Begini Caranya Menjadikan Laptop Sebagai WiFi Hotspot – Internet kini menjadi kebutuhan krusial dari berbagai segi aktivitas harian. Tak cukup di komputer/laptop, internet juga tentu saja diperlukan di smartphone yang selalu ada bersama kita menemani aktivitas harian.

Meski banyak kartu seluler yang sekarang ini mendukung berbagai macam paket internet terjangkau, menggunakan Wifi bisa menjadi penghemat kuota internet kita. Nah, bagaimana jika Anda kehabisan kuota internet di smartphone dan satu-satunya sumber internet adalah internet yang terhubung di laptop Anda?

Ya, Anda bisa menjadikan laptop sebagai Wifi hotspot, dan kemudian membagikan jaringan internet tersebut ke berbagai macam perangkat entah itu smartphone maupun tablet.

Tentunya ada beragam metode yang bisa Anda coba untuk menjadikan laptop sebagai Wifi hotspot. Dalam artikel ini ada dua cara utama yang dijelaskan, dengan atau tanpa software.

Metode 1: Cara Menjadikan Laptop Sebagai WiFi Hotspot dengan Command Prompt di Windows 7 ke Atas

Jika Anda punya laptop atau komputer dengan OS Windows 7 atau versi sesudahnya, Anda bisa mencoba metode manual dengan menggunakan Command Prompt (CMD).

Cara ini memang sedikit ribet, namun Anda bisa menghemat memori laptop Anda karena Anda tidak perlu software tambahan untuk diinstall dan digunakan.

Nah, pertama-tama, pastikan bahwa Wifi Anda sudah ON. Selanjutnya, silahkan ikut beberapa langkah sederhana berikut:

1. Buka Command Prompt sebagai Administrator (Run as Administrator). Di Windows 10 tinggal tekan saja tombol Windows + X, kemudian dari menu popup silahkan pilih Command Prompt (Admin).

Menjadikan Laptop Sebagai WiFi Hotspot - 1

2. Nah sekarang kita langsung mulai membuat Wifi hotspotnya. Copy kode di bawah ini dan Paste ke dalam Command Prompt:

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=seniberpikircom key=passwordwifi

 

BACA JUGA:  Cara Melihat Daftar Software yang Terinstall di Windows

Yang perlu Anda perhatikan dan ubah adalah tulisan yang berwarna merah. Isi SSID di atas (ganti seniberpikircom) menjadi nama Wifi sesuai keinginan Anda, ditambah dengan passwordwifi menjadi password yang Anda inginkan.

Jangan lupa, password harus berisi paling tidak 8 karakter. Pastikan juga password yang Anda gunakan sulit untuk ditebak agar terhindar dari pencurian koneksi Wifi.

Kemudian tekan Enter. Setelah itu Command Prompt akan mengatur kredensial Wifi yang Anda tentukan. Tunggu prosesnya hingga selesai.

Menjadikan Laptop Sebagai WiFi Hotspot - 2
Gambar: MakeTechEasier

3. Selanjutnya masukkan kode di bawah ini untuk mulai menggunakan Wifi:

netsh wlan start hostednetwork
Menjadikan Laptop Sebagai WiFi Hotspot - 3
Gambar: MakeTechEasier

4. Nah setelah bagian ini, seharusnya Wifi yang Anda setup sudah bisa digunakan. Silahkan gunakan, atau periksa terlebih dahulu di panel Network & Sharing Center, seperti gambar berikut:

Menjadikan Laptop Sebagai WiFi Hotspot - 4
Gambar: MakeTechEasier

Nah, jika Local Area Connection memberikan detil terkait nama Wifi/SSID yang tadi Anda tentukan, berarti Wifi hotspot telah disetup dengan benar dan bisa langsung digunakan.

Nah dengan metode pertama ini Anda sudah berhasil menjadikan laptop sebagai Wifi hotspot. Tidak perlu software pihak ketiga, kan?

Untuk menghentikan Wifi hotspot ini, masukkan kode berikut di Command Prompt:

netsh wlan stop hostednetwork

Dengan kode di atas maka Wifi hotspot yang Anda setup tadi bisa dihentikan ketika Anda tidak lagi menggunakannya, sekaligus menghemat kuota internet Anda.

Metode manual ini bisa Anda gunakan di laptop Windows dengan OS Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, hingga Windows 10.

Catatan:

  • Jika Anda ingin mengaplikasikannya di komputer, mungkin Anda akan membutuhkan Wifi router eksternal dalam bentuk USB.
  • Laptop versi lama tidak semuanya mendukung hostednetwork built-in, sehingga Anda juga mungkin akan membutuhkan Wifi router eksternal.
BACA JUGA:  Cool Websites: The Easiest Ways to Entertain Yourself

Metode 2: Cara Menjadikan Laptop Sebagai WiFi Hotspot Dengan Bantuan Software Pihak Ketiga

Jika Anda merasa ribet jika tiap kali harus menggunakan Command Prompt secara manual setiap kali ingin menjadikan laptop sebagai Wifi hotspot, maka Anda sama seperti saya.

Saya sendiri lebih menyukai software pihak ketiga untuk menjadikan laptop saya sebagai Wifi hotspot. Jika Anda juga tertarik dengan metode ini, maka berikut beberapa software (gratis) yang bisa Anda gunakan:

1. OStoto Hotspot (160Wifi)

Menjadikan Laptop Sebagai WiFi Hotspot - 5
OStoto Hotspot

Inilah software Wifi hotspot untuk Windows preferensi utama saya. Dengan ukuran yang kecil, desain sederhana dan penggunaan yang tepat sasaran, Ostoto Hotspot membuat upaya untuk menjadikan laptop sebagai Wifi hotspot menjadi sangat mudah dan cepat.

Anda tinggal install, masukkan SSID (nama Wifi) dan Password, dan tekan Turn Wifi On, Anda bisa langsung menggunakan Wifi dari koneksi laptop Anda. Jika ada yang diam-diam menggunakan koneksi internet Anda, Ostoto mengizinkan Anda untuk memblock perangkat tersebut.

2. Baidu Wifi Hotspot

Menjadikan Laptop Sebagai WiFi Hotspot - 6
Baidu Wifi Hotspot

Desain dan tampilan yang keren didukung dengan fitur Send & Receive File antara laptop dan perangkat Anda yang sama-sama terhubung dengan jaringan internet yang sama menjadikan Baidu Wifi Hotspot sebagai salah satu software Wifi hotspot untuk Windows yang sangat layak untuk digunakan.

Penggunaannya mudah, sama seperti OStoto, namun terdapat fitur ekstra yakni memungkinkan Anda untuk mentransfer file dari laptop ke perangkat mobile Anda atau sebaliknya dengan mudah.

3. MyPublicWifi

Menjadikan Laptop Sebagai WiFi Hotspot - 7
MyPublicWifi

Software hotspot ini terhitung user-friendly karena tampilan sederhana dan penggunaan yang sangat mudah. Sama seperti dua pilihan di atas, tinggal masukkan SSID dan Password kemudian Start, maka Anda bisa mulai menggunakan Wifi.

BACA JUGA:  Indonesia Penghasil Serangan Cyber Terbesar di Dunia

4. mHotspot

Menjadikan Laptop Sebagai WiFi Hotspot - mHotspot
mHotspot

Fungsi dan cara penggunaan tidak jauh berbeda dari software sebelumnya di daftar ini. mHotspot termasuk salah satu yang paling populer dan kerap dijadikan pilihan. Tersedia pula untuk perangkat Android.

5. My Wifi Router

Menjadikan Laptop Sebagai WiFi Hotspot -  My Wifi Router
My Wifi Router

Software gratis ini pun melengkapi daftar rekomendasi saya sebagai software pihak ketiga terbaik untuk menjadikan laptop sebagai Wifi hotspot.

Penggunaannya tak jauh berbeda dengan semua yang ada di daftar ini, sehingga Anda bisa langsung membuat koneksi Wifi dari laptop Anda dengan software ringan ini.


Jika Anda merasa masih kurang puas dengan daftar software rekomendasi saya di atas, berikut saya lengkapi lagi:

6. Virtual Wifi Router – My Router

7. Virtual Router – WiFi Hot Spot

8. WiFi HotSpot Creator

9. Seventh Gate

10. Maryfi


Kenapa Connectify yang notabene adalah software pihak ketiga paling populer dan paling banyak digunakan tidak saya sertakan dalam daftar di atas?

Secara keseluruhan Connectify sebagai sebuah software memang sangat bagus, koneksi Wifi yang dibagikan pun sangat stabil. Namun versi gratisnya menurut saya sama sekali tidak mampu mendukung kebutuhan internet saya di perangkat mobile.

Jika Anda ingin mencobanya silahkan klik link ini untuk mendownload Connectify. Versi premiumnya juga tersedia dan menurut saya tidak terlalu mahal untuk sebuah software berkualitas. Namun untuk urusan ini, saya lebih menyukai software gratis.

Penutup

Nah, itulah dua metode utama untuk menjadikan laptop sebagai Wifi hotspot yang bisa Anda coba sekarang juga.

Jika Anda tidak ingin membebani memori laptop silahkan pilih metode pertama. Namun jika Anda tidak ingin repot dengan cara manual, metode kedua cocok sekali dengan Anda.

SHARE
Artikel SebelumnyaPromo Hosting Niaga Hoster Juni 2016
Artikel Selanjutnya5 Aplikasi Antivirus Terbaik Untuk Android
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

TINGGALKAN KOMENTAR