10+ Prediksi Strategi Bisnis Online Paling Efektif di Tahun 2020 – Perkembangan pasar di internet saat ini telah menjadi peluang baru bagi pelaku bisnis online.

Akan tetapi, dalam pelaksanaannya diperlukan sebuah strategi peluang untuk menciptakan dan mengembangkan produk atau layanan yang dibutuhkan oleh masyarakat luar.

Masalahnya, banyak pelaku bisnis masih gagal dalam menjalankan usahanya. Padahal, potensi pasar di internet tidak terbatas.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online

Akibatnya, hanya kurang dari 10% pelaku bisnis online yang bisa menghasilkan keuntungan. Berikut ada 10 prediksi strategi bisnis online paling efektif di tahun 2020.

10+ Prediksi Strategi Bisnis Online Paling Efektif di Tahun 2020

1Mempersiapkan Rancangan Strategi Bisnis

rencana bisnis online
ShutterStock

Langkah awal yang begitu penting sebelum pelaksanaan usaha adalah membuat list rancangan strategi penjualan. Dalam perancangan, seorang pemilik bisnis online harus memiliki formula saat mengatur perusahaanya.

Baca Juga: Manfaatkan Internet, Ini 5 Jenis Bisnis Online yang Wajib Dicoba Sekarang!

Bisnis online pada dasarnya diharuskan menerapkan poin ini, misalnya dengan penentuan target penjualan, penentuan daftar strategi dan siapa yang akan menjalankan strateginya, dan sebagainya.

Selain itu, pembuatan business model canvas juga bisa menjadi solusi, membuat user persona, inovasi bisnis ke depannya, dan sebagainya.


2Menentukan Target Pasar

target market target marketing
ShutterStock

Salah satu prediksi strategi bisnis online paling efektif yakni dengan menentukan target pasar. Oleh karena itu, pemilik bisnis harus mempunyai sasaran pembeli dari produk yang dijualnya.

Baca Juga: 5 Cara Agar Bisnis Online Dikenali Sembari Menghemat Budget

Sama halnya dengan menentukan user persona, sehingga Anda bisa paham lebih jelas untuk siapa bisnis Anda ditujukan dan bagaimana menjual ke pasar tersebut.

Selain itu, perlu dilakukan penentuan target dari produk atau jasanya. Cara mudahnya, dengan mengincar target pasar tertentu terlebih dahulu sehingga bisnis online Anda bisa lebih matang dan siap ke depannya.


3Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial

Postingan Gambar Media Sosial - Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial
ShutterStock

Peranan media sosial dalam bisnis sudah terbukti sedari dulu efektivitasnya dan selama media sosial itu eksis, startegi bisnis online pun harus melibatkan media sosial.

Hampir setiap bisnis online kini mulai berpikir untuk memaksimalkan perkembangan bisnis lewat media sosial.

Baca Juga: 5 Tool Gratis Untuk Membuat Postingan Gambar Media Sosial

Salah satu caranya adalah dengan fokus terhadap konten terkait bisnis, kemudian bangun komunikasi dengan para pembeli barang atau jasa lewat media sosial yang digunakan. 

Memperbesar jumlah pengikut juga akan meyakinkan dan membuktikan bahwa usaha itu memang telah dipercayai. Selanjutnya melakukan promosi dengan konsisten juga sangat perlu dilakukan.

Penggunaan format konten seperti tulisan, gambar, video dan audio juga harus dimaksimalkan di masing-masing kanal media sosial yang dimiliki.


4Memaksimalkan Penggunaan Instagram dan Youtube

ShutterStock

Meski bagian dari media sosial, alangkah baiknya bila Anda mulai fokus untuk mempromosikan bisnis lewat dua media sosial tersebut.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online Untuk Siapapun

Instagram dan Youtube kini menjadi dua dari sekian banyak media sosial yang paling sering digunakan, dilihat dari engagement time atau rata-rata waktu penggunaan.

Oleh karena itu, semakin aktif Anda membuat konten-konten kreatif dan inovatif yang masih berhubungan dengan bisnis Anda, semakin besar potensi Anda untuk ditemukan oleh pengguna yang akan menikmati konten Anda.

Semakin besar juga peluang brand bisnis Anda semakin besar, berkembang, dan terkenal sehingga berpotensi besar untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Bila masih tidak tahu caranya atau merasa sulit untuk membuat konten video dan postingan di masing-masing Youtube atau Instagram, Anda selalu bisa mencari freelancer di Fiverr dengan harga jasa yang relatif murah, mulai dari $5 atau sekitar Rp70ribu.


5Pemanfaatan Data Secara Maksimal

data database
ShutterStock

Di masa depan, data akan menjadi salah satu sumber daya yang paling berharga. Sebab dengan data, ada banyak hal yang bisa dieksekusi dan bisa dieksekusi dengan benar sehingga hasilnya pun jadi lebih akurat.

Manfaatkan database. Jangan pernah menganggap remeh fungsi dari database karena merupakan cara yang paling ampuh untuk memperbesar penjualan di masa mendatang.

Misalnya adalah dengan menggunakan data pembeli berupa nama, nomor ponsel, email hingga alamat rumah.

Anda juga bisa menggunakan variabel lain untuk mengetahui lebih dalam tentang ketertarikannya terhadap produk atau hal tertentu sehingga semakin mudah bagi Anda untuk memberikan engagement padanya.

Pada intinya, database dari pembeli jangan dibuang begitu saja, simpan baik-baik agar suatu saat bisa dipakai dalam promosi dengan target yang tepat.


6Mengeksekusi Strategi Bisnis dan Evaluasi

evaluasi strategi bisnis online
ShutterStock

Jangan berhenti pada perencanaan saja, segera eksekusi dan lakukan evaluasi. Banyak pelaku bisnis yang sudah tahu tentang strategi bisnis online tapi selalu lambat dan tidak konsisten dalam mengeksekusinya, belum dilakukan secara maksimal, belum fokus dan masih takut dengan kerugian. 

Baca Juga: 5 Tool Untuk Bisnis Online yang Wajib Digunakan

Oleh karena itu, fokuslah dalam memanajemen dan mengejar target serta tidak takut dalam mengambil risiko.

Usahakan terdapat tim atau orang khusus dalam menangani hal tersebut, sehingga setiap strategi bisnis online yang Anda terapkan dan eksekusi bisa berjalan dengan baik.


7Memperbanyak Pilihan Produk

variasi produk bisnis online
ShutterStock

Semakin banyak produk yang ditawarkan biasanya pembeli akan tertarik dan lebih leluasa dalam menentukan pilihannya. Akan tetapi, jika masih di awal berikanlah satu tema produk saja.

Misalnya, jenis produk, tipe produk, varian produk atau pun produk pelengkap tetapi juga tidak lupa untuk tetap menjaga kualitas dan kuantitasnya. Strategi ini merupakan salah satu langkah agar pelanggan tidak beralih ke pesaing lain.


8Mempunyai Tim Penjualan

tim sales - meningkatkan penjualan bisnis online
ShutterStock

Sudah pasti, Anda selaku pemilik tidak bisa mengerjakan semuanya meskipun Anda mungkin ahli di bidang tersebut.

Usahakan dalam menjalani bisnis tidak sendiri dan bangunlah tim yang solid agar tujuan dan strategi bisnis dapat tercapai. Tim penjualan (Sales) diibaratkan sebagai ujung tombak bagi bisnis dalam menjual produk.

Baca Juga: Meningkatkan Penjualan, 3 Strategi Untuk Memajukan Bisnis Online Anda

Tim penjualan bertugas dalam melayani calon pembeli, memastikan target penjualan tercapai, hingga melakukan strategi sales dan promosi yang efektif. Usahakan untuk lebih cekatan dengan pelanggan dan bangun komunikasi yang baik.

Pelayanan harus dilakukan secara cepat tanggap ketika ada konsumen yang memesan produk Anda atau sekedar bertanya tentangnya. Jika tidak, bisa jadi konsumen beralih ke kompetitor.


9Membangun Tim Reseller

reseller bisnis online
ShutterStock

Reseller merupakan seseorang yang menjualkan kembali produk dari suatu bisnis dengan ketentuan dalam pembagian keuntungan untuk setiap produk yang berhasil terjual. 

Salah satu ciri bisnis online yang sukses adalah memiliki tim atau komunitas reseller. Buatlah strategi terbaik untuk meningkatkan penjualan lewat tim reseller. Sebelumnya, berikan pelatihan dan bimbingan kepada mereka, sehingga penjualannya bisa maksimal.


10Menggunakan Marketplace Online

ecommerce - toko online - marketplace online - strategi bisnis online
ShutterStock

Sudah barang tentu bahwa memanfaatkan platform marketplace online bisa membuat bisnis online Anda jadi lebih sukses.

Selain situs-situs online, Anda juga bisa menggunakan website marketplace, misalnya Shopee, Tokopedia, Bukalapak atau pun bahkan bisa membuat toko online sendiri dengan Shopify.

Marketplace online kerap kali dijadikan sebagai tempat bertemunya bisnis dengan calon pelanggan, terutama bagi mereka yang berdomisili berjauhan.

Dengan menggunakannya, ada banyak hal yang bisa dihemat, mulai dari biaya sewa tempat, transportasi, dan sebagainya.


11[Bonus] Membuat Website atau Toko Online Sendiri

strategi bisnis online - toko online
ShutterStock

Selain memanfaatkan aset digital pihak ketiga seperti media sosial dan marketplace online, Anda juga bisa membuat website atau toko online sendiri untuk bisnis Anda.

Baca Juga: Cara Membuat Toko Online

Selain kredibilitas, brand juga menjadi lebih tinggi reputasinya dengan aset digital sendiri. Usahakan agar bisnis online Anda punya aset digital berupa websiite atau toko online sendiri dengan nama brand Anda sebagai alamat websitenya (domain/URL).

Dengan demikian, Anda bisa lebih leluasa mengontrol setiap hal yang ada di dalamnya untuk semata-mata membuat penjualan semakin melonjak dan brand Anda pun semakin terkenal.


Penutup

Itulah 10+ strategi bisnis online yang diprediksi akan menjadi sangat efektif sepanjang tahun 2020. Bila sudah menerapkan dan mengeksekusinya dengan baik, Anda pun bisa melakukan evaluasi dengan lebih komprehensif untuk mengukur efektivitas setiap strategi.

Strategi bisnis online mana yang sudah Anda terapkan dari daftar di atas? Ada masukan lain? Semoga bermanfaat!

hostinger hosting terbaik

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.