5 Tool Untuk Bisnis Online yang Wajib Digunakan – Mengembangkan bisnis online memang tidak mudah. Di sisi lain, mengembangkan bisnis online sudah barang tentu tidaklah sesusah seperti yang dikira.

Dunia teknologi digital membuka banyak jalan, terutama dengan hadirnya berbagai macam tool untuk mengembangkan bisnis online.

Tool untuk bisnis online yang kini tersedia punya banyak sekali tujuan yang kemudian mampu mengerucut ke satu tujuan, yang tak lain adalah mengembangkan bisnis online Anda.

Dalam artikel kali ini, mari mengenal lebih dalam apa saja tool untuk bisnis online yang harus Anda manfaatkan sekarang juga.

5 Tool Untuk Bisnis Online yang Wajib Digunakan

1FotoJet, Membuat Desain Grafis Menjadi Lebih Mudah

Desain grafis adalah kebutuhan yang sangat penting dalam hal marketing di media online. Entah itu postingan reguler di media sosial, gambar di blog, atau pun beriklan menggunakan Google maupun Instagram, Anda akan sangat membutuhkan desain grafis sebagai elemen visualnya.

Untuk itu, FotoJet wajib Anda gunakan demi mempermudah Anda membuat desain grafis menarik tanpa keahlian khusus.

Baca review FotoJet dan cara penggunaannya dari Seni Berpikir yang sudah saya tulis secara komprehensif di artikel ini.


2Buat Toko Online Anda dengan WordPress & WooCommerce atau Shopify

Mengenai bisnis online, tak lengkap bila Anda tidak memiliki toko online sendiri. Anda mungkin punya produk yang sudah ramai terjual di marketplace online seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan sebagainya.

BACA JUGA:  Meningkatkan Track Record Website dengan Search Engine Optimization (SEO)

Tapi untuk lebih mudah dan lebih eksklusif, Anda tentu harus punya toko online sendiri dengan nama brand Anda sebagai domainnya.

Sekarang, membuat toko online sendiri sangat gampang. Ada banyak cara yang bisa Anda terapkan.

Anda bisa membuat toko online dengan WordPress dan WooCommerce dengan menyediakan hosting dan domain sendiri, kemudian aturlah toko online Anda sebagai preferensi.

Anda juga bisa memanfaatkan plugin gratis buatan saya; Indonesian Banks for WooCommerce untuk mengatur metode pembayarannya. Pilih template atau layout dari 20 theme WooCommerce terbaik ini.

Bila menggunakan WordPress dan WooCommerce, Anda perlu memilih hosting terbaik dengan kapasitas yang baik untuk membuat toko online dengan performa yang mumpuni.

Adapun pilihan hosting yang bisa Anda pertimbangkan antara lain:

Di sisi lain, bila Anda ingin yang lebih mudah lagi, Anda bisa membuat toko dengan Shopify. Baca review Shopify di sini dan baca cara membuat toko online dengan Shopify di sini.

BACA JUGA:  Ketahui Tips Sebelum Memilih Reksadana Saham

3Mailchimp, Tetap Berkomunikasi dengan Pelanggan Anda

Setelah membuat toko online Anda sendiri, saatnya Anda membangun sebuah fungsi untuk mengumpulkan email pelanggan Anda.

Dengan Mailchimp, Anda bisa mengumpulkan email pelanggan Anda dan bisa mengirimkan berbagai jenis promo, tips dan tutorial untuk mengedukasi pelanggan Anda terkait penggunaan produk Anda, mengirimkan informasi terbaru ke pelanggan Anda, dan sebagainya.

Mailchimp menyediakan paket gratis untuk 2.000 email pelanggan. Bila memang efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis online Anda, tentu saja Anda bisa memperbaharui paket gratis tersebut ke paket premium kapan saja.


4Google Docs, Buat Berbagai Macam Dokumen untuk Berbagai Keperluan: Gratis!

Selain menyediakan mesin pencari yang canggih secara gratis, Google juga menyediakan berbagai produk yang bisa Anda manfaatkan dengan gratis.

Adapun Google Docs, platform yang memungkinkan Anda untuk membuat berbagai macam dokumen untuk berbagai keperluan.

Mulai dari invoice, mencatat inventori produk, keperluan akutansi, hingga mempresentasikan produk atau jasa yang dijual oleh bisnis online Anda, Google Docs sangat cocok untuk semua jenis bisnis online.

Selain Google Docs, Anda juga bisa memanfaatkan Google Drive sebagai salah satu tool untuk bisnis online Anda untuk keperluan menyimpan file entah itu foto produk, dokumen penting, dan berbagai macam file penting lainnya.

BACA JUGA:  Cara Menggunakan Custom Domain di Shopify

5Projects.co.id & Sribulancer, Dapatkan Bantuan dari Pekerja Lepas

Yang pasti, seturut berjalannya waktu, Anda akan sangat membutuhkan bantuan dari orang lain dengan keahlian tertentu untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.

Tool untuk bisnis online terakhir dalam daftar ini adalah Projects.co.id dan Sribulancer, dua dari sekian banyak platform freelancer terbaik di Indonesia.

Dapatkan berbagai bantuan di berbagai bidang seperti desain grafis, programming, terjemahan, hingga kepenulisan untuk bisnis inline Anda sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Selain Projects.co.id dan Sribulancer, Anda juga bisa mencari pekerja lepas di Freelancer.com yang sumber dayanya sangat besar jumlahnya.


Tool untuk Bisnis Online yang Wajib Digunakan: Penutup

Nah, itulah 5 tool untuk bisnis online yang wajib Anda gunakan sekarang juga. Memanfaatkan tool bisnis online dengan baik akan membawa pengaruh besar terhadap bisnis online Anda, entah itu dari segi efektivitas proses maupun efisiensi tenaga, anggaran, dan waktu.

Dari 5 tool bisnis online yang saya rekomendasikan di atas, yang mana yang paling menarik untuk digunakan?

Apakah Anda punya rekomendasi tool bisnis online lain yang belum saya sebutkan di atas? Silakan bagikan rekomendasi Anda di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.