Facebook Fan Page (Google.com)
Facebook (Google.com)

Cara Memasang Kotak Komentar Facebook di WordPress – Sebagai salah satu jejaring sosial yang paling diminati dan paling banyak penggunanya, Facebook menyediakan aplikasi untuk kita yang ingin menempatkan Facebook Fan Page di blog kita, juga menyediakan fitur kotak komentar.

Fitur kotak komentar yang disediakan oleh Facebook bisa kita tempatkan di akhir setiap postingan blog kita. Dengan memasang kotak komentar Facebook di blog, pengunjung akan lebih mudah memberikan komentar di blog Anda menggunakan akun Facebook mereka tanpa harus mengetikkan nama + email + alamat website + captcha terlebih dahulu.

Harus kita akui bahwa kebanyakan pengunjung terkadang malas berkomentar di tulisan kita karena harus mengisi data diri singkat (nama + email + alamat website + captcha) setiap kali hendak berkomentar. Dengan memasang kotak komentar Facebook di blog kita maka kita juga menyediakan kemudahan bagi pengunjung untuk berkomentar. Semakin mudah maka semakin gampang Anda mendapatkan komentar dari para pengunjung blog Anda.

Biasanya, semakin banyak komentar di suatu tulisan, sering dianggap bahwa tulisan itu cukup populer. Namun seperti yang saya tuliskan di atas, kebanyakan pengunjung blog yang ingin berkomentar sudah merasa malas terlebih dahulu karena harus mengisi beberapa data sebelum memasukkan komentar.

Tentu tujuan utamanya agar bisa memverifikasi si penulis komentar sekaligus menghindari komentar spam. Tetapi kebanyakan orang yang ingin berkomentar tidak memperdulikan hal tersebut. Untuk itu jika Anda ingin memasang komentar Facebook di blog Anda, khususnya pengguna blog wordpress, maka panduan ini patut Anda coba.

BACA JUGA:  Pengertian dan Cara Membuat WordPress Child Theme

Ada dua cara yang bisa Anda gunakan untuk memasang kotak komentar Facebook di wordpress. Cara yang pertama merupakan cara manual dengan mendapatkan kode kotak komentar Facebook dan memasukkannya ke dalam theme Anda, dan cara kedua Anda bisa menggunakan plugin.

Saran saya gunakan cara pertama untuk menghindari kapasitas penggunaan memori database dan CPU Usage server hosting Anda. Namun bila Anda tidak begitu mengerti atau malas berhadapan dengan coding, maka pilihlah cara kedua.

Berikut cara memasang kotak komentar Facebook di wordpress:

 

Cara Pertama

1. Buat sebuah aplikasi Facebook baru. Log in terlebih dahulu ke dalam akun Facebook Anda dan Facebook Developers Apps untuk membuat aplikasi komentar. Setelah Anda sampai ke halaman tersebut, silahkan Create New App, masukkan judul aplikasi tersebut (terserah Anda) dan jangan lupa centang Facebook Terms.

2. Setelah Anda membuat satu aplikasi di Facebook, Anda bisa mengubah data-data yang tadi Anda buat, namun hal tersebut tidak terlalu penting untuk kita ubah. Yang terpenting adalah Anda harus memperoleh App ID yang bisa Anda dapatkan di bagian paling atas halaman dimana Anda, setelah melakukan tahap pertama, berada.

3. Setelah itu klik bagian Web di sebelah kiri halaman tersebut dan masukkan URL blog Anda. Setelah itu Anda akan mendapatkan kode dari aplikasi yang Anda dapatkan tadi.

BACA JUGA:  Lengkap: Cara Setting Plugin WordPress SEO by Yoast

4. Bagian selanjutnya, Anda perlu memasukkan kode tadi ke theme blog Anda. Caranya, pertama Anda copy App ID yang Anda dapatkan di bagian kedua tutorial ini dan paste di Appearance => Editor => header.php. Di antara kode <head> Anda harus memasukkan kode App ID Anda, sehingga nanti kodenya kira-kira menjadi seperti di bawah ini:

<meta property=’fb:app_id’ content=’Letakkan APP ID Anda disini‘ />

Jika Anda bingung dimana bagian <head> yang saya maksudkan untuk meletakkan App ID Anda, contoh kodenya seperti ini:

<head>
<meta charset=”<?php bloginfo( ‘charset’ ); ?>” />
<meta property=’fb:app_id’ content=’Letakkan APP ID Anda disini‘ />
<title><?php wp_title( ‘|’, true, ‘right’ ); bloginfo( ‘name’ ); ?></title>
<link rel=”pingback” href=”<?php bloginfo( ‘pingback_url’ ); ?>” />
</head>

Setelah itu ganti tulisan berwarna merah dengan App ID Anda.

5. Berikutnya Anda harus membuat dan memasang kotak komentar Facebook di blog Anda. Sebelumnya, lihat kode di bawah ini:

<div id=”fb-root”></div>
<script src=”http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1″></script>
<fb:comments href=”<?php the_permalink(); ?>” width=”880“></fb:comments>

Perhatikan angka yang berwarna biru, itu adalah lebar kotak komentar Facebook yang nantinya Anda tempatkan di bawah setiap postingan blog Anda. Anda bisa mengubahnya sesuai ukuran lebar postingan Anda.

Kode di atas merupakan salah satu contoh kode komentar Facebook yang akan dipasang. Copy kode komentar Facebook Anda setelah Anda membuat aplikasi dan kotak komentar tadi.

BACA JUGA:  Tips Untuk Mempercepat Loading Blog

6. Di beberapa theme, di bagian Appearance => Editor => Comments.php, Anda harus mencari kode seperti di bawah ini:

<div id=”comments”>
<?php if ( post_password_required() ) : ?>
<p class=”nopassword”><?php _e( ‘This post is password protected. Enter the password to view any comments.’, ‘twentyten’ ); ?></p>
</div>
<?php return; ?>
<?php endif; ?>

<?php if ( comments_open() ) : ?>
<div id=”fbcomments”><div id=”fb-root”></div><script src=”http://connect.facebook.net/de_DE/all.js#xfbml=1″></script><fb:comments href=”<?php the_permalink(); ?>” width=”880″></fb:comments></div>
<?php endif; ?>

<?php if ( ! comments_open() ) : ?>
<p><?php _e( ‘Comments are closed.’, ‘twentyten’ ); ?></p>
<?php endif; ?>
</div>

Kode yang berwarna oranye merupakan kode yang berada di poin nomor 5 panduan ini. Ganti kode tersebut dengan kode yang Anda dapatkan setelah membuat aplikasi kotak komentar Facebook tadi.

6. Penempatan kode di atas mungkin berbeda-beda di setiap theme. Namun Anda juga bisa menempatkan kode kotak komentar Facebook Anda di bagian single.php di atas kode ini atau sejenisnya:

<?php comments_template( ”, true ); ?>

7. Setelah Anda klik Update/Save maka coba lihat di salah satu postingan blog Anda. Apakah Anda berhasil memasang kotak komentar Facebook di blog Anda?

Jika Anda belum berhasil maka silahkan coba cara kedua.

Anda perlu menggunakan plugin seperti Facebook for WordPress. Untuk mendapatkannya Anda cukup masuk ke Dashboard, lalu klik Plugins => Add New dan ketikkan nama plugin tersebut lalu install dan aktifkan.

 

Referensi:

Wptutsplus

27 KOMENTAR

  1. udah ane praktekkan gan,,,, n berhasil….tambahannya:jika kita mau memakai app id kita, maka app id kita harus disetting dlu menjadi “available to the general public” pada panel “status n review” app id kita…trima kasih atas infonya….

TINGGALKAN KOMENTAR