5 Cara Agar Bisnis Online Dikenali – Bagi pemilik UKM yang ingin merambat ke ranah online, budget tentu masih menjadi pertimbangan utama bagi Anda. Namun selain itu, eksistensi bisnis Anda di pasar online yang kian hari kian marak akan persaingan tentu tetap harus dipertimbangkan. Inilah yang mungkin menjadi kendala yang saat ini Anda pusingkan.

Ada banyak sekali cara agar bisnis online dikenali masyarakat luas sebagai pengguna internet aktif, tetapi apakah sudah sesuai dengan budget yang Anda miliki? Ketika berbicara tentang eksistensi di pasar online, Anda mungkin sudah berpikir untuk mulai mempromosikan bisnis Anda lewat periklanan digital seperti Google Adwords.

Atau Anda sudah bersiap untuk membuat website khusus untuk bisnis Anda. Selain itu, content writing juga menjadi pertimbangan lain sebab Anda mungkin terlalu sibuk untuk menyediakan konten demi website Anda sendiri, sehingga membutuhkan jasa penulis artikel untuk website Anda.

Dalam pembahasan kali ini, kita membahas tentang berbagai cara agar bisnis online dikenali tetapi tetap memotong budget agar bisa lebih hemat sehemat mungkin. Coba ikut cara-cara berikut:

5 Cara Agar Bisnis Online Dikenali Sembari Menghemat Budget

1. Media Sosial Masih Merupakan Senjata Ampuh, Tapi . . .

Media sosial sekarang ini sudah banyak sekali jumlahnya. Nama-nama besar seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Linkedin hanyalah beberapa saja yang diketahui sudah sangat banyak penggunanya. Pengguna media sosial pun bertambah setiap harinya, tentu karena didorong pula oleh bertambahnya pilihan media sosial yang bisa digunakan.

Namun Anda harus bijak memilih media sosial apa yang akan Anda gunakan untuk memperkenalkan bisnis Anda karena tidak semua media sosial, meski gratis dan populer, cocok dengan bisnis Anda.

Sebutlah Facebook dan Instagram, yang saat ini menjadi sudah dijadikan pasar online, kemungkinan besar cocok untuk bisnis yang akan Anda promosikan, terutama bila bisnis Anda menjual produk fisik seperti produk fashion, alat-alat fotografi, dan sebagainya.

BACA JUGA:  Kisah Sukses Amancio Ortega Senada Dengan Sukanto Tanoto

Dewasa ini, perusahaan besar sekalipun kerap menjadikan media sosial sebagai wadah untuk menarik perhatian calon pembeli potensial. Selain gratis, populer, dan mudah digunakan, media sosial lebih terarah, tergantung bagaimana strategi Anda dalam menarik calon pembeli potensial.

Nah, strategi yang perlu Anda terapkan dalam memanfaatkan media sosial adalah dengan memenuhi kebutuhan calon pembeli Anda sebaik mungkin. Follower atau calon pembeli Anda selalu membutuhkan informasi dan hal-hal yang bagi mereka menarik. Jangan hanya menawarkan produk Anda atau bertele-tele memamerkan produk Anda, saya sebagai follower di media sosial Anda akan merasa bosan dengan hal-hal tersebut.

Sebaliknya, berikan jugalah informasi yang penting untuk diketahui karena terkadang calon pembeli bahkan tidak tahu apa yang saat ini ia butuhkan. Sesekali bagikan link artikel yang menarik tetapi masih harus berkaitan dengan bisnis Anda.

Memang video anjing lucu sangat viral akhir-akhir ini, tetapi jangan posting hal tersebut ke dalam media sosial Anda jika bisnis Anda tidak ada kaitannya sama sekali dengan hal tersebut, kecuali jika bisnis Anda adalah Pet Store.

Misalnya, jika Anda menjual produk-produk perlengkapan outdoor, artikel seputar traveling bisa Anda bagikan kepada pengikut Anda di media sosial. Intinya manfaatkan media sosial dengan baik merupakan salah satu cara agar bisnis online bisa dikenali oleh calon pembeli, sehingga meningkatkan potensi penjualan Anda.

2. SEO Teramat Penting, Namun Jangan Pernah Membeli Backlink

Jika Anda memiliki website khusus untuk bisnis Anda, SEO merupakan elemen terpenting dalam menemukan cara agar bisnis online dikenali. Dan salah satu elemen terpenting dalam meningkatkan kualitas SEO website Anda adalah backlink.

Mengapa backlink penting untuk SEO sebuah website? Menurut para pengamat SEO, pengaruh terbesar tingkatan SEO sebuah website adalah banyaknya link yang mengarah ke website Anda dari website-website yang berkualitas, aman, dan berhubungan dengan bisnis Anda.

BACA JUGA:  11 Tips Agar Blog Cepat Terindeks Google

Contohnya, jika sebuah website dengan tingkat SEO yang baik memberikan link yang mengarah ke website Anda, maka perlahan ranking SEO website Anda akan meningkat. Dan jika tingkat SEO tinggi, maka kemungkinan besar website Anda akan muncul di halaman pertama pencarian Google untuk kata kunci pencarian yang berkaitan dengan konten Anda.

Semakin banyak link berkualitas yang mengarah ke website Anda maka tentu saja akan semakin baik. Masalahnya tidak semua kita bisa mendapatkan backlink berkualitas.

Di luar sana ada banyak sekali jasa penjualan backlink untuk website Anda. Selain membuang-buang uang, jasa backlink sebaiknya Anda hindari. Jika backlink yang diberikan kepada website Anda bersifat spam, maka Google tidak segan-segan akan menghapus website Anda dari hasil pencarian, artinya dipenalti.

Salah satu cara mudah untuk mendapatkan backlink yang baik adalah dengan berkomentar di blog orang lain. Namun pastikan Anda mengikuti tata kerama tak tertulis ketika berkomentar. Selalu gunakan nama asli Anda, jangan nama bisnis, karena tidak semua webmaster menyukai komentar yang menggunakan nama bisnis.

Jika di Seni Berpikir Anda berkomentar dengan nama bisnis atau kata kunci, komentar Anda tidak akan pernah diterima.

Cara selanjutnya untuk mendapatkan backlink adalah dengan menulis konten yang sangat berkualitas dan original di website Anda. Kemungkinan besar konten Anda akan dibagikan di media sosial dan dijadikan link referensi oleh website lain, sehingga ini juga merupakan salah satu cara gratis agar bisnis online Anda dikenali.

Alternatif lain, Anda juga bisa berteman dengan webmaster lain yang Anda anggap memiliki blog yang berkualitas dan berkaitan dengan bisnis Anda. Jika memiliki hubungan yang baik maka mereka akan menerima link back ke website Anda ketika Anda memintanya.

BACA JUGA:  4 Plugin WordPress Untuk Toko Online

3. Coba Bereksperimen dengan Instagram

Facebook memang masih belum bisa ditinggalkan, namun kini orang sedang ramai-ramainya menggunakan Instagram. Cobalah buat akun Instagram khusus untuk bisnis Anda.

Dengan menggunakan Instagram jangan melulu berpikir soal foto produk. Kenalkan juga budaya di perusahaan Anda yang menyenangkan, apalagi jika bisnis yang Anda miliki bukanlah berdasarkan produk fisik.

Jika Anda menjual jasa, maka Anda bisa memamerkan portofolio hasil keahlian Anda dalam bentuk foto.

4. Jika Anda Belum Memiliki Website untuk Bisnis Anda, Maka Segera Buat

Website merupakan rumah bagi bisnis Anda di pasar online. Inilah Headquarter bisnis Anda di dunia online sehingga Anda perlu mempertimbangkan pembuatannya. Jika Anda sudah memiliki nama brand, segeralah beli nama domain untuk brand bisnis Anda. Setelah itu gunakan domain tersebut sebagai alamat untuk website Anda.

Website juga merupakan identitas penting yang sepertinya tidak bisa tidak untuk dimiliki oleh sebuah bisnis online. Untuk membuat website Anda bisa menghemat budget dengan memilih paket hosting murah seperti Niaga Hoster yang kualitasnya sudah terjamin. Ada banyak paket yang disediakan dengan harga yang sangat terjangkau untuk kalangan UKM.

5. Mulai Berpromosi

Terakhir dalam daftar ini, cara agar bisnis online dikenali adalah dengan giat mempromosikan bisnis Anda menggunakan elemen-elemen di atas. Anda sudah punya empat elemen penting di atas sebagai modal kuat untuk mulai berpromosi.

Media sosial selalu bisa menjadi alat yang sangat ampuh, tingkatkan eksistensi di mesin pencari dengan bantuan SEO dan backlink, bereksperimen dengan Instagram secara khusus, hingga menggunakan website untuk mendapatkan pengunjung adalah cara-cara terbaik sekaligus bisa menghemat agar bisnis online Anda bisa dikenali. Semoga bermanfaat!

TINGGALKAN KOMENTAR