Cara Sederhana Mendapatkan Uang Dari Blog – Blogging bukan hanya menjadi aktivitas untuk berbagi informasi atau pun sekedar hobi. Blogging juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan berupa uang.

Ya, uang yang saya maksud di sini adalah uang nyata yang bisa dipergunakan untuk membeli barang atau membayar hutang, bukan uang mainan monopoly.

Mungkin dari Anda sudah banyak sekali mengetahui cara-cara sederhana yang saya tulis di artikel ini. Tetapi tidak ada salahnya kan mencoba lagi, siapa tahu masih ada informasi yang masih kurang bagi Anda. Singkat saja, inilah beberapa cara sederhana untuk mendapatkan uang dari blog.

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

1. Iklan

Cara paling sederhana yang pertama dan juga menjadi cara yang paling sering digunakan oleh blogger untuk mendapatkan uang dari blog adalah memasang iklan di blog-nya.

Ada banyak sekali pihak ketiga yang mampu mempertemukan advertiser dan blogger sebagai publisher untuk dapat bekerjasama.

Pihak ketiga tersebut juga mau menerima publisher yang memiliki konten blog berbahasa Indonesia. Sebut saja yang paling terkenal adalah Google Adsense.

Baca: 10 Tips Termudah Agar Blog Diterima Google Adsense

Selain Google Adsense yang notabene susah diterima dan gampang dibanned, terdapat juga layanan seperti BidVertiser yang relatif mudah diterima.

2. Iklan Mandiri

Iklan Mandiri maksudnya Anda tidak harus menggunakan layanan pihak ketiga untuk menampilkan iklan dari pihak advertiser. Anda cukup menampilkan slot iklan di beberapa sudut halaman blog Anda dengan berbagai jenis ukuran.

Baca Juga: 5 Langkah Penting Make Money Blogging

Kelebihannya, Anda bisa menetapkan harga sendiri bagi advertiser dengan ketentuan durasi lama iklan yang akan tayang yang juga Anda tentukan sendiri. Anda dan advertiser juga bisa bernegosiasi mengenai harga dan durasi iklan tayang.

3. Menjual Ebook

Salah satu cara sederhana untuk mendapatkan uang dari blog yang tentu saja bisa kita coba adalah menjual ebook. Ebook yang dimaksud adalah ebook yang berisi tulisan kita sendiri, bisa diambil dari artikel blog yang telah kita kumpulkan.

Baca Juga: Cara Membuat Ebook Dari Artikel Wikipedia

Menjual ebook juga menjadi salah satu keuntungan yang bisa didapatkan dari blog, mengingat artikel yang terdapat di blog dipilih yang saling terkait dan dikumpulkan menjadi satu bagian ke dalam ebook. Ebook juga merupakan bagian teknologi terkini yang memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan buku fisik.

4. Menerbitkan Buku

Jika Anda punya blog dengan topik yang konsisten mengenai suatu hal (mis: makanan, wisata, games, dsb) maka ada baiknya Anda mencoba peruntungan lain dengan menerbitkan sebuah buku yang di dalamnya diisi dengan artikel yang bersumber dari blog Anda.

Cara ini sudah banyak dilakukan oleh blogger profesional Indonesia seperti Raditya Dika, Shitlicious, dan nama-nama besar lainnya.

5. Menjual Artikel Review

Kini sudah banyak sekali pemilik toko online yang menjual produknya dengan kelebihan atau keunikan masing-masing.

Biasanya perusahaan yang baru merintis atau baru terjun ke dunia bisnis membutuhkan bantuan blogger untuk mempromosikan produknya di khalayak luas melalui internet.

Untuk itu blogger sering diminta untuk menuliskan review yang isinya kelebihan dan kekurangan produk tertentu di blog-nya. Tentu saja dibayar.

Salah satu pihak ketiga yang populer dan terbukti membayar adalah RevenueHits, yang dibayar dengan dollar.

6. Menjual Jasa

Apa keahlian Anda? Desain grafis? Menulis naskah? Memotret? Bermain musik? Jual keahlian tersebut berupa jasa bagi orang yang membutuhkan. Jual jasa Anda di platform seperti berikut:

  1. Projects.co.id
  2. Sribulancer
  3. Freelancer
  4. Upwork
  5. Fiverr
  6. Envato Studio

Saya juga menjual jasa untuk membangun website berbasis WordPress jika Anda tertarik. Inilah salah satu cara untuk mendapatkan uang dari blog. Tidak ada salahnya dicoba, kan?

Itulah beberapa cara sederhana mendapatkan uang dari blog. Yang mana yang paling menghasilkan menurut Anda? Semoga bermanfaat.

hostinger hosting terbaik


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.