan iOS: Kesimpulan

Nah, itulah 10 browser terbaik untuk PC, Android dan iOS yang bisa Anda gunakan sekarang juga.

Untuk lebih jelasnya, mungkin Anda perlu mencobanya satu per satu di setiap perangkat Anda untuk menentukan sendiri mana browser yang paling layak disebut sebagai ‘browser terbaik’ lintas perangkat.

Dari 10 daftar browser di atas, manakah yang menjadi andalan Anda? Silakan bagikan browser terbaik versi Anda di kolom komentar.

Semoga informasi ini bermanfaat!

hostinger hosting terbaik

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.