Cara Mendaftarkan Bisnis di Google My Business (Google Bisnisku) – Bagi setiap pebisnis, memiliki sebuah toko fisik/kantor pusat yang mudah ditemukan di mana lokasinya tentu menjadi dambaan.

Apalagi sekarang semuanya serba teknologi, di mana orang yang mengetahui alamat bisnis Anda hanya tinggal mencarinya saja di aplikasi peta seperti Google Maps.

Kabar baiknya, kini Anda bisa mendaftarkan bisnis di Google My Business (Google Bisnisku) sehingga akan menjadi lebih mudah untuk ditemukan oleh pelanggan maupun klien.

Kenapa mendaftarkan bisnis di Google My Business itu penting? Bila Anda pernah menggunakan aplikasi Google Maps, maka pastinya Anda pernah melihat bahwa banyak bisnis atau gedung yang tertanda di koordinat tertentu sehingga mudah untuk dituju.

Bisnis Anda pun bisa ditemukan dengan cara yang sama. Selain itu, dengan mendaftarkan bisnis di Google My Business, informasi terkait bisnis Anda pun bisa lebih mudah ditemukan oleh klien atau pelanggan potensial dari hasil pencarian Google. Mari mengenal lebih dalam tentang apa itu Google My Business.

Apa Itu Google My Business?

Google My Business (Google Bisnisku) adalah sebuah alat yang disediakan Google dimana pemilik bisnis bisa mengelola informasi bisnis atau perusahaannya untuk dimasukkan ke dalam direktori yang akan muncul dalam pencarian Google maupun Google Maps.

Baca Juga: 8 Teknik Promosi Terbaik Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Anda

Dengan fitur Google yang satu ini, setiap bisnis menjadi lebih mudah untuk ditemukan, apalagi dengan aplikasi dan teknologi Google yang kini saling terintegrasi. Dengan mendaftarkan bisnis di Google My Business, siapapun yang ingin mendatangi kantor/bisnis Anda dapat menemukan lokasinya dengan mudah, nomor yang bisa dihubungi, dan sebagainya.

Bila bisnis Anda terdaftar di direktori Google, tampilannya kira-kira akan terlihat seperti ini:

koinworks - Google my business

Dengan mendaftarkan bisnis di Google My Business dan memasukkan informasi terkait bisnis Anda dengan benar ke dalamnya, Google kemudian mampu menyuguhkan informasi yang lebih akurat kepada calon pelanggan potensial Anda ketika mereka mencari informasi mengenai bisnis Anda di Google.

BACA JUGA:  8 Teknik Promosi Terbaik Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Anda

Kenapa Pemilik Bisnis Harus Mendaftarkan Bisnis di Google My Business?

Kenapa harus? Apa pentingnya? Menurut Google sendiri, 97% konsumen selalu mencari informasi tentang produk dan layanan yang tersedia secara lokal namun hanya sekitar 37% bisnis saja yang sudah diklaim dan terdaftar di mesin pencari tersebut.

Baca Juga: 5 Tool Gratis Untuk Membuat Postingan Gambar Media Sosial

Terdaftarnya bisnis Anda di Google tentu akan membuat Anda lebih maju dibandingkan para kompetitor, atau paling tidak Anda mampu tetap bersaing dalam kompetisi bisnis yang ‘ganas’.

Selain itu, seperti yang sebelumnya sudah disebutkan berkali-kali, mendaftarkan bisnis Anda di Google My Business akan memudahkan calon pelanggan/klien potensial untuk menemukan beragam informasi terkait bisnis Anda di hasil pencarian Google maupun Google Maps mulai dari koordinat lokasi, alamat lengkap, jam operasional, review, hingga foto.

Baca Juga: 10 Alat Gratis Google untuk Content Marketing yang Wajib Digunakan

Selain itu, beberapa fitur gratis yang disediakan Google juga akan membantu Anda mengembangkan bisnis sehingga bisa lebih maju, antara lain:

1. Buat Situs Gratis Untuk Bisnis Anda dalam Sekejap

Bila Anda selama ini hanya beroperasi secara offline, dengan Google My Business Anda bisa dengan mudah membuat sebuah situs untuk bisnis Anda, bahkan bisa dibuat melalui ponsel.

Hal ini pun bisa memudahkan Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan secara online. Situs Anda akan dibuat secara otomatis dengan info dari listingan Google, dan Anda dapat menyesuaikannya dengan teks, foto, dan tema desain. Baca selengkapnya mengenai fitur ini.

Baca Juga: 

Cara Membuat Website dengan WordPress
Cara Membuat Toko Online dengan WordPress dan WooCommerce
Cara Membuat Toko Online dengan Shopify

2. Menjangkau Pelanggan Melalui Informasi yang Aktual

Manfaatkan peluang setiap kali seseorang menemukan bisnis Anda di hasil pencarian Google dan Google Maps. Dengan foto dan postingan baru, jam buka yang dapat disesuaikan, dan situs web gratis, mudah untuk memastikan bahwa bisnis Anda yang terdaftar selalu up-to-date. Baca selengkapnya.

BACA JUGA:  Bagaimana Cara Investasi Untuk Pemula?

3. Menjaga Loyalitas Pelanggan Dengan Interaksi Secara Online

Anda bisa berinteraksi dengan pelanggan/klien potensial yang memiliki peran penting bagi bisnis Anda. Anda juga bisa memulai percakapan dengan pelanggan Anda dengan cara merespon pesan dan ulasan yang mereka posting.

4. Ketahui Bagaimana Pelanggan Menemukan Bisnis Anda

Cari tahu bagaimana pelanggan menemukan dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Dengan Google My Business, Anda bisa melihat statistik dan menganalisa data yang ada sehingga Anda dapat mengetahui bagaimana sebenarnya pelanggan menemukan bisnis Anda. Baca selengkapnya.

Cara Mendaftarkan Bisnis di Google My Business (Google Bisnisku)

Bila sudah sampai di tahap ini, maka saya asumsikan bahwa Anda sudah tertarik untuk mendaftarkan bisnis di Google My Business. Sekarang, Anda hanya perlu login dengan akun Gmail Anda terlebih dahulu (utamakan akun Gmail khusus untuk bisnis Anda).

Jika belum memiliki akun Gmail, silakan buat terlebih dahulu. Setelah itu silakan login dan kemudian ikut tutorial berikut:

1. Masuk ke Google My Business

google my business

Langkah pertama adalah masuk ke Google My Business (https://www.google.com/intl/id_id/business/) dan klik tombol Mulai Sekarang, seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

2. Cari Bisnis Anda dan Isi Formulir Pendaftaran Dengan Informasi yang Benar dan Akurat

cara mendaftarkan bisnis di google my business - isi formulir pendaftaran

Bila Anda tidak menemukan form pencarian untuk menemukan bisnis Anda, maka Anda harus menggunakan form seperti yang terlihat di atas. Berikut rincian detilnya:

  1. Nama bisnis: Masukkan nama bisnis/perusahaan Anda. Google akan secara live mencoba menemukan nama yang sesuai. Bila tidak ditemukan, maka saatnya Anda mendaftarkannya. Bila Anda menemukannya, maka Anda harus mengklaim bisnis tersebut. Lanjutkan ke form berikutnya.
  2. Negara / Wilayah: Masukkan Indonesia jika berada di Indonesia.
  3. Alamat: Masukkan alamat lengkap bisnis Anda, bila perlu lengkap hingga kode pos.
  4. Kota
  5. Provinsi
  6. Kode Pos
  7. Telepon Utama Bisnis: Masukkan nomor telepon kantor (bukan nomor ponsel).
  8. Kategori: Pilih kategori yang sesuai dengan bisnis Anda. Upayakan untuk memilih kategori bisnis yang benar-benar sesuai, paling tidak yang paling mendekati bisnis Anda karena Google akan mengklasifikasikan/memperlakukan bisnis Anda berdasarkan kategori yang dipilih. Penting!
  9. Situs Web: Masukkan URL website bisnis Anda.
  10. Saya mengirimkan barang dan jasa ke pelanggan saya di lokasinya —Informasi penting: Rekomendasi saya, baca seluruh isi Informasi penting yang tertera terlebih dahulu. Kemudian, apabila Anda mengirimkan barang/jasa ke alamat pelanggan, maka centang Yes, bila sebaliknya centang No.
BACA JUGA:  Cara Membuat Toko Online dengan Shopify: Lengkap!

Setelah itu, lanjutkan ke tahap berikutnya.

3. Verifikasi Bisnis Anda

cara mendaftarkan bisnis di google my business - verifikasi pin

Google butuh memverifikasi eksistensi dan kesesuaian bisnis Anda dengan cara mengirimkan PIN verifikasi lewat surat pos ke alamat bisnis yang sudah Anda tunjuk saat mendaftarkan bisnis di Google My Business.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online Untuk Siapapun

Ini artinya Anda harus menunggu 2 minggu hingga sekitar 1 bulan hingga surat pos berisi PIN tiba di alamat bisnis Anda. Bila Anda beruntung, Anda bahkan bisa mendapatkan PIN verifikasi melalui SMS atau pun telepon.

Kemudian klik Lanjutkan dan verifikasi nanti.

4. Konfirmasi Bisnis Anda dan Buat Google+ Untuk Bisnis Anda

Di langkah selanjutnya, Anda kemudian memiliki Google+ untuk bisnis Anda di mana melalui Google+ tersebut Anda bisa mengubah informasi terkait bisnis Anda. Namun, sebelum semua informasi yang Anda input mengenai bisnis Anda tampil kepada publik, Anda tentu harus memverifikasi bisnis Anda lewat PIN yang sudah dikirim ke alamat Anda.

Apabila PIN tersebut sudah tiba di alamat, klik opsi Verify Now seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:

cara mendaftarkan bisnis di google my business - verifikasi pin sekarang

Setelah itu Anda pun selesai mendaftarkan bisnis di Google My Business. Sekarang, Anda hanya perlu mengubah atau pun melengkapi informasi terkait bisnis Anda selengkap-lengkapnya dan seakuratnya.

Itulah cara mendaftarkan bisnis di Google My Business, bagaimana menurut Anda? Jangan sungkan untuk menyampaikan pertanyaan lewat kolom komentar di bawah bila Anda membutuhkan bantuan. Semoga bermanfaat!

1 KOMENTAR

  1. Terimakasih mas, memang benar sekarang teknologi sudah sangat memudahkan kita. Seperti pada contoh judul artikel diatas, dengan cara seperti itu, kegiatan promosi bisnis menjadi semakin mudah karena search engine membantu memperkenalkan bisnis kita.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here