Tips Blogging: Hal-Hal Penting Yang Wajib Anda Penuhi – Membangun sebuah blog tentu sangat penting jika Anda memiliki niat yang kuat untuk sukses sebagai blogger. Blog yang menarik dan banyak pembacanya merupakan beberapa tanda bahwa Anda sudah mulai terhitung sukses sebagai blogger. Ada banyak tips blogging lainnya mengenai hal tersebut.

Dari sekian banyak blogger di dunia blogging, tampilan merupakan hal yang paling utama yang harus diperbagus untuk menghadirkan ‘kesan pertama’ kepada pengunjungnya. Bagi yang lainnya, content is the king yang artinya walaupun semenarik apapun tampilan blog Anda tapi jika tidak diisi dengan konten yang berkualitas, yang dibutuhkan banyak orang, atau pun konten yang tidak original maka blog Anda tidak berguna.

Dalam tulisan ini, saya memberikan tips blogging yang mungkin Anda butuhkan untuk mengembangkan blog Anda. Saya pikir setiap blogger tentu mempunyai harapan atau cita-cita dari blog yang mereka bangun, jadi tidak ada salahnya saya membagikan tips blogging ini yang berisi hal-hal yang wajib Anda penuhi dalam upaya membangun blog Anda menjadi lebih baik lagi.

BACA JUGA:  7 Cara Mudah Mendapatkan Pengunjung Blog

1. Tampilan

Setiap blogger, seperti yang sudah saya tuliskan di atas, merasa bahwa tampilan itu penting untuk menghadirkan ‘kesan’ pertama bagi pengunjung mereka. Dengan tampilan yang keren dan unik, pengunjung akan merasa tertarik dan betah berada di dalam blog Anda sembari menikmati coretan demi coretan yang sudah Anda tulis. Inilah tips blogging yang wajib dipenuhi untuk memperkuat kesan pengunjung mengenai blog Anda.

Ibaratnya, tampilan blog (theme, struktur halaman, widget, dsb) merupakan kosmetik bagi blog itu sendiri. Hal ini merupakan salah satu hal yang wajib Anda penuhi untuk mengembangkan blog Anda menjadi lebih baik lagi. Mengenai tampilan blog Anda, tentu Anda harus bekerja keras mempersiapkan berbagai hal seperti theme yang keren, logo, warna, dan sebagainya yang intinya sangat berguna untuk menciptakan kesan pertama kepada pengunjung.

2. Kegunaan?

Apa kegunaan blog Anda bagi pengunjung? Itulah pertanyaan kunci di bagian ini. Anda harus membuat blog yang berisi hal-hal yang berguna bagi pengunjung Anda. Penuhilah apa yang dicari oleh orang lain di dalam blog Anda. Seperti yang saya tulis mengenai cara membuat tulisan berkualitas, isilah blog Anda dengan tulisan-tulisan yang mempunyai manfaat dan berkualitas bagi pembaca Anda.

BACA JUGA:  Meet Andra Alodita, Photo dan Fashion Blogger dari Alodita.com

Semakin berguna atau bermanfaat blog Anda, maka semakin banyak yang betah mengunjungi blog Anda sehingga dapat membantu Anda menjadi blogger sukses. Tips blogging ini juga wajib Anda penuhi

3. Kejelasan?

Jelas kah Anda membicarakan sesuatu yang Anda tulis di dalam blog Anda? Jika Anda mengulas satu topik, maka jelaskanlah topik itu secara jelas sehingga pengunjung blog Anda tidak semakin bingung mengenai apa yang mereka cari. Hal ini merupakan salah satu tips blogging yang wajib Anda penuhi terkait konten blog Anda. Tips blogging ini terkadang dilupakan oleh sebagian orang.

4. Headline

Jika Anda menggunakan fungsi slider seperti yang terdapat di homepage blog ini, maka isilah slider tersebut dengan headline yang bermanfaat bagi blog Anda. Seperti halnya fungsi headline pada umumnya yang diharapkan dapat menghasilkan daya tarik, maka buatlah headline yang berisi tentang sesuatu yang sedang tren atau populer, atau yang Anda kira menarik untuk dibaca.

Isilah konten Anda dengan hal-hal yang menarik dan unik, dan tampilkan dalam bentuk sticky post, atau tampilkan di beberapa bagian tertentu di homepage Anda, maka hal ini dapat menghasilkan ‘kesan pertama’ yang baik bagi pengunjung blog Anda.

BACA JUGA:  Pentingnya Profesionalisme Sebagai Blogger

5. Bahasa

Bahasa yang baik, sopan, dan berciri khas merupakan daya tarik lain yang membuat blog Anda menjadi menarik. Isilah konten dengan bahasa yang menjadi ciri khas Anda, atau bahasa dalam gaya tulisan yang baik. Bahasa mempengaruhi baik atau tidaknya kualitas Anda sebagai blogger.

Walaupun Anda secara bebas menggunakan blog untuk menampilkan berbagai tulisan yang Anda tulis sendiri, tapi Anda juga tetap wajib memperhatikan bahasa Anda. Jangan menggunakan bahasa yang kotor atau bahasa dengan nada menghina. Hal ini akan membuat pengunjung blog Anda berpikir negatif terhadap Anda.

Hindari menggunakan jasa Google Translate ketika Anda hendak mengisi konten Anda yang berasal dari tulisan asing.

Itulah 5 tips blogging mengenai hal-hal penting yang wajib Anda penuhi untuk membangun blog yang sukses dari saya. Semoga membantu 😀

1 KOMENTAR

  1. 5 tips blogging yang sangat membangu para pemula dalam mengarungi dunia blogging.
    Jika kita lihat saja dunia blogging itu terasa mudah, buka laptop bisa dapet duit. Akan tetapi, setelah kita laksanakan dan langsung terjun di dunia blogging angan – angan seperti yang kita pikirkan dahulu tidak sama sekali benar. Tetap butuh yang namanya, kerja dan doa.

    Salam, Ivan 🙂

TINGGALKAN KOMENTAR