Hal yang Harus Diperhatikan untuk Kamar Mandi – Kamar mandi bisa menjadi sangat tricky. Meskipun miliki space yang cenderung kecil, namun kamar mandi juga patut untuk diperhatikan kebersihannya.

Kamar mandi menjadi salah satu indikator kebersihan suatu rumah bahkan kepribadian si penghuni rumahnya juga. Bila kamar mandi bersih, berarti orang tersebut juga memiliki gaya hidup yang bersih pula.

Kamar mandi yang biasanya lembap juga memungkinkan untuk cepat tumbuh jamur maupun bakteri. Maka dari itu, sebaiknya kebersihan kamar mandi patut untuk senantiasa Anda perhatikan.

Tak hanya masalah kebersihannya saja, kamar mandi pun memiliki aturan-aturan tersendiri. Apa saja aturan tersebut?

Hal yang Harus Diperhatikan untuk Kamar Mandi

1. Ukuran Kamar Mandi

Jika Anda baru berencana membuat kamar mandi baru, ukuran kamar mandi oatut Anda pertimbangkan. Ukuran minimal kamar mandi rumah adalah 1,2 meter x 2 meter.

Ukuran ini ideal untuk dijadikan kamar mandi karena space tidak terlalu besar namun tetap bisa membuat orang di dalamnya bergerak bebas dan tidak begitu terbatas untuk aktivitas dalam kamar mandi.

BACA JUGA:  Tips Memulai Usaha kecil Jualan Bakso Dengan Cepat

Jika kamar mandi rumah Anda kurang dari ukuran minimal tersebut, sebaiknya Anda perluas karena ukuran tersebut juga berhubungan dengan kesehatan dalam kamar mandi.

2. Wajib Ada Ventilasi

Ventilasi wajib ada dalam kamar mandi Anda. Ventilasi penting sebagi tempat untuk pertukaran udara agar udara di dalam kamar mandi selalu fresh dan tidak pengap.

Selain itu, dengan adanya ventilasi juga bisa membantu pencahayaan untuk kamar mandi karena cahaya matahari bisa masuk melalui ventilasi.

3. Pilih Kamar Mandi Jenis Kering

Kamar mandi jenis kering dipercaya lebih sehat dibanding kamar mandi basah. Karena kamar mandi kering tidak ada air yang mengendap.

Air tersebut yang biasanya membuat udara kamar mandi menjadi lembap. Pilihlah peralatan kamar mandi untuk menunjang kamar mandi kering seperti toilet kering terbaru dengan jenis duduk dibanding jenis jongkok dan juga memisahkan ruang mandi dengan tempat toilet atau wastafel.

4. Pemilihan Material yang Tepat

Pemilihan material yang tepat bisa diterapkan untuk pemilihan ubin paa dinding dan ubin pada lantai. Untuk ubin pada dinding, pilihlah yang permukaannya halus untuk mempermudah Anda dalam membersihkannya.

BACA JUGA:  Kalangan Remaja: Sisi Negatif dan Positif Tentang Perkembangan Fashion di Indonesia

Baca Juga: Daftar Juara Liga Champions UEFA Sepanjang Masa

Sementara untuk lantainya, pilihlah ubin yang memiliki permukaan kasar sehingga tak mudah terpeleset. Hindari juga pemilihan warna yang gelap untuk menghindari kesan kotor.

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.