Tips Blogging: 7 Hal Penting Untuk Blogger – Hal penting untuk blogger di sini dimaksudkan untuk membantu produktivitas Anda dalam menghasilkan artikel-artikel informatif untuk blog Anda. Selain itu juga, Anda mungkin menginginkan berbagai hal untuk mempermudah, menghemat waktu, dan ‘aman’ dari segi plagiarisme/atau kasus copy-paste.

Apa saja 7 Hal Penting Yang Bisa Dimanfaatkan Setiap Blogger?

1. Usage Rights: Cari Gambar untuk Penggunaan yang lebih bebas dari Google Images

Barang-barang di internet memang sepertinya milik semua orang. Tapi tentu saja setiap pemilik asli gambar tersebut menginginkan ada ‘daya respek’ dari kita penggunanya untuk tetap menghargai karya mereka, meskipun tersebar luas di internet.

Nah untuk itu, setiap blogger perlu memfilter gambar mana yang bisa dimanfaatkan ulang untuk kepentingan blog Anda atau pun untuk kepentingan komersil lainnya. Caranya, coba buka Google Images dan ketikkan kata kunci gambar yang ingin Anda cari. Setelah itu, klik Search Tools (Jika Google yang Anda gunakan  berbahasa Inggris). Tab Search Tools berada sejajar dengan menu Web, News, Shopping, More. Perhatikan gambar berikut ini:

Google-Images-3

(Sumber Gambar: Trenologi.com)

Setelah Anda mengklik Search Tools, tab berisi menu baru akan muncul lagi: Size, Color, Type, Time, Usage Rights, dan More Tools. Pilihlah Usage Rights seperti gambar di atas. Menu drop down pun kemudian muncul.

– Pilih Labeled for Reuse untuk mencari gambar yang bisa digunakan ulang.

– Pilih Labeled for Commercial Reuse untuk mencari gambar yang bisa digunakan demi kepentingan komersial.

BACA JUGA:  Tips Blogging: Hal-Hal Penting Yang Wajib Anda Penuhi

– Pilih Labeled for Reuse with Modification untuk mencari gambar yang bisa dimodifikasi/diedit sesuai keinginan Anda dan digunakan ulang untuk blog Anda.

– Dan pilihan terakhir, Labeled for Commercial Reuse with Modification untuk mencari gambar yang mengizinkan Anda untuk mengedit dan menggunakannya untuk kepentingan komersial.

2. Gunakan Bantuan Ekstensi Browser Anda: Gunakan Ekstensi TLDR

TLDR berguna sekali untuk merangkum artikel yang panjang, sehingga Anda dengan mudah dan cepat mendapatkan poin-poin penting ketika Anda melakukan riset untuk postingan blog Anda. Download saja ekstensi TLDR di Google Chrome Extension Store atau pun di Mozilla Firefox, gratis!

3. Aplikasi Pocket, Gunakan Melalui Ekstensi Browser Anda dan Integrasikan Dengan Gadget iOS maupun Android Anda

Download aplikasi Pocket dengan gratis di perangkat iOS maupun Android Anda. Download juga ekstensi Pocket di browser Anda. Terdapat di Google Chrome maupun Firefox. Pocket ini sama fungsinya seperti bookmark. Bedanya, Anda bisa membaca semua artikel yang Anda bookmark dengan Pocket dan membacanya di perangkat iOS atau Android Anda.

Dengan begitu, kapan saja bila Anda tidak sempat membaca bahan tulisan blog yang Anda inginkan untuk menjadi postingan blog Anda, Anda bisa membacanya di mana pun dan kapanpun dengan aplikasi Pocket di gadget Anda.

4. Gunakan Aplikasi Pengumpul Berita Seperti Pulse atau pun Flipboard, Feedly, Circa, dan sebagainya untuk mencari inspirasi terkait topik penulisan blog.

Tips blogging yang satu ini sangat penting digunakan dan dimanfaatkan agar produktivitas blog Anda terus berlanjut. Menggunakan aplikasi iOS dan Android tersebut, Anda bisa mengumpulkan berita dari website yang biasanya Anda manfaatkan untuk mencari topik tulisan blog.

BACA JUGA:  4 Tips Mudah Mengembangkan Blog

Semua tulisan terbaru dari blog/website yang sering Anda baca akan masuk ke dalam aplikasi tersebut, dan Anda dengan mudahnya bisa memilah tulisan-tulisan terbaru tersebut untuk tetap mendapatkan inspirasi penulisan blog.

5. Bergabung dengan Komunitas Blogger, Nasional Maupun Regional

Bergabunglah dengan berbagai komunitas blogger seperti Jamban Blogger, Warung Blogger, dan juga Kancut Keblenger. Bergabung dengan komunitas blogger bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan banyak teman sesama blogger, terutama teman blogger yang memiliki kesamaan ketertarikan dari segi topik tulisan blog yang diangkat.

Mengapa penting? Selain menumbuhkan keakraban melalui dunia maya, komunitas blogger juga sering mengadakan kopdar sebagai ajang temu-akrab sesama anggota komunitas blogger tersebut. Anda bisa langsung bertatap muka dengan para blogger yang Anda kagumi, juga yang selama ini sudah akrab dengan Anda di dunia maya.

Ada berbagai ketertarikan yang bisa dibagikan melalui komunitas blogger tersebut. Jangan salah, banyak blogger Indonesia yang sudah sukses hanya dengan blog-nya. Siapa tahu Anda bisa belajar banyak dari mereka, juga bekerjasama dalam bidang bisnis dengan mereka.

6. Manfaatkan Google Webmaster, Google Analytics, dan Tool Penting Lainnya

Bagi Anda para blogger yang memiliki akun Gmail/Google, selalu manfaatkan peralatan yang diberikan oleh Google secara gratis untuk meningkatkan kualitas blog Anda. Google Webmaster sangat berguna untuk memeriksa ‘kesehatan’ blog Anda, seperti link yang tidak bisa diakses, adanya malware, dan sebagainya. Melalui Google Webmaster, Anda juga difasilitasi tools untuk memeriksa kata kunci mana yang paling banyak menghasilkan klik di mesin pencari Google agar pengunjung bisa tiba di blog Anda.

BACA JUGA:  Cara Membuat Facebook Reactions di WordPress

Google Analytics berguna untuk memberikan informasi jumlah pengunjung dan pageviews dari blog Anda, bagaimana mereka mengakses blog Anda, perkiraan umur, browser yang digunakan, dan sebagainya. Gunakan juga tools penting lainnya seperti CopyScape, DMCA Protection, HiStats untuk menghitung jumlah pengunjung, Alexa Rank untuk mengukur popularitas blog Anda, SEO Analytics online yang bisa dengan mudah Anda manfaatkan gratis secara online, dan tools lain seperti Pagerank Checker Online untuk mengecek pagerank terkini Anda, dan sebagainya.

Manfaatkan semua tools di atas sebagai parameter untuk semakin meningkatkan kualitas blog Anda, terlebih jika Anda berharap untuk segera mendapatkan penghasilan dari blog Anda.

7. Manfaatkan Google Translate

Hampir seluruh negara di dunia menghasilkan konten berbahasa Inggris dan diposting ke blog/website. Ada banyak topik yang dihasilkan, bahkan setiap menitnya dari seluruh dunia. Untuk itu, ketika sedang melakukan riset untuk postingan blog Anda, manfaatkanlah Google Translate. Meski belum menghasilkan terjemahan yang sempurna, namun saat ini Google Translate adalah tool translate yang paling diandalkan.

Itulah tips blogging yang berisi 7 hal penting yang bisa dimanfaatkan oleh setiap blogger. Adakah yang kurang menurut Anda? Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR