Tips Memilih Domain yang Tepat – Punya nama bagus untuk merk blog Anda? Punya niat membelikan domain khusus untuknya? Dunia online kini sudah semakin berkembang. Ada banyak sekali situs yang tersebar demi tujuan tertentu. Sebelum membeli Top Level Domain (TLD), mungkin Anda perlu membaca beberapa tips di bawah ini.

Tips Memilih Domain:

1. Apa Ide Untuk Blog Anda?

Jika Anda hendak membangun sebuah blog dengan keseriusan tinggi, artinya hendak membelikan domain TLD untuk blog yang hendak Anda bangun, pastikan Anda sudah memiliki ide untuk mengisinya. Misalnya Anda hendak menulis tentang informasi terbaru, sastra, dan sebagainya. Apakah Anda punya nama yang tepat untuk judul blog Anda? Misalnya blog tentang informasi terbaru: infonline.net atau infomaya.com, dan sebagainya. Bila sastra, misalnya: onlineliterature.com, dan sebagainya. Intinya sesuaikan judul blog Anda nantinya tergantung pada ide untuk blog Anda. Judul blog Anda itu harusnya sama dengan nama domain Anda. Misalnya nama blog saya ini: Seni Berpikir dengan nama domain www.seniberpikir.com.

BACA JUGA:  Cara Memperbaiki CSS dan JS Error di Google Search Console

2. Gunakan Kata Kunci?

SEO memang sangat penting. Coba gunakan Google Keyword Planner untuk menentukan berapa persaingan nama domain yang kira-kira banya dicari. Jika Anda nantinya lebih sering menggunakan kata kunci teknologi, maka usahakan nama domain Anda mengandung unsur kata kunci tersebut. Atau jika Anda tidak bermaksud menggunakan kata kunci di nama domain Anda, maka pilihlah nama yang benar-benar menggambarkan isi situs Anda.

3. Jumlah Karakter Nama Domain Juga Penting

Pilihlah nama domain yang mudah diingat dengan jumlah karakter yang pendek. Blog yang memuat banyak sekali informasi bermanfaat bagi pembaca pastinya akan mengundang kembali minat pembaca untuk kembali mengunjunginya. Apa yang paling mungkin membuat mereka kembali mengunjungi blog tersebut? Tentu saja nama domain blog tersebut. Untuk itu pilihlah nama domain yang bagus sesuai ide blog Anda dan usahakan agar nama tersebut tidak terlalu panjang. Inilah tips memilih domain yang banyak dilupakan.

4. Perhatikan Isu Hak Cipta

Pilih nama domain yang tidak mirip dengan nama domain orang lain, terutama nama domain perusahaan online besar agar tidak terjadi sengketa pelanggaran hak cipta seperti Yahoo! vs Kudunyahoo.

Untuk memilih-milih nama domain dan melihat informasi ketersediaan dan yang lainnya, sudah tersedia atau belum, silahkan manfaatkan alat pemilah domain berikut ini:

BACA JUGA:  Domain .com dan .info Murah Dari CrazyDomains

Domain.nr

Dot-o-mator

Bust A Name

www.domaintools.com/">DomainTools

Itulah beberapa tips memilih domain yang tepat sebelum Anda benar-benar online dengan blog dan nama domain Anda sendiri.

1 KOMENTAR

  1. Setelah memilih beberapa nama. Googlekan nama yang dipilih itu di internet dan lihat juga samada alamat website untuk nama tersebut masih ada ataupun tidak.

TINGGALKAN KOMENTAR