Seniberpikir_MakeMoneyFromBlogging5 Langkah Penting Make Money Blogging – Tulisan ini merupakan hasil riset saya saat mengunjungi blog profesional yang memang sudah sangat berpengalaman dan menghasilkan dari blognya. Dari berbagai riset itulah saya mengumpulkannya menjadi beberapa langkah penting make money blogging yang cocok untuk blogger Indonesia.

Membangun sebuah blog tentu diiringi dengan berbagai bentuk tujuan di baliknya. Kebanyakan blogger Indonesia sekarang ini membangun blog dengan tujuan agar blognya bisa diuangkan. Sama seperti saya sendiri. Untuk membangun blog ini tentu ada kerja keras yang sudah saya lakukan hingga blog ini bisa seperti sekarang ini, setidaknya sudah mulai banyak pembacanya. Sudah hampir setahun blog ini saya kembangkan tetapi saya kurang berhasil dalam memonetisasi (menguangkan, red) blog ini.

Ada banyak artikel yang sudah saya baca di blog lokal maupun blog berbahasa Inggris, dan dari semuanya yang saya pelajari selama ini sudah saya lakukan dan tuliskan di dalam blog ini. Khusus mengenai langkah penting make money blogging, saya baru saja memulainya dan hanya beberapa artikel saja sejauh ini mengenai make money online yang sudah saya tuangkan di dalam blog ini. Nah, sebagai pemula dalam hal memonetisasi blog ini, saya masih mencari informasi terkait dan langsung menuliskannya di dalam blog ini. Tulisan ini juga diharapkan bisa membantu saya dan Anda untuk sama-sama belajar memonetisasi blog kita.

5 Langkah Penting Make Money Blogging

1. Membangun Blog Profesional

Anda sudah lama mengetahui apa itu blog dan apa fungsinya. Ketika hendak menguangkan blog kita, sudah jelas kita harus tahu kegunaan blog itu sendiri. Ada baiknya sebelum memulai untuk menguangkan blog kita, terlebih dahulu kita harus memiliki niat kuat untuk membangun blog dan mengembangkannya. Pikirkanlah satu ide yang Anda kuasai agar Anda bisa secara konsisten mengembangkan blog Anda nantinya.

BACA JUGA:  Meningkatkan Track Record Website dengan Search Engine Optimization (SEO)

Blog profesional hanya bisa terbentuk jika kitanya pun bekerja secara profesional. Buatlah sebuah blog dengan domain Top Level Domain/TLD (.com, .net, .info, dsb). Selain kelihatan lebih profesional, blog dengan domain TLD juga menjadi bukti bahwa kita sungguh-sungguh berjuang untuk membangun blog yang profesional. Inilah awal dari langkah penting make money blogging. Untuk beberapa tips, silahkan baca kembali tulisan sebagai berikut:

2. Desain dan Isi Artikel

Desain blog adalah hal utama yang terkadang dilupakan. Pilihlah theme/template yang sesuai dengan isi blog Anda. Jika blog Anda bertema berita unik dan informasi lainnya maka pilihlah theme magazine/majalah, bukan toko online. Minimalkan jugalah penayangan iklan yang tidak penting dan pop-up tidak jelas di blog Anda. Hal itu nantinya justru menganggu kenyamanan pengunjung Anda yang kemudian malas untuk berkunjung kembali ke blog Anda. Buatlah halaman ini: About Me, Kategori, Contact Me, Disclaimer, Privacy Policy, dan sebagainya di menu navigasi blog Anda. Salah satu langkah penting make money blogging ini berdampak pada tampilan. Baca artikel di bawah ini:

Isi artikel harus berkualitas dan berdasar pada SEO. Tulislah artikel yang Anda kuasai dan tentu saja harus konsisten. Gunakan tulisan yang lengkap, struktur yang baik dan benar, dan jangan ada singkatan apapun. Usahakan agar di setiap artikel yang Anda tulis terdapat satu gambar yang relevan. Untuk ketentuan SEO, silahkan klik di bawah ini:

3. Mulailah Blogging dengan Rutin

BACA JUGA:  11 Tips Agar Blog Cepat Terindeks Google

Anggaplah blog adalah pekerjaan sementara Anda. Fokuslah pada blog Anda untuk beberapa lama. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan tentu harus ada pengorbanan, bukan? Untuk itu isilah blog Anda dengan konten yang bermanfaat bagi pembaca sekaligus berkualitas. Jangan pernah copy-paste.  Selain itu Anda harus fokus pada topik yang Anda pilih, jangan menggabungkan dengan topik lain yang berbeda jauh. Saya juga seperti itu awalnya, menggabungkan dunia blogging dan artikel Ilmu Hubungan Internasional. Buatlah strategis yang jelas untuk mengumpulkan pengunjung karena pengunjung adalah tujuan utama blog itu dikembangkan.

Pengunjung blog adalah syarat utama untuk menguangkan sebuah blog, apapun itu cara menguangkannya. Manfaatkan jugalah media sosial karena kebanyakan pencari informasi dewasa ini menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, bahkan Path. Manfaatkan juga forum dan social bookmarking, juga lakukanlah blogwalking untuk sekedar meninggalkan jejak di kolom komentar blog lain. Inilah salah satu langkah penting make money blogging yang sebelumnya harus Anda tekuni.

4. Mulailah Menguangkan Blog Anda

BACA JUGA:  Cara Memasang Kotak Facebook Fan Page

Jangan terlalu terburu-buru. Gunakanlah beberapa program periklanan seperti KlikSaya, KumpulBlogger, dan IdBlognetwork. Atau jika Anda punya produk digital seperti ebook, maka manfaatkanlah blog Anda untuk menjualnya. Cari program lain yang ringan-ringan saja untuk mulai menguangkan blog Anda. Ingatlah bahwa kita di sini adalah pemula, jadi jangan terburu-buru dan terlalu berharap untuk dengan cepat bisa menguangkan blog Anda. Ada banyak kesempatan yang Anda miliki untuk menguangkan blog Anda jadi tidak usah terburu-buru. Luangkan waktu untuk mencari program lain yang kira-kira bisa ditembus oleh blog Anda, seperti pengiklanan IdBlognetwork yang mengharuskan setiap publisher untuk memiliki Alexa Rank di bawah 10.000.000 ranking global.

Itulah berbagai langkah penting make money blogging yang harus Anda penuhi sebelum benar-benar menguangkan blog Anda. Ingatlah bahwa blog profesional lebih memiliki peluang yang lebih besar untuk diuangkan. Ingat juga bahwa blog profesional sangat bergantung pada domain blog, kualitas artikel, dan usaha Anda dalam mengembangkannya. Selain itu juga, pengunjung adalah tujuan nomor satu yang harus diprioritaskan karena untuk pengunjunglah Anda mengisi informasi tersebut di blog Anda. Setelah itu tetaplah berjuang untuk menguangkan blog Anda, seberapapun hasilnya. Yang pasti setiap keuntungan yang diincar sangat bergantung pada usaha kita untuk mencapainya. Jadi jangan terlalu berharap banyak karena hasilnya akan naik secara bertahap. Semoga bermanfaat!

TINGGALKAN KOMENTAR