professional-bloggerPerlahan Tapi Pasti: Menjadi Blogger Profesional – Beberapa waktu yang lalu ada beberapa teman kuliah yang bertanya, “apa sih keuntungan yang didapat oleh blogger waktu ngembangin blog-nya?” Teman saya ini bisa kita anggap sebagai orang awam ketika berhadapan dengan blog dan blogger, meskipun kesehariannya akan berhadapan dengan blog-blog yang ada di dunia maya. Keuntungan blog itu terlalu banyak, dengan kemungkinan lain yang bahkan belum kita pikirkan sebelumnya.

Blog adalah tempat bebas untuk menuliskan apapun yang kita sukai, asalkan jangan melampaui batasan hukum. Melihat kenyataan sekarang ini, blog kian bertransisi menjadi tempat di mana orang menggantungkan aktivitasnya untuk mendapatkan keuntungan yang mungkin. Dengan kata lain, blog bisa diserba-gunakan untuk mencapai kepentingan kita masing-masing, dengan banyak kemungkinan di dalamnya.

Dewasa ini blog menjadi sangat populer bagi semua kalangan. Blog juga dipakai untuk berbagai aktivitas meliputi hobi, bisnis, dan sebagainya. Dari blog tentu saja kita bisa mendapatkan keuntungan secara komersil. Tetapi blogger profesional tidak ngeblog hanya untuk kepentingan komersil. Blogger membuat blog pada dasarnya untuk berbagi informasi, apapun itu.

Nah, blog merupakan wadah/pihak ketiga yang menjadi penghubung antara pemberi informasi dan pencari informasi. Pada dasarnya blog dibuat sedemikian rupa untuk berbagi informasi. Sekarang karena banyaknya keuntungan yang mungkin yang bisa kita dapatkan dari blog, blog kini digunakan sebagai sarana bisnis, tentu dengan berbagai cara yang kreatif.

Bagi Anda yang sedang mengembangkan blog, atau baru saja memulai, atau bahkan punya rencana untuk memulai, tidak ada salahnya kita mendiskusikan bagaimana caranya menjadi blogger profesional yang betul-betul profesional. Ada 4 tahapan yang saya jabarkan di bawah ini:

BACA JUGA:  Lengkap: Cara Setting All in One SEO Pack

Menjadi Blogger Profesional

1. Apa Alasan Kita Untuk Ngeblog?

Tahap pertama ini, kenali dulu apa alasan kita ketika hendak membangun dan mengembangkan blog. Apakah sekedar hobi? Atau berbisnis? Menyalurkan informasi penting/unik/kesenangan pribadi? Atau bahkan hanya untuk kepentingan komersil? Satu hal yang harus Anda ketahui adalah, blogger yang tujuan utamanya hanya untuk kepentingan komersil tidak akan pernah menjadi blogger profesional.

Blogger yang mengutamakan kepentingan komersial maksudnya seperti ini. Blog yang ia bangun sedikit sekali kontennya, juga jauh dari kata berkualitas. Ia hanya meng-copy-paste tulisan orang lain. Tidak memiliki ide lain untuk dimasukkan ke dalam blog-nya. Ia juga tidak peduli soal SEO, Alexa, Pagerank, dan sebagainya. Yang ia pikirkan hanyalah bagaimana caranya agar dirinya segera mendapatkan keuntungan dari blog tersebut. Blogger yang seperti ini tentu akan gagal. Alasannya?

Jika ia tidak mendapat keuntungan juga dari blog-nya, sudah pasti ia akan mencari jalan lain dan meninggalkan aktivitas blogging. Kedua, yang ia pikirkan hanyalah mengisi konten blog-nya agar artikel di dalamnya banyak jumlahnya, tidak memikirkan apakah tulisan tersebut berkualitas atau tidak. Ketiga, ia hanya menekuninya jika menguntungkan secara materi saja, jadi dia tidak benar-benar membangun dan merawat blog-nya, juga malas untuk merapikan desain, SEO, dan sebagainya. Blog seperti ini tidak akan banyak pengunjungnya.

Jadi, ketahuilah terlebih dahulu apa yang menjadi alasan kita ketika ngeblog. Ada kalanya memang kita berniat untuk mendapatkan keuntungan komersial, tetapi blogging bukan hanya tentang keuntungan secara materi. Apa yang dibutuhkan orang itulah yang Anda berikan. Apa yang unik itulah sajikan. Juga, apa yang menjadi kesenangan Anda dan Anda siap menyajikannya dengan baik dan berciri khas, maka cepat atau lambat Anda akan menemukan cara tersendiri bagaimana mendapatkan keuntungan dari blog Anda.

BACA JUGA:  5 Topik Blog yang Disukai Pembaca

Intinya keuntungan materi itu hanya bonus. Ada banyak kemungkinan yang bisa Anda dapatkan dari ngeblog yang berkaitan dengan hal-hal berkomersil, tetapi tanpa menjadi blogger profesional hal tersebut tidak akan pernah tercapai. Yakinlah.

2. Apa Perjuangan Kita Ketika Membangun Blog?

Memang urusan teknis seperti kualitas tulisan, desain, SEO, keywords, dan sebagainya adalah hal-hal yang rumit dan butuh waktu yang relatif lama untuk dipelajari. Namun itulah bagian dari perjuangan ketika membangun sebuah blog. Kemajuan sebuah blog, sukses atau tidaknya blog tersebut dilihat dari perjuangan/upaya kita dalam proses pembangunannya. Di situlah letak profesionalitas Anda sebagai blogger.

Anggaplah blog sebagai anak Anda. Apa yang sebaiknya dilakukan orang tua kepada anaknya? Lakukanlah hal seperti itu kepada blog Anda, atau setidaknya menghampirinya. Menjadi blogger profesional dilihat dari upaya kita dalam proses pembangunan blog kita. Pembaca akan percaya isi informasi yang kita berikan karena kita menyajikannya secara profesional, dan akan menghargai kita sebagai pemberi informasi tersebut.

3. Apa Sebaiknya Konten Blog Kita?

Memang tidak diwajibkan, tetapi lebih baik isilah blog Anda dengan berbagai hal yang Anda kuasai/senangi. Hal ini membantu Anda untuk tetap konsisten dalam menulis artikel, agar tidak keluar dari jalur dan juga tidak keluar dari fakta. Apa yang orang cari adalah informasi yang valid, meskipun blogger punya kelemahan dasar untuk memverifikasi kevalidan informasi yang diberikannya.

BACA JUGA:  ThinkWithGoogle: Cek Kecepatan dan Kekuatan Mobile-Friendliness Website Anda

Tetapi, topik yang Anda sukai atau kuasai biasanya akan lebih mudah Anda tulis. Topik tersebut juga akan lebih mudah Anda kembangkan menjadi lebih menarik lagi. Juga, membahas topik tentang yang Anda sukai/kuasai justru akan membuat Anda konsisten sebagai blogger. Menjadi blogger profesional tidak saja asal mengisi konten blog dengan artikel, lho. Perhatikan artikel Anda, dan apa manfaatnya bagi para pembaca?

4. Sejauh mana Anda bisa menekuninya?

Hobi adalah hal yang paling mudah ditekuni oleh setiap orang. Jadi, apakah blogging adalah hobi Anda? Bila tidak, tidak ada salahnya merasakan kenikmatan saat blogging, kan? Tetapi bila tetap Anda tidak merasakan kenikmatannya, dengan kata lain bahwa blogging bukanlah hobi Anda, maka sudah saatnya mencari hobi lain. Karena jika Anda tidak hobi blogging, maka blogging bagi Anda hanyalah akan membuang-buang waktu. Yang seperti ini tidak akan pernah menjadi blogger profesional.

[quote]Menjadi blogger profesional adalah menjaga ciri khas untuk tetap menjadi diri sendiri ketika membagi informasi. Selain itu konsistensi merupakan faktor signifikan lain. Bergantunglah pada ciri khas bukan tujuan komersil[/quote]

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan secara perlahan tapi pasti untuk menjadi blogger profesional. Sekaligus menjawab pertanyaan teman saya, keuntungan blogger itu adalah menjadi blogger profesional itu sendiri. Menjadi blogger profesional bukan saja akan membentuk pribadi yang berprofesi sebagai blogger untuk menjadi pribadi yang profesional lewat blog-nya, tapi juga akan mendapatkan keuntungan lain dari profesionalitasnya itu sendiri.  Semoga bermanfaat.

SHARE
Artikel SebelumnyaTips Sederhana Untuk Hidup Sehat
Artikel Selanjutnya5 Langkah Penting Make Money Blogging
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

TINGGALKAN KOMENTAR