Cara Mengetahui Segalanya Tentang Website Tertentu –  Jika Anda sering browsing dan membuka website favorit Anda, kemudian mengeksplorasi konten yang terdapat di dalamnya, mungkin Anda berpikir bagaimana sang webmaster mengembangkan website tersebut, elemen apa yang diaplikasikan, dan yang kemungkinan paling penting; siapa pemilik website tersebut?

Atau mungkin Anda adalah seorang blogger/website developer (selanjutnya akan disebut sebagai ‘blogger’ saja) yang sedang mencari ide-ide terkait perkembangan blog, atau ingin meminta saran/rekomendasi kepada sang pemilik website yang Anda kunjungi terkait pengembangan blog, maka Anda perlu mengetahui beragam informasi tentang website tersebut.

Dalam artikel kali ini Seni Berpikir menjabarkan cara mengetahui segalanya tentang website tertentu yang kemungkinan berpengaruh besar bagi Anda para blogger dalam mengembangkan website Anda. Cara yang dijabarkan berkaitan dengan online tools yang disediakan oleh website-website terbaik yang kami kumpulkan untuk mengetahui segalanya tentang website tertentu.

Cara Mengetahui Segalanya Tentang Website Tertentu
  • just-ping.com — online tool yang satu ini berguna untuk mengetahui apakah website tertentu bisa diakses dari negara tertentu atau tidak. Jika terdapat pesan ‘100% Packet Loss’ dalam label suatu negara, berarti website Anda tidak bisa diakses di negara tersebut. Seperti Seni Berpikir, tidak bisa diakses di Cina atau pun IP address Cina karena Seni Berpikir memang sengaja memblokir Seni Berpikir untuk IP address Cina.
  • who.is — Jika Anda ingin mendapatkan informasi contact seperti alamat email, nomor telepon, bahkan alamat tinggal dari pemilik website, maka gunakan online tool ini untuk mengetahuinya.
  • whoishostingthis.com — Online tool ini berfungsi untuk memberikan informasi mengenai lokasi dan informasi lainnya di mana sebuah website di-hosted, atau di mana server website tersebut berada. Akan berguna jika website tersebut memuat artikel/konten yang melanggar hak cipta Anda sebagai pemegang hak cipta yang sah, kemudian menghubungi jasa hosting tersebut untuk melaporkan website itu pada DMCA.
  • www.popuri.us/">popuri.us —Salah satu tool favorit saya. Online tool ini dapat memberikan informasi tentang seberapa populer suatu website di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan sebagainya. Tool ini juga akan menunjukkan Google Pagerank website tersebut dan seberapa besar rating Web of Trust-nya di dunia internet.
  • myip.ms —Mengetahui segalanya tentang website tertentu sebenarnya lebih mudah bila dimulai dari hosting provider yang digunakan oleh website tersebut. Jika performa website tersebut baik maka terdapat nilai plus bagi para pengguna sang website. Maka dari itu, tool yang satu ini saya rekomendasikan untuk Anda coba. Anda bisa mengetahui lokasi fisik dari website tersebut, layanan hosting yang digunakan, IP address, informasi DNS, dan sebagainya.
  • ewhois.com —Tool ini bisa mendeteksi siapa pemilik dari website tertentu, dan menghubungkan website lain yang juga dimiliki oleh pemilik yang sama. Tool ini memberikan detil tentang ID Adsense publisher website tersebut dan juga kode Google Analytics yang digunakannya.
  • builtwith.com —fitur yang dimiliki online tool ini cukup menarik. Anda bisa mengetahui tentang layanan iklan yang digunakan di website tersebut, mail service provider dari domainnya, dan juga dapat memberikan informasi tentang layanan CDN apa yang digunakan oleh website tersebut jika Anda penasaran alasan di balik kecepatan/performa website tersebut ketika Anda akses.
  • semrush.com —Jika Anda adalah blogger yang sedang menekuni online marketing/online business, maka saya rekomendasikan agar mencoba online tool ini. Tool ini dapat memberikan informasi tentang website pesaing Anda di niche yang sama dengan Anda. Informasi yang bisa Anda dapatkan dari kompetitor bisnis online Anda antara lain: organic keywords yang digunakan, trafik website tersebut, dan juga website mana saja yang menjadi saingan terdekatnya.
  • modern.ie — cara mengetahui segalanya tentang website tertentu selanjutnya bisa diaplikasikan dengan tool yang satu ini. Tool ini akan memeriksa apakah website tersebut kompatibel dengan browser tertentu, mendeteksi coding yang error yang mungkin menyebabkan masalah pada website tersebut, dan memberitahu hal-hal apa yang bisa Anda tingkatkan untuk meningkatkan performa website Anda.
  • developers.google.com —Ini adalah salah satu layanan Google yang gratis dan populer di kalangan blogger. Dengan Page Speed Test, Anda bisa memeriksa kecepatan loading suatu website jika diakses melalui PC maupun mobile, juga memberitahukan saran apa yang bisa diambil untuk meningkatkan kecepatannya. GTMetrix dan Pingdom Tools juga bisa memberitahu kecepatan loading website tertentu dan cara meningkatkan performanya.

Itulah berbagai online tools yang bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui segalanya tentang suatu website yang bisa juga Anda manfaatkan untuk mengembangkan website Anda sendiri. Semoga bermanfaat.

hostinger hosting terbaik


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.