Review Cloudkilat: Hosting Lokal Murah dan Cepat – Pilihan hosting yang tepat memang menjadi permasalahan penting bagi sebagian besar webmaster. Saya sendiri, yang saat ini mengelola 6 website, masih terbilang ‘susah’ dalam memilih hosting terbaik di antara yang terbaik yang saat ini sudah tersedia.

Hosting memanglah sebuah elemen penting dari segala kebutuhan website. Tentu agar bisa membuat komponen website ‘online’ dan bisa diakses oleh pengguna internet, selain itu hosting juga mampu menampung segala komponen itu.

Sebelum kita masuk ke bagian review Cloudkilat, mari membahas tentang berbagai alasan mengapa kita membutuhkan hosting terbaik di atas terbaik, terlepas dari harga dan fasilitas yang ditawarkannya.

Mengapa Memilih Hosting Begitu Penting?

Jika kita bermain perumpamaan, mari kita umpamakan bahwa sebuah website adalah rumah nenek saya. Rumah nenek saya bisa dibangun tentu jika ada lahan. Lahan itulah hosting. Bangunannya adalah website, dan sofa serta barang-barang lainnya yang ada di dalamnya adalah konten/artikel dan lain sebagainya.

Sementara, alamat rumah nenek saya adalah domain. Jika lahannya miring atau tidak rata serta terletak di posisi yang tidak strategis, tentu membuat rumah jadi rawan longsor misalnya, atau membuat rumah jadi lebih sering kena banjir, dan berbagai kemungkinan buruk lainnya.

Memilih hosting sama pentingnya seperti memilih lahan di dunia internet. Jika Anda memilih hosting yang memiliki kapasitas terbatas, website Anda juga nantinya memiliki ‘kekuatan’ yang terbatas. Hosting yang baik menjamin website Anda untuk bisa diakses 100% setiap waktu (selama berlangganan), meningkatkan pengalaman pengguna dengan kecepatan akses yang ditawarkannya, dan lain sebagainya. Memilih hosting itu sangatlah penting.

Mengapa Harus Menggunakan Hosting Terbaik?

‘Terbaik’ di sini memiliki artian yang tentu saja relatif. Semua orang memiliki preferensi pribadi dalam mendefinisikan ‘terbaik’ itu sendiri. Namun jika kita mengacu pada fakta umum, hosting terbaik tentu harus mencakup layanan yang benar-benar mengutamakan penggunanya.

Hal tersebut mencakup kapabilitas akses yang tak terbatas alias 99,99% lebih daya akses, penampungan storage yang memadai untuk kebutuhan website pada umumnya, fasilitas/teknologi yang digunakan sudah modern atau terbaru, harga yang terjangkau hingga layanan support yang mampu menjawab keluhan/kebutuhan pelanggan 24 jam dalam seminggu (24/7). Mari melihat review Cloudkilat lebih jauh.

Review Cloudkilat: Menilik Lebih Jauh Tentang Cloudkilat

Sebelum menyimpulkan apakah Cloudkilat merupakan hosting terbaik, mari kita cek bersama-sama apa kapabilitas yang ditawarkan oleh Cloudkilat sebagai penyedia hosting premium dan VPS serta kebutuhan webmaster lainnya, tentu untuk melengkapi review Cloudkilat ini.

BACA JUGA:  Update Kupon Diskon Niaga Hoster April 2014

review cloudkilat

Tentang Cloudkilat

Cloudkilat merupakan penyedia layanan komputasi awan (cloud) yang merupakan bagian dari PT Infinys System Indonesia. Cloudkilat sendiri masuk ke persaingan pasar Indonesia pada bulan September 2013 lalu.

Meski baru, namun Cloudkilat hadir dengan layanan berkualitas namun dengan harga yang terjangkau. Meski masih terhitung baru dalam persaingan pasar di Indonesia, Cloudkilat saat ini sudah termasuk dalam kategori yang terkemuka di Indonesia.

Produk Apa Saja yang Ditawarkan Cloudkilat? (Sumber: Cloudkilat)

Server virtual dengan harga terjangkau dan teknologi komputasi awan terkini yang menjamin kehandalan performa maupun ketersediaan serta dengan kemampuan skalabilitas yang tinggi. Mendukung berbagai macam distro Linux favorit serta dapat dipasang berbagai macam aplikasi serta kerangka pemrograman. Cocok untuk Anda yang membutuhkan server stabil untuk berbagai keperluan.Kilat VM
Layanan penyimpanan berkas berbasis obyek yang mendukung penuh protokol S3 yang dapat diakses dari berbagai macam aplikasi klien yang mendukung protokol S3. Mendukung integrasi penuh dengan berbagai macam kerangka bahasa pemrograman sebagai distribusi berkas statis untuk situs maupun aplikasi web.Kilat Storage
Layanan Web Hosting berbasis teknologi komputasi awan yang menjamin skalabilitas server serta akses cepat, didukung dengan arsitektur multi node yang menyebarkan fungsi-fungsi server seperti web server, DNS, mail server serta database server pada mesin yang berbeda, dan dedicated firewall untuk keamanan yang lebih terjamin.Kilat Hosting
Bagi pelanggan yang tidak ingin direpotkan oleh tugas-tugas teknis dalam mengelola layanan yang telah dimiliki maupun membutuhkan dukungan tingkat lanjut, pelanggan dapat mempercayakan hal tersebut kepada tim teknis berpengalaman dari CloudKilat.Pengelolaan
Dengan menggunakan panel kontrol, pelanggan dapat melakukan pengelolaan Kilat VM dengan mode basis web, sehingga tidak perlu lagi memakai console text line dan menghafalkan perintah serta konfigurasi. Tersedia pilihan panel kontrol Plesk dan cPanel.Lisensi Panel Kontrol
Untuk faktor keamanan atas data yang ditransfer melalui web / internet, login pengguna, maupun transaksi keuangan melalui Internet, pelanggan dapat menggunakan sertifikat SSL pada domain website yang dikehendaki, di Kilat VM maupun Kilat Hosting.Sertifikasi SSL

Semua layanan di atas memiliki kualitas tersendiri dan tentunya ditawarkan dengan harga yang terjangakau.

Review Cloudkilat: Hosting Lokal Murah dan Cepat

CloudKilat - Server Cepat, Harga Hemat
Kilat Hosting, paket hosting yang ditawarkan oleh Cloudkilat, diklaim memiliki kecepatan akses yang luar biasa. Hal ini membuat website yang menggunakannya bisa diakses lebih cepat dari rata-rata website lainnya. Kecepatan akses tersebut tentu dipengaruhi oleh letak server-nya yang berada di Indonesia, tepatnya di Jakarta.

BACA JUGA:  5 Langkah Awal Membuat Blog

Layanan hostingnya ini berbasis teknologi komputasi awan, dan dengan nama Cloudkilat, tidak heran jika aksesnya memang cepat secepat kilat. Kilat Hosting juga memiliki dedicated firewall, yang artinya website yang di-host di sana akan menjadi lebih aman.

Mereka mengklaim telah berpengalaman, sehingga selalu mengutamakan keamanan bagi penggunanya. Fungsinya, mereka akan membantu mencegah akses ilegal dari dalam maupun luar negeri karena dedicated firewall-nya sendiri ditempatkan di depan node server yang ada.

Selain itu, Kilat Hosting juga didukung oleh integrasi antara Cloudflare dan Railgun. Seperti yang banyak diketahui orang, Cloudflare merupakan sebuah platform CDN yang membantu meningkatkan kecepatan loading sebuah website dan juga meningkatkan keamanan. (Selengkapnya baca artikel saya tentang CDN Cloudflare).

Itu artinya Anda dapat mengintegrasikan website Anda dengan Cloudflare dan Railgun langsung dari cPanel hosting Cloudkilat, tidak perlu setting secara manual.

Tambahan lainnya, jika website Anda di-host menggunakan kilat hosting Cloudkilat, Anda akan mendapatkan fasilitas bandwidth cepat tanpa kuota alias unlimited. Domain dan subdomain juga disediakan tak terbatas dengan kapasitas storage sebesar 10 GB.

Artinya, selama kapasitas penyimpanan belum memenuhi kuota 10 GB, Anda bisa menggunakan 1 paket kilat hosting Cloudkilat untuk berapa pun website yang Anda inginkan. Selain itu, akun email dan database MySQL juga tidak terbatas alias unlimited.

Review Cloudkilat: Lebih Dalam

Mari menilik lebih dalam.

Kapasitas Storage

Kilat hosting Cloudkilat hanya memberikan storage/penyimpanan sebesar 10 GB, dibandingkan dengan platform hosting lain yang kebanyakan menawarkan penyimpanan unlimited, ini tentu terlalu kecil.

Namun perlu diingat bahwa untuk website, jenis apapun yang hanya menggunakan file media seperti gambar, 10 GB sudah terlalu banyak. Apalagi jika Anda hanya memerlukan sedikit file gambar di setiap artikel Anda dan hanya mengelola beberapa website, 10 GB sudah terhitung cukup. Jika ingin memposting file video atau audio, lebih baik memanfaatkan Youtube atau pun Soundcloud.

Cloudfare dan Railgun

Integrasi Cloudflare dan Railgun juga masih terhitung jarang terdapat di hosting lokal maupun luar negeri. Selalu ada tambahan harga lain jika ingin mengintegrasikannya. Namun Cloudkilat sudah mendukung fitur ini di layanan hosting mereka. Ini juga merupakan bukti kemajuannya.

Keamanan

Cloudkilat juga menjamin keamanan website yang lebih tinggi. Menggunakan dedicated firewall merupakan hal baik bagi setiap hosting. Meski sudah rata-rata hosting saat ini menggunakan fitur ini, namun Cloudkilat tidak ketinggalan.

BACA JUGA:  Review Hosting Bluehost: Hosting Murah dan Terbaik

Layanan Support

Layanan support juga menjadi hal penting bagi layanan hosting. Sebelum membuat review ini, tentu saya mengumpulkan informasi mengenai Cloudkilat sebanyak-banyaknya, juga tak lupa mencoba langsung layanan support-nya. Setelah saya coba, layanan support-nya cepat dalam menjawab semua pertanyaan saya.

Mereka juga menjawabnya dengan detail, bahkan untuk informasi umum yang sudah diketahui kebanyakan orang. Hal ini tentu saja membaut pelanggan mendapatkan dukungan penuh dalam menggunakan layanan hostingnya.

Masih banyak orang awam yang bingung dalam menggunakan layanan hosting, juga menggunakan segala layanan yang terdapat di cPanel. Layanan support yang aktif dan responsif tentu saja akan membantu pelanggan yang membutuhkan bantuan cepat dan detail.

Layanan support Cloudkilat hadir 24/7.

Domain

Perlu diingat bahwa paket kilat hosting Cloudkilat tidak termasuk domain TLD gratis. Artinya Anda harus membelinya secara terpisah kemudian mengintegrasinya ke dalam paket hosting Cloudkilat tersebut.

Namun jika Anda ingin migrasi hosting tentu tidak perlu lagi membeli domain. Atau jika ingin mencobanya, Anda bisa mendaftarkan domain .tk dari dot.tk atau .cf dari Freenom dengan gratis dan membeli paket hosting Cloudkilat selama sebulan.

Harga domain .com yakni Rp 130.000,- setahun. Untuk .id, ketika mendaftar pertama seharga Rp 200.000,- setahun dan berharga Rp 500.000,- ketika memperpanjang. Daftar lengkapnya bisa Anda lihat disini.

Harga

Harga juga menentukan pilihan pada suatu hosting. Memang, kebanyakan orang memulai website berasal dari kalangan individu yang hanya sekedar membuat blog untuk hobi dan lain-lain, atau berasal dari UKM yang hendak memulai bisnis online.

Harga yang ditawarkan Cloudkilat untuk paket hostingnya adalah Rp 50.000,- per bulan atau Rp 600.000,- per tahun. Anda bisa berlangganan per bulan, per 6 bulan atau per tahun.

Kesimpulan

Apakah paket hosting Cloudkilat merupakan yang terbaik? Bagi saya relatif atau tergantung Anda. Yang jelas, kualitas akan sesuai dengan harga yang Anda bayar.

Namun untuk website yang sudah mampu mendapatkan sekitar 1.000 visitor ke atas per hari, paket kilat hosting sudah mampu menampungnya. Cloudkilat tentu merupakan salah satu di antara yang terbaik.

Jika website Anda sudah mulai berkembang dan mampu menampung ribuan visitor setiap harinya, Anda mungkin perlu upgrade ke paket VM atau VPS.

Namun saya sendiri kagum dengan paket hosting Cloudkilat karena berbagai alasan yakni: harga, keamanan, layanan support, bandwidth, kecepatan akses, dan kemudahan setup-nya. Dan kami di Seni Berpikir merekomendasikan Cloudkilat untuk paket hosting. Sekian review Cloudkilat dari saya.

REVIEW OVERVIEW
Akses cPanel
Uptime
Harga
Kecepatan
Support
Keamanan
Fitur
SHARE
Artikel SebelumnyaTantangan Menuju Gemerlap Pembangunan
Artikel SelanjutnyaFree Ebook: The Prince oleh Niccolo Machiavelli
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

TINGGALKAN KOMENTAR