5+ Aplikasi Pelengkap Instagram Wajib Install – Instagram sendiri sebagai sebuah aplikasi mobile bisa dikatakan sudah memiliki fitur yang cukup lengkap.

Apalagi, developer di baliknya rajin dan telaten mengupdate aplikasi ini dengan menyuntikkan berbagai macam fitur terbaru Instagram yang pastinya semakin menambah kemenarikannya sebagai sebuah aplikasi yang banyak penggemarnya.

Baca Juga: 10+ Fitur Terbaru Instagram yang Perlu Anda Ketahui

Hanya saja, dari sekian banyak fitur yang kini dimilikinya, tetap saja masih ada yang kurang dan hingga kini belum juga tersedia.

Untungnya, ada beberapa aplikasi pelengkap Instagram yang tersedia dan bisa langsung digunakan. Apa saja? Berikut daftarnya:


5+ Aplikasi Pelengkap Instagram Wajib Install

1. Preview atau Plann

aplikasi pelengkap instagram - preview

Instagram belum memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pratinjau feed.

Anda mungkin sering menemukan berbagai profil pengguna di mana foto-fotonya terlihat tertata dengan rapi dengan tema tertentu.

Dengan aplikasi pelengkap Instagram semacam Preview maupun Plann, Anda bisa mengatur feed Instagram Anda dengan mudah, apalagi karena fitur drag & drop yang ditawarkannya.

Baca Juga: Cara Upload Foto ke Instagram Lewat Komputer atau Laptop Tanpa Software

Anda bisa mengatur tata letak foto-foto yang akan diposting dan menjadwalkannya dengan dua aplikasi pelengkap Instagram di atas. Menarik sekali, bukan?


2. 2017 Best Nine (Web) dan Top Nine (Android, iOS)

aplikasi pelengkap instagram - 2017 best nine

Salah satu cara untuk mengetahui konten mana yang paling populer di profil Instagram Anda adalah dengan menggunakan dua aplikasi ini.

Baca Juga: Cara Melihat Foto Instagram yang Paling Banyak Like

Dua aplikasi pelengkap Instagram di atas akan menyaring 9 konten yang paling populer sepanjang tahun 2017 (dan tahun-tahun mendatang), dan akan memberikan detil mengenai berapa jumlah total Like dari 9 konten tersebut.


3. CutStory (iOS) dan Story Cutter (Android)

Instagram Story memiliki durasi maksimal hanya 15 detik. Mungkin ada beragam momen penting yang ingin sekali Anda bagikan ke pengikut Anda di Instagram.

Durasi 15 detik mungkin sangat terbatas bagi Anda. Oleh karena itu, apabila Anda memiliki video berdurasi lebih dari 15 detik, gunakan dua aplikasi di atas untuk memotong durasi video yang panjang tersebut menjadi beberapa bagian, di mana masing-masing bagian dipotong menjadi 15 detik per video.

Baca Juga: Mengubah Instagram Menjadi Galeri Virtual Reality

Contohnya apabila Anda memiliki video berdurasi 1 menit namun tidak ingin membagikannya sebagai postingan di akun Instagram Anda, dua aplikasi di atas bisa membaginya menjadi 4 bagian di mana masing-masing bagian berdurasi 15 detik.

Apabila semuanya sudah dipotong, upload setiap video ke Instagram Story Anda secara berurutan. Dengan begitu, video tersebut nantinya terlihat seperti sebuah video utuh nan lengkap di Instagram Story Anda.


4. Campsite dan Linktree

aplikasi pelengkap instagram - campsite

Salah satu keterbatasan yang kini cukup disayangkan bagi pengguna Instagram adalah terbatasnya space untuk menautkan link.

Hal ini bisa menjadi penghalang yang sangat serius bagi pebisnis online, digital marketer, hingga blogger. Campsite dan Linktree bisa menjadi aplikasi pelengkap Instagram yang sangat bagus menyoal ini.

Baca Juga: Cara Download Foto Instagram di Android, iOS dan PC

Satu-satunya tempat menautkan URL yang clickable adalah di bagian bio profil Instagram kita. Nah dengan dua aplikasi di atas, Anda bisa mempermudah audiens Anda untuk mengklik link hanya dengan satu link di bio.

Dua aplikasi di atas memungkinkan Anda untuk menautkan beberapa link dalam satu daftar. Kemudian semua link tadi bisa diwakili oleh satu link saja (baik dari Campsite maupun Linktree) dan silakan tempatkan di bagian bio profil Instagram Anda.

Apabila Anda masih bingung dengan penjelasan di atas, silakan klik link berikut sebagai contohnya. Cara kerja dan setup-nya sangat mudah, dan manfaatnya tentu saja sangat besar.


5. TagsDock (iOS) dan Magnify (Android)

Tak bisa dipungkiri, hashtag masih memiliki peran yang besar dalam menentukan jumlah reach dan engagement di Instagram.

Mencari hashtag yang tepat dan populer harusnya jangan sampai membuat Anda repot setiap kali hendak memposting konten di Instagram.

Baca Juga: How to Download Photos and Videos on Instagram

Dua aplikasi di atas akan sangat membantu untuk mencari tahu hashtag apa yang sedang tren dan populer untuk topik konten yang hendak Anda posting.


Penutup

Nah, itulah 5+ aplikasi pelengkap Instagram yang mungkin perlu Anda install sekarang juga karena manfaat yang ditawarkannya bisa sangat membantu dalam beragam hal.

Apapun tujuan utama Anda dalam menggunakan Instagram, aplikasi di atas tentu jangan sampai dilewatkan begitu saja. Kalau Anda, aplikasi apa yang paling diandalkan sebagai pelengkap Instagram?


Baca Juga: Cara Membuat Akun Instagram Bisnis: Coba Sekarang!


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.