Sponsored by:

Tips Merawat Gitar Elektrik dan Hal yang Harus Dihindari – Gitar merupakan salah satu alat musik yang paling banyak dipakai orang. Suaranya yang khas serta dapat dikombinasikan dengan alat musik lain, membuat gitar menjadi populer.

Memainkan gitar sangat mudah jika ingin mempelajarinya. Umumnya gitar terdiri dari 2 jenis, yaitu gitar akustik, gitar elektrik.

Gitar akustik ialah gitar yang dimana suarayang dihasilkannya berasal dari senar gitar yang dipetik. Gitar akustik biasanya berbahan dasar kayu, sehingga membuat gitar akustik tidak berat saat memainkannya.

Gitar akustik biasanya dimainkan untuk jenis musik jazz, pop, blues, klasik, dan jenis musik bertempo rendah lainnya.

Gitar akustik tidak memerlukan alat elektronik lain ketika ingin memainkannya. Karena suara yang dihasilkan berasal dari senarnya.

Gitar elektrik adalah gitar yang menggunakan pick up yang berfungsi sebagai pengubah bunyi dan getaran, dan suaranya dapat keluar jika disambungkan pada speaker atau amplifier.

Berbeda dengan gitar akustik, gitar elektrik dapat dimainkan ke lebih banyak jenis musik, seperti rock, jazz, pop, metal, blues, dan lain-lain.

Gitar elektrik juga memiliki beragam macam efek yang dapat digunakan untuk menambah variasi permainan.

Tips Merawat Gitar Elektrik

Gitar elektrik merupakan salah satu alat musik yang banyak dimainkan orang. Biasanya gitar ini dimainkan oleh salah seorang personel dalam sebuah band, tak terkecuali permainan individu.

Sistemnya yang elektrik membuat gitar ini harus diberi perhatian khusus agar gitar elektrik Anda tidak rusak. Berikut beberapa tips merawat gitar elektrik Anda.

1. Bersihkan Bagian Gitar

Setelah Anda menggunakan gitar elektrik, usahakan bersihkan terlebih dahulu sebelum disimpan. Karena banyak kotoran yang menempel pada gitar setelah dimainkan seperti debu dan keringat.

Bersihkan seluruh bagian gitar Anda menggunakan kain lap yang lembut. Jika perlu gunakan cairan khusus pembersih gitar, agar gitar ada selalu tampil berkilau.

Untuk bagian logam pada gitar, lap menggunakan kain kering, supaya bagian logam tersebut tidak berkarat.

2. Perawatan Pada Bagian Logam

Pada bagian logam gitar elektrik membutuhkan perawatan khusus. Bagian logam pada gitar elektrik seperti driyer, putaran turning, baut, dan bahan logam lainnya.

Anda dapat menggunakan minyak goreng yang masih bersih untuk membersihkan bagian-bagian tersebut.

Minyak goreng yang bersih dapat membuat bagian-bagian logam tersebut tampak berkilau dan dapat memperlambat proses berkarat.

Jika perlu Anda dapat menggunakan cairan pembersih karat pada bagian-bagian logam tersebut.

3. Perawatan Senar

Senar adalah komponen penting dalam gitar elektrik. Senar merupakan penghasil suara jenis gitar manapun.

Jika Anda tidak menggunakan gitar elektrik pada waktu yang lama, sebaiknya lepas senar gitar agar kondisi senar gitar dapat terjaga.

4. Simpan Gitar

Simpanlah gitar di tas gitar jika Anda memilikinya. Jika Anda tidak memilikinya simpanlah gitar di tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung. Sinar matahari dapat membuat kualitas gitar elektrik menurun, serta cat pada gitar dapat terkelupas.

5. Pemasangan Senar

Pasang senar gitar elektrik secara berurutan. Karena jika tidak berurutan kemungkinan senar terpasang tidak akan rapi.

Jangan memasang senar terlalu kendur dan terlalu kencang. Jika senar yang akan dipasang terlihat kusut, luruskanlah terlebih dahulu sebelum memasangnya.

Hal yang Wajib Dihindari dalam Perawatan Gitar Elektrik

Anda pasti menginginkan kondisi gitar elektrik Anda selalu dalam keadaan baik. Baik segi kualitas suara yang dihasilkan atau tampilan gitar tersebut. Beberapa hal di bawah ini wajib dihindari dalam merawat gitar elektrik Anda.

Jangan membersihkan kotoran yang ada pada gitar menggunakan cairan yang merusak cat, body, atau bagian gitar lainnya.

Seperti tiner, alkohol, minyak esensial, terpetin, dan cairan keras lainnya. Selanjutnya jangan meletakkan gitar listrik Anda di lantai. Lantai dapat membuat gitar Anda menjadi lembab, yang dapat menumbuhkan jamur pada gitar.

Jangan menaruh gitar elektrik Anda secara sembarangan. Jika menaruhnya secara sembarangan, stang gitar dapat bengkok, goresan dimana-mana, dan dapat membuat suara gitar berubah.

Selanjutnya jangan menggantung gitar di tembok, karena tembok juga dapat mengakibatkan lembab pada gitar Anda, dan tumbuhnya jamur. Sebaiknya letakkan di stand gitar yang dapat dibeli di toko alat musik.

Perbedaan antara Gitar Elektrik dan Gitar Akustik

Jenis musik yang dimainkan seseorang berbeda-beda. Itu menyebabkan jenis alat musik yang dimainkan pun berbeda. Gitar pun memiliki beberapa jenis yang jenis musiknya berbeda, yaitu gitar elektrik dan gitar akustik. Berikut adalah perbedaan gitar elektrik dan gitar akustik.

Kelebihan gitar elektrik adalah kegunaannya yang dapat memainkan berbagai jenis musik seperti pop, blues, jazz, reggae, metal, country, rock, dan lain-lain. Serta gitar electrik dapat menghadirkan beberapa efek saat dimainkan, yang bisa menyesuaikan dengan banyak jenis musik.

Selanjutnya kelebihan dari gitar elektrik yaitu banyaknya teknik gitar yang dapat dimainkan. Selain itu, gitar elektrik dapat membuat permainan gitar elektrik lebih beragam dan atraktif dibandingkan gitar akustik.

Gitar elektrik pun dapat disambungkan ke amplifier atau berbagai macam efek, yang membuat pengalaman memainkan gitar listrik semakin beragam.

Namun kekurangan dari gitar elektrik yaitu karena adanya berbagai macam efek dan teknik memainkannya. Membuat sebagian orang merasa bahwa suara yang dihasilkan dari gitar elektrik tidak alami, dan terkesan terlalu digital.

Selain itu gitar elektrik tidak dapat menghasilkan suara jika tidak disambungkan ke speaker, menyebabkan pengeluaran untuk dapat memainkan gitar elektrik semakin besar.

Selanjutnya ke gitar akustik. Kelebihan dari gitar akustik yaitu terletak pada suara yang dihasilkannya. Suara yang dihasilkan dari gitar akustik lembut dan lebih natural.

Sehingga gitar akustik sangat cocok dimainkan dengan lagu yang berirama rendah seperti jazz, pop, keroncong, dan klasik.

Serta gitar akustik bisa memunculkan suasana yang lebih menenangkan atau romantis. Dan, tentunya gitar ini mudah dibawa kemanapun dan dimainkan kapanpun karena cukup ringan.

Namun kekurangan dari gitar akustik yaitu jenis musik yang dapat dimainkan gitar ini sangatlah sedikit.

Sehingga tidak dapat mengikuti perkembangan musik saat ini yang lebih condong kearah digital. Serta kurang beragamnya teknik yang dapat dimainkan pada gitar akustik, membuat gitar ini terkadang membosankan.

Kesimpulannya, gitar elektrik memiliki kelebihan pada berbagai macam efek dan teknik yang dapat dimainkannya.

Selain itu gitar elektrik dapat dimainkan diberbagai jenis musik, namun sebagian orang beranggapan bahwa suara yang dihasilkan dari gitar elektrik tidak natural dan terlalu digital. Namun begitu, kembali lagi ke selera Anda sebagai pecinta gitar listrik, hendak memilih yang mana.

Gitar elektrik menjadi salah satu alat musik yang banyak dimainkan orang. Banyaknya efek serta dapat dimainkan diberbagai jenis musik, membuat gitar ini menjadi sangat populer.

Ditambah dengan banyaknya personel dari band-band terkenal yang menggunakannya. Namun jangan lupa untuk selalu merawat dan menjaga gitar elektrik Anda, supaya kualitas suara yang dihasilkan tetap baik.

2 KOMENTAR

  1. makasih artikelnya sangat bermanfaat sekali. ditunggu artikel menarik lainnya ya. Sukses selalu. kunjungi juga website kami

  2. makasih artikelnya sangat bermanfaat sekali. ditunggu artikel menarik lainnya ya. Sukses selalu. kunjungi juga website kami

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.