Review Hosting Bluehost: Hosting Murah dan Terbaik – Sekarang ini, mencari hosting murah tidak lagi sulit, tidak seperti dulu karena pilihannya sangat terbatas, apalagi harganya relatif mahal.

Dari sekian banyak hosting provider yang tersedia di dunia saat ini, salah satu nama yang mungkin paling sering Anda dengar adalah Bluehost.

Bisa dikatakan, Bluehost ini sudah sangat senior sebagai salah satu penyedia hosting di dunia. Tidak hanya sebagai hosting murah, Bluehost juga dikenal sebagai salah satu hosting terbaik yang ada saat ini.

Belum lagi sebagai pengguna internet yang memiliki website untuk berbagai kepentingan, memilih hosting tidak boleh sembarangan. Selain rugi soal biaya, memilih hosting secara asal-asalan justru akan merugikan website kita sendiri. Masalah server up-time, support, keamanan, dan lain sebagainya tentu menjadi pertimbangan utama.

Dalam artikel kali ini saya berusaha memberikan review hosting Bluehost sedetil mungkin, dengan tujuan guna membantu Anda membandingkan Bluehost dengan provider hosting lain yang sebelumnya sudah saya review, atau pun yang sudah masuk menjadi referensi web hosting pilihan Anda.

Tentang Bluehost

Sebelum kita masuk ke bagian review hosting Bluehost, terlebih dahulu mari kita kenali sekilas tentang Bluehost. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, Bluehost merupakan salah satu penyedia hosting yang terbilang senior sebab sudah ada sejak tahun 1996 (diresmikan tahun 2003), di mana dunia internet belum ramai seperti sekarang ini.

Mulai sejak itu, perlahan nama Bluehost naik sebagai salah satu provider hosting terbaik. Terlebih saat ini Bluehost secara khusus memberikan support penuh terhadap WordPress, yang merupakan CMS terbaik di dunia.

Review Hosting Bluehost

Sudah ada sejak 20 tahun silam, nama Bluehost seperti sudah tidak asing lagi bagi para webmaster. Nah, demi mempertegas review mengenai hosting Bluehost ini, agar Anda terbantu dalam menentukan pilihan hosting menurut preferensi Anda, berikut saya berikan review sekomprehensif yang saya bisa.

Tinjauan Bluehost Sebagai Hosting Premium

Bluehost cocok bagi mereka yang membutuhkan hosting kuat dengan harga yang relatif terjangkau. Ditenagai oleh cPanel serta LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP), meski Anda tidak suka dengan hal-hal teknis, fitur-fitur tersebut masih bisa Anda gunakan dengan mudahnya.

Berikut beragam fitur lain yang tersedia bagi Anda sebagai pengguna Bluehost nantinya:

  • Gratis Domain Selama 1 Tahun, berikut paket shared hosting Anda.
  • Kemasan fitur di cPanel yang serba lengkap, mendukung integrasi Cloudflare, Softaculous, Page Speed Grader, Google Apps, Custom Domain Email, FTP, dan masih banyak lagi. Selain itu, tampilan cPanel mereka juga terbilang lebih minimalis dan rapi sehingga lebih mudah digunakan ketimbang tampilan cPanel pada umumnya.
  • Perlindungan Anti-Spam premium yang sudah disediakan di cPanel.
  • Akun custom email tanpa batas.
  • Backup otomatis, jadi Bluehost bisa membackup seluruh data website Anda baik dalam jangka waktu harian, mingguan, bahkan bulanan secara otomatis, jadi Anda tidak usah takut lagi kehilangan data.
  • Hardware server yang digunakan selalu diupgrade ke versi terbaru, jadi terus mengalami pembaharuan agar hosting tetap stabil, sehingga mampu meminimalisir tingkat down servernya.
  • Layanan support selama 24 jam tanpa batas, baik dari telepon maupun chat, sehingga Anda selalu ada yang bantu kapanpun Anda butuh bantuan.
  • Bebas upgrade ke VPS atau Paket Hosting yang lebih tinggi kelasnya, Anda tidak perlu repot-repot melakukan upgrade jika ingin mengupgrade hosting yang Anda gunakan.
  • Terintegrasi langsung dengan CDN Cloudflare.
  • Unique IP, Site-Lock, dan SSL demi meningkatkan keamanan.
  • 30 Hari Jaminan Uang Kembali
  • Dan masih banyak lagi.
BACA JUGA:  5 Karakter yang Harus dimiliki Blogger Senior

Bluehost Sebagai Hosting WordPress

WordPress.org secara khusus mengakui dan merekomendasikan Bluehost sebagai salah satu hosting yang mampu dengan baik mentenagai WordPress sebagai CMS website yang digunakan.

Review Hosting Bluehost - bluehost sebagai hosting khusus wordpress

Hosting khusus WordPress yang diberikan Bluehost mampu mengoptimalkan segala script yang terpasang di theme dan plugin yang digunakan sehingga performanya bagi end-user akan meningkat drastis.

Server yang ada di Bluehost secara khusus dioptimalkan demi mampu mendukung WordPress, karena WordPress merupakan CMS yang paling banyak penggunanya di dunia. Oleh karena itu bagi kita pengguna CMS WordPress, menghosting website kita di Bluehost bisa berdampak besar bagi pengunjung website kita karena segala hal yang dimiliki oleh website kita bisa dioptimalkan performanya.

Pengalaman saya sendiri dalam menggunakan Bluehost bukan karena kepentingan saya, melainkan untuk keperluan klien. Pertama di tahun 2014, seorang klien membutuhkan hosting yang tepat untuk blog WordPress yang ingin ia bangun.

Setelah saya mencari-cari kira-kira hosting khusus WordPress mana yang cocok dengan harga yang terjangkau, Bluehost selalu berada di pilihan teratas. Saya pun memberanikan diri untuk memilihkan Bluehost sebagai hosting utama untuk klien saya tersebut.

Mulai dari cPanel saya bisa dengan cepat familiar dengannya, sehingga prosesnya pun cepat. Domain yang dipesan bisa langsung terintegrasi dengan nameserver hosting secara instan, dan penginstallan WordPress pun bisa segera dilakukan, hanya dalam sekali klik.

Hosting Resources yang Unlimited

Perlu Anda ketahui bahwa resources yang ditawarkan oleh Bluehost adalah unlimited. Artinya, seberapa banyak pun file yang Anda upload ke website Anda tidak akan dibatasi. Bandwidth-nya pun unlimited, jadi Anda tidak usah khawatir terkena suspensi pembekuan akun hosting Anda jika kelebihan bandwidth (karena memang tidak dibatasi).

BACA JUGA:  Blogger Indonesia: Daftar Program Afiliasi Involve Asia Sekarang Juga!

Namun, saya temui terdapat kebijakan mengenai pembatasan database MySQL yakni sebanyak 3GB. Artinya, Anda tidak boleh membuat database MySQL melebihi kuota 3GB. Tetapi saya tetap menganggapnya sebagai unlimited resources meski dibatasi hingga 3GB, sebab rata-rata ukuran database MySQL hanyalah sekitar 60MB, dan yang terbesar hanyalah sekitar 300MB, jadi masih sangat jauh dari batasan 3GB, bukan?

Kecuali jika Anda menggunakan berbagai script otomatis seperti auto-bot atau auto-blogging, kemungkinan besar Anda melebihi kuota 3GB tersebut.

Harga dan Pilihan Paket Shared Hosting

Dari sekian banyak hosting provider yang menawarkan hosting yang kuat, Bluehost merupakan salah satu hosting provider yang menawarkannya dengan harga yang sangat terjangkau.

Berikut daftar harganya:

Review Hosting Bluehost - harga paket hosting bluehost

Setiap paket hosting tentu menawarkan kelebihan tersendiri. Anda harus bijak dalam menentukan paket hosting agar tetap sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut rinciannya singkatnya dari saya:

  • Jika Anda hanya ingin menghosting 1 website saja, sekaligus ingin sekedar mencoba berbagai fitur yang ditawarkan oleh Bluehost, sebaiknya Anda memilih paket hosting Basic/Starter.
  • Jika Anda ingin menghosting banyak website sekaligus dengan kuota pengunjung yang jauh lebih banyak, silahkan pilih paket hosting plus.
  • Jika Anda membutuhkan fitur tambahan lain dengan kekuatan hosting yang lebih luar biasa lagi, silahkan pilih paket hosting Business. Anda bisa memanfaatkan dedicated IP dan juga SSL.

Saya merekomendasikan paket hosting Plus karena sudah termasuk semua yang Anda butuhkan, kecuali jika Anda membutuhkan dedicated IP dan SSL, maka hosting Business merupakan pilihan yang tepat.

Kecepatan Loading

Banyak yang sudah melakukan uji coba terhadap kecepatan loading hosting Bluehost, dan meski tidak secepat loading hosting VPS, namun shared hosting Bluehost masih terbilang cepat karena kecepatan loadingnya berada di atas rata-rata.

Dari yang saya temukan di internet, sempat terjadi keluhan terhadap kecepatan loading hosting Bluehost, namun sekarang mereka sudah mengupgrade beragam server-nya sehingga di end-user, kecepatan loadingnya meningkat drastis.

Statistik Uptime

Dari statistik uptime yang didapatkan dari Techtage, dikatakan bahwa statistik uptime dari Bluehost terhitung sangat mengagumkan untuk shared hosting murah. Ditunjukkan dari statistik di bawah ini:

review hosting bluehost - statistik uptime
Sumber: Techtage

Jadi kesimpulannya, dari segi uptime, menggunakan hosting shared di Bluehost tidaklah masalah. Sebesar 99,98% servernya selalu up dengan kecepatan respon 283ms.

Layanan Support

Layanan support yang 24 jam dari live chat, telepon dan email menjadi salah satu hal terbaik yang dimiliki oleh layanan hosting, dan ini juga dimiliki oleh Bluehost. Kapanpun Anda membutuhkan bantuan mulai dari hal teknis hingga sekedar pertanyaan terkait layanan hostingnya, Anda bisa mendapatkan balasan dalam waktu yang singkat.

BACA JUGA:  Spesifikasi Samsung Galaxy S6 Edge dan Pre Order Murah!

Namun, dibanding kebanyakan hosting provider, kecepatan respon dari tim support Bluehost tidaklah begitu cepat. Bahkan kita harus menunggu berjam-jam untuk mendapatkan respon.

Hal ini mungkin dikarenakan banyaknya tiket bantuan berisi pertanyaan dari pengguna Bluehost lain, sehingga harus mengantri agar pertanyaan kita bisa dibalas.

Kemudahan Akses cPanel

Bluehost menggunakan cPanel sebagai dashboard backend, yang juga merupakan standar industri hosting saat ini. Beberapa tahun lalu Bluehost melakukan redesign terhadap cPanel yang digunakannya, sehingga tampilannya lebih minimalis dan rapi, tidak seperti cPanel lain secara default.

Dari cPanel tersebut beragam menu dan fitur dapat kita akses dengan mudah, tidak ribet dan membingungkan seperti cPanel default yang masih banyak digunakan oleh hosting provider di luar sana.

Review Hosting Bluehost: Bottom Line

Dengan harga murah untuk beragam pilihan paket hosting, Bluehost tetap mempertimbangkan kualitas uptime (agar tidak serng down) dan menawarkan berbagai website-builder yang multifungsi, termasuk Joomla dan WordPress, sehingga membuat website jenis apapun menjadi jauh lebih mudah.

Meski populer, dibandingkan dengan pesaing, Bluehost memang masih kalah dengan kelengkapan fitur untuk setiap paket hosting. Misalnya, di beberapa hosting provider, domain sudah termasuk pembelian paket hosting untuk seterusnya, tidak dibatasi jangka waktu, seperti 1 tahun.

Layanan support masih kurang cepat tanggap, meski memang balasannya tepat sasaran, belum seperti Niaga Hoster (baca review Niaga Hoster). Namun apapun yang ditawarkan oleh Bluehost memang sesuai harganya. Meski murah, Bluehost tetap tidak bisa diremehkan.

Khusus pembaca Seni Berpikir, Bluehost menawarkan paket hosting unlimited mulai dari $3.45/bulan. Klik tombol di bawah untuk mendapatkan diskon:

Itulah review hosting Bluehost dari Seni Berpikir. Jika Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan untuk membandingkan Bluehost dengan hosting preferensi Anda yang lain, silahkan berikan tanggapan Anda di komentar.

Beragam hosting provider alternatif lainnya antara lain Niaga Hoster, Cloudkilat (baca review Cloudkilat), dan SheHoster.

Semoga review hosting Bluehost ini bisa membantu Anda sebelum benar-benar memilih Bluehost.

REVIEW OVERVIEW
Akses cPanel
Uptime
Harga
Kecepatan
Support
Keamanan
Fitur
SHARE
Artikel SebelumnyaDiskon 50% Unlimited Hosting Spesial Hari Kemerdekaan + Domain .ID
Artikel SelanjutnyaGunakan Banyak Aplikasi Chatting Sekaligus Hanya Dengan Satu Software
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

TINGGALKAN KOMENTAR