8 Teknik Promosi Terbaik Untuk Bisnis Online Demi Meningkatkan Penjualan – Beragam jenis diskon memang kerap dimanfaatkan oleh pemilik bisnis online untuk menarik pelanggan sekaligus meningkatkan penjualan.

Yang membedakan penerapan diskon di kalangan penjual hanyalah terletak pada bagaimana teknik yang mereka gunakan untuk menyuguhkan diskon tersebut.

Ada kalanya pebisnis online harus memutuskan untuk memasang diskon pada produk yang dijualnya, kapan dan bagaimana.

Pemilik bisnis online pun sering dihadapkan pada keputusan kapan saat yang tepat untuk menyuguhkan diskon untuk produk yang dijualnya entah itu untuk keperluan ‘menyegarkan kembali’ inventori dengan produk baru, menyambut musim-musim di mana penjualan biasa meningkat seperti momen Ramadhan, Lebaran, Natal, hingga Tahun Baru, dan sebagainya.

Memang, menawarkan diskon bisa menjadi teknik promosi yang tepat untuk meningkatkan penjualan pada bisnis online Anda.

Hanya saja, teknik promosi seperti apa yang bisa menarik pengunjung menjadi pembeli? Itu yang kita jawab bersama-sama di sini. Sebelumnya, mari kita kaji lebih lanjut kenapa penyuguhan diskon bisa menjadi salah satu teknik promosi yang efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis online.

Diskon Sebagai Teknik Promosi yang Efektif Untuk Meningkatkan Penjualan

Sebelum kita membahas tentang bagaimana teknik promosi terbaik yang bisa digunakan, mari kita bahas kelebihan dan kekurangan diskon dalam meningkatkan penjualan.

Kelebihan

  • Mampu menarik pelanggan baru
  • Meningkatkan konversi dari pengunjung hingga menjadi pembeli
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan yang sudah ada untuk terus membeli produk di toko online Anda

Kekurangan

  • Bisa mengurangi margin keuntungan
  • Citra brand bisa saja menjadi jelek karena terlalu banyak memasang diskon
  • Kecenderungan untuk mendapatkan pelanggan yang tidak loyal sebab mereka hanya membeli produk Anda karena sedang ada diskon

Apakah Diskon Merupakan Teknik Promosi yang Tepat Untuk Anda?

Anda harus menjawab ini sendiri. Pertimbangannya, apakah menggunakan teknik promosi diskon sesuai dengan strategi pemasaran bisnis online Anda?

Seperti yang sudah dibahas di atas, penerapan teknik promosi dengan diskon bisa menarik pelanggan baru dan meningkatkan konversi, hanya saja, bisa mengurangi margin keuntungan sekaligus mengundang pelanggan yang tidak loyal.

Bila Anda memiliki sebuah brand yang high end atau menjual produk dengan margin keuntungan yang lebih sedikit, Anda tentu harus menargetkan pelanggan yang nantinya loyal untuk membeli produk dari Anda.

Teknik promosi dengan diskon yang Anda gunakan tentunya harus bersifat loyalty type offers ketimbang diskon secara mingguan bahkan harian.

Sebaliknya, bila Anda memang lebih fokus untuk meningkatkan penjualan dengan margin keuntungan yang lebih besar, diskon rutin seperti diskon mingguan bisa Anda coba.

Pada dasarnya, Anda memang harus bereksperimen untuk mengetahui teknik promosi mana yang paling baik untuk meningkatkan penjualan bisnis online Anda. Anda juga harus memastikan teknik promosi mana yang cocok untuk brand Anda.

Salah satu langkah terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan menentukan tujuan yang jelas di setiap teknik promosi terbaik untuk bisnis online yang Anda gunakan, mulai dari hal yang kecil dan evaluasi hasilnya.

BACA JUGA:  4 Plugin WordPress Untuk Toko Online

Jenis-Jenis Diskon yang Bisa Dimanfaatkan Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Ada beberapa jenis diskon yang bisa Anda manfaatkan, dan mari kita lihat teknik promosi dengan diskon mana yang paling umum digunakan:

  1. Diskon Berbasis Persentase: Teknik ini merupakan salah satu teknik yang paling umum digunakan. Anda bisa memulai dengan memberikan insentif kepada pelanggan Anda berupa potongan harga sebesar 5% atau 10% untuk setiap produk.
    Atau, bila Anda ingin membuat perputaran arus penjualan lebih lancar, coba juga diskon yang lebih besar seperti 40% atau 50% dengan pertimbangan bahwa potongan harga tersebut sudah sesuai dengan margin keuntungan yang Anda harapkan. Jangan sampai merugi!
  2. Potongan Harga Langsung Berupa Rupiah: Dengan teknik promosi ini Anda bisa langsung menerapkan potongan harga tanpa persentase. Misalnya, beli 2 produk langsung dapat potongan harga sebesar Rp 100.000. Atau, berikan pelanggan Anda potongan harga sebesar Rp 250.000 setiap kali nilai belanja mencapai Rp 1.000.000.
  3. Beli Produk Gratis Produk: Tidak hanya bisnis online, teknik promosi yang satu ini pun kerap digunakan di dept. store seperti yang ada di mall atau pusat perbelanjaan lainnya. Yang perlu Anda lakukan adalah memberikan produk gratis setiap kali pelanggan membeli produk tertentu dengan jumlah tertentu.
    Contoh, bila Anda menjual gitar di toko online Anda, Anda bisa memberikan sepaket senar gitar gratis untuk produk gitar tertentu yang dibeli. Atau, coba juga teknik ‘Beli 3 Gratis 1’.
    Teknik ini juga sangat ampuh digunakan apabila Anda memiliki produk yang kurang laku namun stoknya masih banyak tersedia di inventori Anda. Ketimbang produk yang kurang laku tersebut hanya memenuhi inventori Anda saja, lebih baik dibagikan secara gratis sebagai bagian dari teknik promosi Anda.
  4. Pengiriman Gratis: Biaya pengiriman yang cenderung mahal bisa menjadi alasan utama kenapa pelanggan tidak jadi membeli dari toko online Anda. Alhasil, produk yang ada di keranjang belanjaan pembeli tidak lanjut ke tahap pembayaran, artinya dibiarkan begitu saja.
    Nah, gunakan teknik promosi Pengiriman Gratis untuk meningkatkan penjualan bisnis online Anda. Anda bisa menggunakan teknik promosi yang satu ini dengan strategi pemasaran yang sesuai dengan bisnis online Anda.
    Contoh, berikan promo Pengiriman Gratis di momen tertentu seperti selama Ramadhan, Lebaran, Natal dan Tahun Baru. Atau, berikan promo tersebut apabila pembeli berbelanja dengan nominal tertentu.

Kapan dan Bagaimana Teknik Promosi Terbaik Dengan Diskon?

Ada banyak sekali teknik promosi terbaik yang bisa kita manfaatkan dengan menggunakan diskon untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan pelanggan baru yang sangat potensial untuk menjadi pelanggan loyal.

Teknik promosi terbaik ini hanya akan menjadi ‘yang terbaik’ apabila dimanfaatkan dengan perencanaan dan strategi yang sudah matang dan tentu sesuai dengan brand bisnis online Anda.

BACA JUGA:  Cara Mengganti Blogspot Dengan Nama Domain Pribadi

Mari kita simak selengkapnya seperti apa teknik promosi terbaik yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan penjualan.

8 Teknik Promosi Terbaik Untuk Bisnis Online yang Mampu Meningkatkan Penjualan

1. Diskon Mingguan/Bulanan Untuk Meningkatkan Penjualan Sekaligus Memenuhi Target Pendapatan

Bila menggunakan metode diskon seperti ini, artinya Anda memberikan potongan harga secara rutin kepada pelanggan Anda, seperti diskon mingguan dan bulanan.

Metode ini tentu mampu menarik pelanggan yang lebih banyak, bahkan mereka yang belum tahu brand Anda pun bisa menjadi pelanggan potensial.

Dalam hal ini, kita contohkan penyedia layanan hosting lokal Niaga Hoster yang rutin memberikan diskon setiap akhir pekan.

niagahoster diskon weekend

Dengan teknik promosi ini, terbukti Niaga Hoster mampu meningkatkan penjualan dan mengakuisisi pelanggan baru dari waktu ke waktu.

2. Diskon Khusus Musim Tertentu Seperti Liburan/Hari Besar

Metode diskon ini pastinya sering Anda jumpai ketika musim liburan tiba seperti Ramadhan, Lebaran, Natal dan Tahun Baru.

Musim belanja lain seperti Harbolnas (lokal) dan Black Friday (internasional) hingga HUT Kemerdekaan RI pun turut menjadi ajang ‘adu diskon’ bagi pemilik bisnis online.

Kita contohkan brand kemeja premium pria De Quixote yang memanfaatkan musim libur Lebaran untuk memberikan diskon kepada pelanggannya:

DE QUIXOTE diskon

Khusus kepada pembaca Seni Berpikir, De Quixote memberikan kode diskon DQ25OFF dengan potongan harga 25% untuk setiap pembelian khusus di momen Lebaran yang penuh berkah ini. Belanja sekarang!

3. Promo Diskon Dengan Berlangganan Email

subscribe for discount

Email marketing masih menjadi senjata yang sangat ampuh untuk menarik pengunjung dan meningkatkan penjualan.

Teknik promosi ini digunakan untuk mengumpulkan email dari calon pelanggan dengan kode promo diskon sebagai imbalannya.

Jadi, setiap pengunjung toko online Anda yang berlangganan email akan mendapatkan kode diskon dari Anda.

Anda pun bisa mengirimkan promo-promo selanjutnya ke email mereka setelah Anda mengumpulkannya.

4. Potongan Harga Khusus Mereka yang Baru Pertama Kali Belanja

Mereka yang baru mengetahui brand Anda dan baru pertama kali mengunjungi toko online Anda tentu wajib diberikan penghargaan dengan memberikan diskon.

Hal tersebut pun ampuh untuk meningkatkan loyalitas dan first impression mereka terhadap bisnis online Anda. Metode ini juga dimanfaatkan dengan baik oleh Shopee untuk menarik lebih banyak pelanggan baru:

shopee welcome voucher

Diskon seperti ini tentu saja bisa Anda tiru dengan menambahkan sedikit modifikasi seperti menggabungkannya dengan metode ‘berlangganan email’ yang bertujuan untuk email marketing jangka panjang.

5. Memanfaatkan Influencer Seperti Seleb Instagram, Youtuber, Maupun Blogger

instagram endorsement

Menggandeng influencer yang memiliki jumlah audiens yang besar sekarang ini merupakan teknik promosi yang sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan bisnis online.

Selain memperbesar eksposur terhadap brand Anda, bekerja sama dengan influencer dalam teknik promosi endorsement juga sangat jitu untuk mendapatkan pelanggan potensial yang lebih spesifik dan loyal.

BACA JUGA:  Cara Membuat Toko Online dengan Shopify: Lengkap!

Ibarat kata, sosok favorit mereka saja menggunakan produk Anda, pastinya mereka yang mengidolainya pun terpacu untuk menggunakan produk Anda.

Tidak heran bila saat membuka Instagram Anda sering menemukan seleb Instagram yang foto-fotonya sedang memamerkan atau menggunakan produk tertentu. Pun begitu dengan Youtube dan blog.

Memanfaatkan influencer untuk mempromosikan brand kerap disebut sebagai endorsement, dan teknik promosi ini merupakan satu dari teknik promosi terbaik yang bisa Anda gunakan sekarang juga.

Anda juga bisa memberikan diskon khusus bagi follower sang influencer dengan kode voucher tertentu.

6. Diskon Khusus Pelanggan Setia

Customer Loyalty Offers

Memberikan diskon secara khusus bagi pelanggan setia Anda bisa menciptakan ikatan yang kuat antara brand Anda dengan pelanggan.

Metode ini bisa Anda manfaatkan dengan melihat berapa kali pelanggan yang sama membeli produk Anda. Misalnya si A sudah pernah membeli produk Anda sejak tahun 2013, dan hingga tahun 2017 sudah 20 kali belanja di toko online Anda.

Pelanggan pun tentu ingin selalu disenangkan, jadi berikan diskon khusus kepada pelanggan setia tersebut sehingga bisa terus setia membeli barang dari toko online Anda.

7. Diskon Untuk Minimum Pembelian

Diskon Untuk Minimum Pembelian

Memberikan diskon untuk minimum nominal pembelian juga terbukti efektif sebagai sebuah teknik promosi untuk toko online Anda.

Bila Anda sudah memastikan apakah diskon tersebut tidak terlalu mempengaruhi margin keuntungan Anda dengan minimum nominal pembelian maka teknik ini wajib Anda coba.

Sebagai contoh di atas, Fave juga memberlakukan sistem diskon dengan minimum transaksi di websitenya.

8. Jangan Lupa Tawarkan Cashback

promo cashback bukalapak

Tawaran cashback ini sebenarnya mirip dengan diskon, hanya saja, pelanggan berhak mendapatkan kembali sejumlah uang tertentu dari biaya yang telah dibayarnya saat berbelanja.

Dari contoh gambar di atas, cashback juga digunakan oleh BukaLapak untuk meningkatkan konversi dan pastinya penjualan. Teknik promosi ini tentunya bisa Anda manfaatkan sekarang juga.

Penutup

Itulah teknik promosi terbaik untuk bisnis online dalam meningkatkan penjualan bisnis online Anda. Teknik promosi terbaik tersebut hanya akan menjadi ‘yang terbaik’ apabila dibarengi dengan strategi yang matang dan tetap menguntungkan.

Untuk meningkatkan penjualan bisnis online, teknik promosi terbaik untuk bisnis online mana yang sedang dan akan Anda gunakan? Bagaimana efeknya? Apa rekomendasi Anda? Jangan sungkan untuk membagikan opini Anda lewat kolom komentar di bawah.

Bacaan Penting Untuk Anda:

1. Cara Memulai Bisnis Online Untuk Siapapun
2. 
Review Shopify: Membuat Toko Online dengan Mudah
3. Cara Membuat Toko Online dengan Shopify: Lengkap!
4. Cara Menginstall WordPress
5. Cara Membuat Toko Online Dengan WordPress
6. Coba 5 Situs Gratis Ini Untuk Membuat Logo Online
7. 5 Cara Agar Bisnis Online Dikenali
8. Coba 10 Alat Gratis Google untuk Digital Marketing
9. 5 Tool Gratis Untuk Membuat Postingan Gambar Media Sosial

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here