Cara Memasang Background di WordPress – Untuk beberapa blogger wordpress yang ingin memasang custom background di wordpress wajib membaca tulisan ini sampai habis dan mengimplementasikannya.

Mungkin bagi sebagian orang tampilan suatu blog adalah hal yang menjadi nomor satu, yang tentunya berdasar pada seleranya. Kadang blogger kurang senang dengan tampilan blognya sehingga berharap agar lebih leluasa mengubah atau mengkustomisasinya. Jika Anda kurang tertarik dengan background blog Anda, maka Anda bisa mengubahnya dengan cara-cara di bawah ini.

Kita akan memasang background di wordpress dengan gambar milik kita sendiri dengan mode full screen. Cara ini sangat mudah karena Anda tidak perlu mengerti banyak soal HTML atau CSS editing. Anda bisa menambahkan background dengan gambar yang Anda suka dengan pengaturan yang bisa Anda mengerti tanpa ribet dan tanpa keringat menetes di wajah Anda.

Hal yang perlu Anda siapkan adalah sebuah plugin yang diberi nama Simple Full Screen Background Image. Install dan aktifkan plugin tersebut terlebih dahulu sebelum memulai. Setelah mengaktifkan plugin tersebut, klik Appearance » Fullscreen BG Image dan upload gambar yang ingin Anda jadikan background.

BACA JUGA:  Cara Membuat Artikel Terkait Tanpa Plugin Wordpress

Ukuran gambar yang direkomendasikan agar tampilannya lebih menarik yaitu 1600×1200 px. Tampilan situs dengan background yang Anda pilih akan secara otomatis cocok dengan browser yang digunakan. Setelah Anda mengupload gambar yang Anda inginkan dan meihat previewnya secara sekilas, silahkan klik Save.

Setelah itu silahkan cek tampilan blog Anda dengan background baru yang sudah Anda atur. Jika masih belum cocok dengan selera Anda, silahkan ulangi langkah-langkah di atas dan atur lagi dengan gambar baru yang Anda sukai. Lakukan berulang-ulang hingga Anda menemukan tampilan blog dengan gambar background yang cocok menurut Anda.

Plugin ini sangat ringan jadi Anda tidak perlu takut untuk mengganggu kapasitas database yang Anda gunakan dan kapasitas memori yang Anda gunakan. Itulah cara singkat yang bisa saya jelaskan jika Anda ingin memasang background di wordpress dengan gambar yang Anda sukai. Jika Anda memiliki plugin lain terkait cara yang sama, silahkan share disini. Selamat mencoba!

Hal yang perlu Anda catat:

*Untuk beberapa wordpress theme yang tersedia sudah menyediakan fasilitas kepada Anda untuk membuat sendiri background beserta logo blog Anda dengan gambar yang Anda sukai. Jika theme wordpress Anda sudah menyediakan fasilitas tersebut, maka Anda tidak perlu lagi mengikuti tutorial ini. Jika belum, maka Anda tetap membutuhkan panduan yang sudah saya jelaskan untuk mengimplementasikannya.

BACA JUGA:  Cara Verifikasi Blog di Bing Webmaster

**Tutorial ini menggunakan plugin. Hal yang harus Anda ketahui tentang penggunaan plugin bahwa plugin dapat mengurangi kapasitas CPU dan memori yang disediakan oleh hosting. Bagi Anda pengguna shared hosting (hosting gratis) dengan kapasitas penggunaan CPU dan memori terbatas, disarankan untuk mengurangi pemakaian plugin.

***Plugin ini cukup ringan. Namun Anda disarankan untuk tidak menggunakan plugin ini jika Anda sudah menggunakan banyak sekali plugin.

****Jika Anda tetap ingin menggunakannya, maka kurangilah plugin lain yang Anda pakai untuk menghindari kelebihan penggunaan CPU dan memori di hosting Anda.

*****Cara lain adalah, carilah theme gratis yang sudah banyak tersebar di internet yang menyediakan custom background, jadi Anda tidak perlu repot-repot membaca tutorial ini dan menginstall plugin yang dapat menghambat performa blog Anda. Kebanyakan theme sudah menyediakan fasilitas custom background, jadi Anda tidak akan sulit menemukan theme yang sesuai dengan selera Anda dengan fasilitas custom background di dalamnya.

1 KOMENTAR

  1. Wah, makasih mas sharing nya. skrg mau coba ganti background wordpress nya, mudah2an bisa saya praktekkan. biasa aku nyruh ponakan lebih pintar dr saya hehe. semoga berkah dan manfaat ya mas.

TINGGALKAN KOMENTAR