Cara Membuat “About Me” di Sidebar – Ada banyak blogger yang penasaran bagaimana cara membuat “About Me” yang berisi pesan singkat tentang dirinya dan juga blog-nya di bagian sidebar blog-nya. Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, kali ini saya menulis tentang panduan membuat “About Me” di sidebar dengan beberapa kreasi yang bisa Anda terapkan.

Cara ini sebenarnya sangat simpel bagi Anda yang sudah akrab dengan HTML singkat. Langsung saja kita bongkar caranya.

1. Buatlah satu paragraf tentang Anda dan tema blog Anda.

2. Sediakan foto jika Anda ingin menambahkan foto diri Anda atau simbol/logo blog Anda.

3. Masukkan kode berikut ini:

<p style=”text-align: center”> (masukkan URL foto di sini) alt=”” width=”240″ height=”180″/></p><p style=”text-align: center; font-size: 16px; font-family: georgia, arial, verdana;”> (masukkan teks/kalimat di sini) </p>

Keterangan kode:

-kode yang berwarna merah gunanya untuk menyediakan space untuk mengisi foto, URL, serta kalimat yang ingin Anda tempatkan ke dalam suatu space berbentuk kotak.

BACA JUGA:  20 Shortcuts Penting untuk Wordpress

-kode berwarna biru fungsinya untuk mengatur alignment tulisan Anda, mau dibuat rata kanan, tengah, atau kiri. Ganti saja tulisan center menjadi left atau right.

-Setelah itu ambil URL gambar yang ingin Anda tempatkan di bagian (masukkan URL foto di sini)

-Kode yang berwarna hijau muda adalah ukuran foto/gambar yang Anda kehendaki. Silahkan atur bagian width dan height untuk menggantinya.

-DI bagian (masukkan teks/kalimat di sini) isilah dengan pesan singkat atau profil atau tulisan apapun yang Anda inginkan.

4. Untuk mengaplikasikannya silahkan copy seluruh kode yang telah Anda rubah dan tambahkan ke bagian widget Anda dengan cara log in ke bagian Dashboard => Appearance => Widget => Teks kemudian drag ke bagian sidebar di mana Anda ingin mengaplikasikannya.

Hasilnya kira-kira akan terlihat seperti ini:

SeniBerpikir_Sampel

 

Anda juga bisa menambahkan alt teks email, twitter, facebook, dan media sosial lainnya ke dalam tulisan tersebut.

Jika Anda pengguna blog lain selain wordpress, tinggal aplikasikan saja kode tersebut ke bagian widget sidebar blog Anda masing-masing. Selamat mencoba.

BACA JUGA:  ThinkWithGoogle: Cek Kecepatan dan Kekuatan Mobile-Friendliness Website Anda

7 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR