10 Hal Penting Setelah Menginstall WordPress – 10 hal penting ini terhitung wajib Anda lakukan setelah menginstall WordPress di hosting dan mulai membangunnya. Hal-hal penting ini menjadi aktivitas selanjutnya yang sangat penting Anda lakukan agar ke depannya Anda sudah semakin mudah dalam mengembangkan website Anda.

Dalam tulisan sebelumnya, saya sudah menjelaskan Cara Menginstall WordPress langsung di hosting, dan setelah Anda berhasil dalam tahap tersebut maka selanjutnya silahkan ikuti 10 hal penting ini:

1. Ubah Permalinks

Merubah struktur permalink blog Anda akan membuatnya lebih SEO friendly. Oleh karena itu, hal ini menjadi langkah pertama yang harus Anda lakukan. Masuk ke Dashboard blog WordPress Anda dan masuk ke Setting => Permalinks dan pilih Postname.

2. Ubah Password

Mengubah password juga menjadi hal penting jika Anda benar-benar merasa belum cukup aman dengan password Anda sesaat setelah menginstall wordpress. Silahkan ikuti panduan ini untuk merubah password WordPress Anda.

3. Cek Versi WordPress Anda Saat ini & Update

Ya. Coba cek versi berapa WordPress yang Anda gunakan. Jika ada versi terbaru silahkan langsung update karena update ke versi terbaru akan memperbaharui segala celah keamanan dan kekurangan yang bisa diatasi sesuai dengan standar terbaru.

BACA JUGA:  Cara Memasang Favicon di Blog

4. Ganti Theme

Langsung ganti theme Anda dengan theme yang Anda sukai. Semuanya tersebar luas dengan jumlah yang sangat banyak dan gratis di jagad maya. Silahkan pilih sesuai selera Anda dan jangan lupakan bahwa theme yang ribet akan mempengaruhi kecepatan loading blog Anda. Sebaliknya, theme yang simple dan rapi lebih SEO friendly dan juga berloading cepat.

5. Buat Beberapa Tulisan, Tambahkan Halaman, Kategori, dan Menu Navigasi

Silahkan posting beberapa tulisan di blog yang baru Anda bangun. Jangan lupa buat kategori sesuai topik blog dan tulisan Anda. Setelah itu buat halaman baru tempat Anda menempatkan beberapa kategori dan keterangan lainnya, atau pun beberapa hal penting yang Anda sukai (seperti free ebooks, free MP3, dan sebagainya). Setelah 3 hal tersebut selesai, jangan lupakan Menu Navigasi. Hal ini menjadi salah satu elemen blog Anda agar semakin mudah diakses oleh pengunjung Anda nantinya.

6. Buat Sitemap Untuk Blog Anda

Sitemap merupakan kumpulan konten dari blog Anda yang akan secara otomatis bertambah dan berurutan sesuai dengan tanggal publikasi postingan. Sitemap juga merupakan elemen penting dari blog Anda karena Sitemap inilah gudangnya konten blog Anda, yang akan membantu robot mesin pencari mengenali dan menjelajahi konten blog Anda, sehingga menjadi lebih SEO friendly. Gunakan plugin Google XML Sitemap atau ikuti panduan ini untuk membuatnya: Cara Membuat XML Sitemap WordPress.

BACA JUGA:  Apa Pentingnya Blogging? 5 Manfaat Blogging Yang Penting Anda Ketahui

7. Daftarkan blog Anda ke Google Webmaster Tool

Masuk ke Google Webmaster Tool dan langsung daftarkan blog Anda. Google Webmaster membantu Anda:

  • Memanajemen blog Anda sekaligus memantau statistiknya
  • Penjelajahan robot Google dapat Anda pantau, sehingga Anda akan mengetahui yang mana link yang error, akses yang ditolak, dan sebagainya.
  • Mengoptimalkan kesehatan blog Anda, termasuk dari serangan hacker dan malware
  • Memonitor seberapa banyak konten yang terindeks di mesin pencari Google
  • Submit Sitemap yang sudah Anda buat, sehingga akan semakin banyak konten yang terindeks di Google, dan akhirnya menjadi lebih SEO.

8. Buat Halaman About Me dan Contact Me

Buat sebuah halaman About Me yang mendeskripsikan siapa Anda dan tentang apa blog Anda agar pengunjung semakin mengenali blog tersebut. Selain itu buat juga halaman Contact Me agar pengunjung blog Anda mudah menghubungi Anda ketika ia membutuhkan jawaban dari pertanyaan mengenai blog Anda.

9. Antisipasi Performa Blog

Gunakan plugin W3 Total Cache untuk mempercepat performa blog Anda. Antisipasi kecepatan loading blog Anda dengan plugin ini karena jalan Anda masih sangat panjang dalam membangun blog baru menjadi blog sukses.

BACA JUGA:  Cara Verifikasi Blog di Google Webmaster Tool

10. Buat Google Authorship

Buat Google Authorship sebagai penunjuk bahwa Anda-lah yang memiliki blog tersebut. Anda harus memiliki akun Google+ dan pasanglah foto wajah Anda di profile Google+. Foto tersebut akan tampil di mesin pencari setiap kali pencarian kata kunci cocok dengan kata kunci blog Anda. Selengkapnya silahkan baca Cara Menampilkan Foto di Mesin Pencari (Google Authorship).

Setelah semuanya selesai, coba lihat blog yang baru Anda bangun. Lihat tampilannya. Nah dari sini silahkan bangun blog Anda seperti cita-cita Anda ketika hendak membuat sebuah situs. 😀

TINGGALKAN KOMENTAR