Cara Membuat Ebook Dari Artikel Wikipedia – Organisasi non-profit seperti Wikipedia ini menyediakan pengetahuan umum yang hampir mencakup semau kategori atau pun topik dengan pembahasan yang cukup detail. Bagi Anda yang suka pengetahuan umum, Wikipedia mungkin menjadi salah satu website yang paling sering Anda kunjungi.

Ketika Anda mencari tahu tentang detail suatu topik lewat mesin pencari seperti Google maka kemungkinan besar artikel dari Wikipedia akan menjadi website pertama yang Anda buka. Mungkin ada banyak topik yang ingin Anda baca belakangan dan kerepotan jika harus membukanya satu per satu, apalagi jika kuota internet terbatas dan kecepatannya pun tidak memuaskan.

Oleh karena itu, melalui artikel ini, saya memberikan langkah-langkah membuat ebook dari artikel Wikipedia sehingga berapapun artikel yang ingin Anda baca bisa Anda baca dalam satu ebook dan kemudian bisa dibaca dimana pun Anda berada tanpa harus membukanya lagi satu per satu melalui Google.

Cara Membuat Ebook Dari Artikel Wikipedia

1. Kumpulkan Artikel

BACA JUGA:  Download 5 Ebook Reader Windows Gratis Terbaik

membuat ebook dari artikel wikipedia 1Bukalah salah satu artikel di Wikipedia yang ingin Anda masukkan ke dalam ebook Anda nanti. Di sebelah kiri (sidebar kiri), Anda akan melihat menu Print/Export dan di bawah menu itu terdapat pilihan Create a book seperti yang terlihat pada gambar. Setelah Anda klik pilihan Create a book maka Wikipedia akan mengarahkan Anda ke halaman Book Creator. Langkah berikutnya adalah mengumpulkan artikel yang ingin Anda masukkan ke ebook Anda.

membuat ebook dari artikel wikipedia 2

 

Setelah itu klik pilihan Start book creator. Ketika Anda sudah meng-klik pilihan tersebut maka akan ada pilihan Add this Page to your book di atas setiap artikel yang Anda buka. Jika Anda ingin menyimpan artikel dalam ebook Anda, maka klik saja pilihan Add this page to your book untuk memasukkan setiap artikel yang Anda buka.

membuat ebook dari artikel wikipedia 3

Nantinya di setiap artikel Wikipedia yang Anda buka akan ada pilihan Add this page to your book di menu Book Creator sehingga Anda hanya tinggal mengklik pilihan tersebut untuk menyimpan atau mengumpulkan artikel Wikipedia yang ingin Anda cetak menjadi ebook.

Artikel Rekomendasi; Website Untuk Download Ebook Gratis

Setelah Anda selesai mengumpulkan artikel maka sekarang waktunya untuk mencetaknya menjadi sebuah ebook. Inilah inti dari artikel ini.

BACA JUGA:  Sibejoo, Pendidikan Berbasis Teknologi dari Indonesia

Di gambar di atas terdapat pilihan Show book (0 pages) (0 akan berubah menjadi berapapun tergantung jumlah artikel yang Anda masukkan), klik pilihan tersebut untuk mengatur tatanan ebook Anda. Anda akan masuk ke dalam bagian Manage your book. Di situ Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

– Melihat daftar artikel yang sebelumnya sudah Anda pilih.

– Menentukan judul ebook.

– Menentukan format halaman.

– Dan terakhir adalah mendownloadnya menjadi sebuah ebook.

2. Mengatur cetakan ebook

Anda bisa menentukan judul, sub-judul, format halaman, chapter dan sebagainya. Daftar isi juga tersedia sesuai dengan nomor halaman yang juga bisa Anda tentukan sendiri. Mengatur cetakan ebook di bagian ini menjadi landasan penting membuat ebook dari artikel Wikipedia.

3. Download ebook

Ada 5 jenis format ebook yang bisa Anda gunakan. Yang paling umum dan populer adalah format PDF, dan ada juga EPUB yang bagus kualitasnya jika Anda memiliki gadget dengan OS Android atau pun iOS. Sekarang pilihlah salah satu format dan silahkan download. Selesai.

BACA JUGA:  Cara Download Foto Instagram di Android, iOS dan PC

Cara membuat ebook dari artikel Wikipedia ini bisa Anda praktekkan kapan saja. Saya cenderung lebih suka membuatnya di dekstop meskipun belum pernah mencobanya di gadget. Membuat ebook dari artikel Wikipedia menjadi salah satu alternatif terbaik jika Anda senang membaca, teristimewa membaca artikel-artikel di Wikipedia. Selamat mencoba.

 

 

Referensi: Hongkiat

TINGGALKAN KOMENTAR