5 Notepad Terbaik Untuk Windows yang Wajib Digunakan – Aplikasi Notepad default milik Windows sudah lama tersedia. Notepad yang fungsinya sebagai text editor dengan tampilan yang sangat sederhana menjadi keunggulan Windows.

Perlu diketahui, Notepad default yang ada di Windows sudah memasuki dekade ke-4, artinya kurang-lebih sudah 40 tahun tersedia di Windows.

Baca Juga: 5 Aplikasi Password Manager Terbaik yang Harus Digunakan

Hanya saja, sudah tersedia dalam waktu yang lama bukan berarti Notepad menjadi aplikasi unggulan yang biasa digunakan para pengguna.

Sekarang ini, sudah banyak sekali alternatif Notepad terbaik untuk Windows yang tentunya wajib Anda gunakan.

Apa saja Notepad terbaik untuk Windows? Simak berikut ini:

5 Alternatif Notepad Terbaik Untuk Windows yang Wajib Digunakan

1. Notepad++

Notepad Terbaik Untuk Windows - notepad++

Notepad++ merupakan alternatif Notepad terbaik untuk Windows yang paling populer di seluruh dunia. Secara garis besar mungkin tampilan dan kegunaan Notepad++ dengan versi default memiliki banyak kemiripan.

Baca Juga: 5 Software Edit Gambar dan Foto Gratis untuk Windows

Hanya saja, Notepad++ dilengkapi dengan fitur untuk me-render bahasa pemrograman karena aplikasi yang satu ini aslinya dibuat untuk kebutuhan coding dan pengembangan IT.

Seiring berkembangnya Notepad++, mereka yang membutuhkan text editor dengan fitur yang lengkap tentu cocok menggunakannya.

2. Sublime Text 2 & 3

Alternatif Notepad Terbaik Untuk Windows - sublime text

Utamanya, Sublime Text (terutama versi 2 dan 3) kerap dijadikan text editor untuk kepentingan programming. Akan tetapi, Sublime Text pun bisa menjadi alternatif Notepad terbaik untuk Windows.

Baca Juga: Gunakan Banyak Aplikasi Chatting Sekaligus Hanya Dengan Satu Software

Saya pribadi menjadikan Sublime Text sebagai senjata utama untuk kepentingan developing WordPress. Menariknya, meski memang dikhususkan untuk kepentingan coding, Sublime Text bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Tergantung Anda sebagai penggunanya, apapun yang Anda inginkan dari Sublime Text bisa dipenuhi, apalagi untuk text editor standar.

3. PSPad

Alternatif Notepad Terbaik Untuk Windows - pspad

PSPad pertama kali dirilis tahun 2001. Sama seperti yang lainnya, text editor yang satu ini cocok digunakan untuk kegiatan programming.

Karena sudah cukup ‘senior’, banyak sekali programmer profesional yang mengandalkan PSPad dan banyak plugin yang bisa digunakan untuk menambah sisi fungsionalnya.

Baca Juga: Begini Caranya Menjadikan Laptop Sebagai WiFi Hotspot

Mungkin Anda baru kali ini mendengar eksistensinya, tapi jangan salah, PSPad ini mampu bersaing dengan Notepad++ dan menjadi salah satu alternatif Notepad terbaik untuk Windows yang paling banyak digunakan.

4. QOwnNotes

Alternatif Notepad Terbaik Untuk Windows - QOwnNotes

Banyak keperluan seperti membuat daftar kegiatan, perencanaan, dan catatan-catatan sederhana lainnya bisa dimanfaatkan dengan text editor sekelas Notepad.

Hanya saja, ada beberapa fitur yang kurang sehingga QOwnNotes kerap dijadikan solusi, meskipun alternatif lainnya untuk hal-hal tersebut sudah diatasi oleh aplikasi semacam Evernote, OneNote, dan sebagainya.

Baca Juga: Cara Mencari Password WiFi Dengan CMD di Windows

QOwnNotes juga kerap digunakan untuk membuat transkrip, naskah, bahkan subtitle. Fiturnya lengkap untuk keperluan sederhana maupun yang lebih spesifik lagi dengan tampilan yang minimalis dan mudah digunakan.

5. Visual Studio

Alternatif Notepad Terbaik Untuk Windows - visual studio

Visual Studio juga merupakan salah satu text editor alternatif Notepad terbaik untuk Windows yang mulai mendapatkan popularitas, terutama di antara para programmer.

Aplikasi open-source milik Microsoft yang satu ini memang terbilang lengkap, apalagi terus dikembangkan oleh para developer yang tergabung dalam berbagai komunitas yang setia menggunakannya.

Baca Juga: Cara Upload Foto ke Instagram Lewat Komputer atau Laptop Tanpa Software

Tak hanya untuk kepentingan programming, Visual Studio juga bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan, sebut saja digunakan sebagai buku diary.

Nah, itulah 5 dari sekian banyak aplikasi alternatif Notepad terbaik untuk Windows yang wajib untuk digunakan, terlepas dari apapun keperluan Anda.

Bagaimana dengan Anda? Apa text editor alternatif Notepad yang menjadi andalan Anda dalam kegiatan sehari-hari? Jangan sungkan untuk merekomendasikannya lewat kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.