Trimester Kedua Masa Hamil yang Menakjubkan – Seputar kehamilan trimester kedua sangat menyenangkan untuk diinformasikan.

Trimester kedua dimulai pada usia 13 minggu sampai 28 minggu atau bulan keempat, lima dan enam. Ibu hamil tidak akan lagi merasakan mual dan mutah.

Sebaliknya, selera makan kembali dan bahkan meningkat. Energi Anda pun akan jauh lebih terkumpul dibandingkan dengan trimester pertama lalu.


Trimester Kedua: 3 Hal yang Perlu Dilakukan di Masa Hamil

1Lakukan USG

Sama seperti trimester pertama, Anda juga harus melakukan cek kehamilan trimester kedua.

Bila terpaksa tidak bisa USG setiap bulan, setidaknya Anda melakukan sekali pemeriksaan pada setiap trimester kehamilan, dan pada trimester kedua ini Anda disarankan melakukannya pada usia kehamilan 20 minggu.

Dokter akan memeriksa perkembangan janin dan melihat apakah ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Bila beruntung, dokter Anda bisa melihat jenis kelamin bayi pada pemeriksaan USG, meski prediksi dokter sangat bisa keliru.


2Aktif Bergerak

Pada trimester kedua energi Anda sudah kembali. Maka, tidak ada alasan untuk bermalas-malasan di tempat tidur.

Berolahragalah, agar pertambahan berat badan Anda terkontrol. Di sepanjang masa kehamilan disarankan ibu hamil mengalami kenaikan berat badan sekitar 5 ons saja setiap minggunya. Untuk menghindari kelebihan berat, Anda harus berolahraga.


3Nutrisi Penting untuk Trimester Kedua

Pada trimester kedua kehamilan Anda harus menambah asupan kalori sebanyak 340 kalori sehari. Ini penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin Anda.

Jangan meyakini apa kata orang bahwa Anda harus makan 2 piring demi bayi Anda, karena akibatnya Anda bisa alami obesitas.

Banyak makanan berkalori tinggi, dan Anda Sulit memang menghitung kalori. Lalu, bagaimana caranya agar Anda tidak kebablasan?

Fokuslah pada kelompok makanan, bukan porsi makanan. Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan berkalori tinggi, karena ini bisa meningkatkan gula darah dan kolesterol Anda.

Lebih baik, konsumsi lebih banyak protein dan serat dan jangan lupa asupan vitamin zat besi. Menurut Molly Cleary, R.D, seorang ahli gizi dari New York Presbyterian Hospital, mengonsumsi sayuran yang kaya akan zat besi, vitamin C, dan kalsium sangat penting untuk ibu hamil.

Anda disarankan sering-sering makan jeruk, sayuran hijau, yoghurt dan susu rendah lemak. Jangan lupa untuk menambah asupan vitamin D, magnesium dan omega-3.

Pada trimester kedua, ibu hamil juga memerlukan nutrisi ini untuk menunjang perkembangan tulang dan otak bayi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.