5 Aplikasi Populer Versi Lite Untuk Menghemat RAM dan Storage – Ukuran RAM dan storage yang rendah pada smartphone Android, terutama yang versi lama, cenderung mengganggu aktivitas dalam menggunakan smartphone Android.

Tidak bisa dipungkiri bahwa ada banyak sekali aplikasi yang menunjang aktivitas sehari-hari, baik dalam berkomunikasi maupun berseluncur di media sosial.

Hanya saja, ukuran RAM dan storage yang tidak terlalu besar kerap menjadi kendala, terutama bagi smartphone yang sudah agak ‘tua’.

Selain membuat smartphone menjadi lebih lambat, banyaknya aplikasi yang dibutuhkan pun membuat kapasitas penyimpanan menjadi sangat rendah.

Hal tersebut pun terkadang membatasi penggunanya untuk menyimpan file baru seperti foto dan video hingga menginstall aplikasi lainnya.

Nah, dari sekian banyak aplikasi yang terpasang di smartphone Android Anda yang mungkin sangat diperlukan, ada alternatif untuk menghemat RAM dan kapasitas penyimpanan smartphone Anda.

Baca Juga: 6 Aplikasi Ini Bisa Membuat Baterai Android Jadi Boros

Banyak di antara Anda yang mungkin memilih root demi menghapus aplikasi yang crapware yang tidak berguna. Selain cara ekstrim tersebut, Anda mungkin harus mulai menggunakan aplikasi populer versi lite demi menghemat kapasitas penyimpanan.

5 Aplikasi Populer Versi Lite Untuk Menghemat RAM dan Storage

1. LINE Lite

Aplikasi Populer Versi Lite - line lite

LINE Messenger, sebuah aplikasi chat yang sangat populer di kalangan anak muda, memang menjadi salah satu aplikasi populer di Indonesia. Penggunanya pun mencapai jutaan orang.

Baca Juga: Cara Mengganti Kualitas Gambar di LINE Messenger

Hanya saja, LINE Messenger bisa menyedot kapasitas penyimpanan dengan jumlah yang sangat besar, belum lagi bila Anda menyimpan theme atau sticker dengan jumlah yang besar.

Demi membantu Anda menghematnya, LINE Corp. pun meluncurkan LINE versi Lite bagi Anda yang memiliki RAM dan storage yang terbatas. Fitur yang tersedia pun tidak jauh berbeda dari sang ‘induk’ dan pastinya jauh lebih ringan.

2. Facebook Lite

Aplikasi Populer Versi Lite - facebook lite

Belum tahu kalau aplikasi populer sekelas Facebook memiliki versi Lite? Ya, Facebook Lite hadir bagi mereka yang kerap mengalami lag saat menggunakan aplikasi Facebook.

Baca Juga: 10 Fitur Terbaru Instagram yang Perlu Anda Ketahui

Fitur yang ditawarkan Facebook Lite ini dijamin mampu menghemat pemakaian RAM, menggunakan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih sedikit, dan tentunya membuat baterai Anda terhindar dari kata boros alias jauh lebih hemat baterai.

3. Facebook Messenger Lite

Aplikasi Populer Versi Lite - facebook messenger lite

Tidak hanya menghadirkan aplikasi versi Lite untuk aplikasi utama Facebook, pihak media sosial terbesar ini pun menghadirkan versi Lite untuk aplikasi chatting-nya.

Baca Juga: Joox VIP: Dapatkan Akun VIP Joox Selama 35 Hari, Gratis!

Fungsinya sama saja dengan aplikasi utamanya, hanya saja Facebook Messenger Lite membuat smartphone Android Anda jauh lebih ringan dan hemat baterai.

4. Twitter Lite

Aplikasi Populer Versi Lite - twitter lite

Meski sudah mulai kehilangan popularitas di tengah-tengah pecinta media sosial tanah air, tidak bisa dipungkiri bahwa Twitter masih menjadi primadona bagi banyak orang.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Smartphone Android Cepat Panas

Bagi Anda yang masih suka bermain Twitter, terutama dalam menyedot informasi dengan lebih cepat dari yang lain, Twitter Lite bisa membantu Anda untuk berseluncur sembari menghemat RAM dan storage smartphone Anda.

5. Skype Lite

Aplikasi Populer Versi Lite - skype Lite

Di sisi lain, Skype pun menghadirkan aplikasi versi Lite. Baik video call, chatting, atau voice calling, Skype Lite menawarkan semuanya kepada Anda.

Meskipun berlabel ‘Lite’, bukan berarti Skype Lite ini kurang powerful. Malah Skype Lite bisa memberikan kemudahan bagi Anda yang memang senang menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari.

Baca Juga: Perkenalkan Aplikasi Steller: Berbagi Cerita Secara Visual

Nah, itulah 5 aplikasi populer versi Lite yang bisa Anda gunakan sekarang juga. Adakah aplikasi versi Lite lain yang menjadi favorit Anda dan sangat direkomendasikan? Silakan bagikan lewat kolom komentar di bawah ini.

Gunakan sekarang dan semoga bermanfaat!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.