Tips Sederhana Untuk Hidup Sehat – Hidup sehat adalah keinginan setiap orang meski sebagian besar di antaranya belum benar-benar melakukannya. Sebagian besar orang enggan menjalani hidup sehat karena merasa terikat dengan banyaknya aturan tentang gaya hidup, terutama pola makan dan berbagai hal tentang olahraga, juga tentang banyaknya waktu yang harus dihabiskan.

Bila berjalan lebih jauh, hidup sehat itu sebenarnya sederhana. Terlepas dari itu, apa yang membuat kita sering kali gagal untuk hidup sehat adalah karena tidak kuatnya kita menahan selera, serta berbagai aktivitas yang menyibukkan diri kita yang sering kali membuat kita lupa untuk kembali ke pola hidup sehat. Hidup sehat berkaitan erat dengan jenis-jenis makanan yang kita konsumsi. Banyak hal yang j

Di bagian ini, kami membagikan beberapan tips sederhana untuk hidup sehat seperti yang dikutip dari KlikDokter. Dari daftar tips untuk sehat yang kami kumpulkan, tidak ada yang rumit sebenarnya. Hanya saja untuk melakukannya, masing-masing kita harus bertanya ke diri masing-masing, siap kah kita untuk menjalaninya?

Berbicara tentang hidup sehat adalah berbicara tentang bagaimana upaya kita untuk merawat diri, menahan selera akan junk food, serta berapa banyak waktu yang bisa kita sisihkan untuk berolahraga.

BACA JUGA:  Trik Pintar Menggunakan Kamera Smartphone

Inilah 10 Tips Sederhana Untuk Hidup Sehat yang Bisa Kita Jalani

tips hidup sehat

1. Karbohidrat Dalam Setiap Menu

Jenis-jenis makanan seperti nasi, roti gandum, kentang, dan sebagainya merupakan beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Masukkan jenis makanan yang mengandung karbohidrat ke dalam menu makanan Anda. Kandungan karbohidrat yang masuk ke tubuh dasarnya membuat Anda tahan lebih lama akan rasa lapar. Selain itu karbohidrat juga sangat berguna untuk energi demi menunjang produktivitas karir.

2. Gandakan Konsumsi Buah dan Sayuran

Untuk hidup sehat maka kita harus memperbanyak konsumsi buah dan sayuran sebenarnya terdengar klise. Tetapi memang, buah dan sayuran selalu memiliki dampak istimewa bagi kesehatan tubuh. Gandakan jumlah konsumsi buah dan sayuran untuk dimakan setiap harinya dengan jenis-jenis yang berbeda-beda pula.

3. Perbanyak Konsumsi Ikan

Kandungan ikan di dalam tubuh dapat menjaga stabilitas kalori dan juga mampu membuat kinerja otak lebih maksimal. Perbanyak konsumsi ikan, setidaknya 2 porsi dalam satu minggu, agar tubuh Anda merasakan manfaat yang sangat baik dari kandungan protein, mineral, dan vitamin yang kaya darinya.

BACA JUGA:  Ragam Hal Menarik yang Bisa Dipelajari dari Drama Korea

4. Lemak Dengan Saturasi Gula?

Maksudnya di sini adalah jenis-jenis makanan seperti coklat, keju, biskuit, sosis, dan sebagainya. Jenis-jenis makanan tersebut umumnya mengandung lemak jenuh yang dihasilkan oleh kandungan gula yang padat. Lemak bersaturasi gula tersebut nantinya bisa berisiko pada penyumbatan pembuluh darah di jantung, gejalan jantung koroner. Maka dari itu kurangi atau hindarilah konsumsi makanan berlemak dengan saturasi gula kendati pun Anda menyukai makanan-makanan semacam itu.

5. Kurangi Konsumsi Garam

Garam di sini maksudnya tidak hanya garam yang Anda gunakan untuk meracik masakan, tetapi kandungan garam yang terdapat di dalam bahan makanan seperti sereal, saos, dan sebagainya. Kurangi konsumsi makanan/bahan makanan yang mengandung garam, karena kandungan garam pada makanan yang berlebih bisa berdampak pada timbulnya darah tinggi.

6. Usahakan Untuk Sarapan Setiap Harinya

Ketatnya aktivitas harian Anda dari pagi bukan berarti Anda harus melewatkan sarapan pagi. Usahakan untuk sarapan setiap harinya sebelum berangkat untuk melanjutkan aktivitas harian Anda. Sarapan yang sehat bisa menambah energi dalam menghadapi aktivitas harian.

7. Kurangi Konsumsi Daging

Konsumsi daging yang berlebih bisa menyebabkan darah tinggi, bahkan penyakit jantung. Kurangi konsumsi daging bila perlu. Mengurangi bukan berarti harus berhenti sama sekali, kecuali jika Anda berencana untuk menjadi vegetarian.

BACA JUGA:  Bagaimana Cara Investasi Untuk Pemula?

8. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih selain bermanfaat pada kecantikan, akan selalu bermanfaat pada kesehatan tubuh karena air adalah kelangsungan hidup manusia. Perbanyak minum air putih setiap harinya agar tubuh Anda tidak cepat lemas, juga melancarkan metabolisme tubuh agar terbebas dari penyakit ginjal dan penyakit sejenis lainnya.

9. Perbaiki Pola Tidur

Tidur yang cukup bermanfaat juga untuk awet muda bagi wanita. Pola tidur yang baik berpengaruh sangat besar pada kebugaran badan agar dapat semakin menunjang produktivitas harian Anda.

10. Manfaatkan Waktu Luang Untuk Berolahraga

Mungkin Anda terlalu sibuk sehingga tidak ada waktu yang tersisa untuk berolahraga. Padahal, olahraga juga bisa dilakukan di mana-mana, bisa di atas kursi kantor tempat kerja Anda. Lakukan peregangan sederhana di bagian pergelangan dan leher, bahu dan punggung, serta lakukan gerakan-gerakan kecil lainnya asalkan tubuh Anda tetap bergerak.

Itulah beberapa tips sederhana untuk hidup sehat yang memang sederhana. Bagian mana yang menurut Anda paling susah?

SHARE
Artikel SebelumnyaSeni Berpikir Berubah Tampilan
Artikel SelanjutnyaPerlahan Tapi Pasti: Menjadi Blogger Profesional
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

TINGGALKAN KOMENTAR