Tips Menghadirkan Taman Cantik Dalam Rumah Minimalis – Keberadaan taman dalam sebuah rumah sangat membantu sekali dalam mewujudkan atmosfir rumah yang asri, sejuk dan nyaman. Apalagi rumah tersebut bergaya rumah minimalis yang selalu identik dengan permainan ornament beton dan besi. Nah, kekakuan dari model rumah minimalis ini bisa diseimbangkan dengan menghadirkan sebuah taman di dalamnya. Tidak peduli apakah itu taman di dalam rumah maupun taman di luar rumah. Keduanya sama-sama penting. Dan khusus untuk taman di dalam rumah minimalis, tentu ini sangat menarik sekali untuk dihadirkan dan justru hal ini jarang dibuat para pemilik rumah.

rumah minimalis 1

Ada yang mengatakan bahwa taman di dalam rumah minimalis butuh tempat dan biaya mahal. Sebenarnya itu tidak selalu benar karena bila Anda tahu trik dan kiat cara menghadirkan sebuah taman yang unik dan cantik di dalam rumah minimalis Anda, biaya yang dibutuhkan tidaklah besar dan cukup terjangkau.

Mau tau apa tips-nya? Berikut ulasannya selengkapnya:

  1. Tentukan Tempat Dimana Taman Akan Dibuat.

Pertimbangkanlah setiap sudut di rumah Anda sebagai tempat dimana taman tersebut nantinya akan dibuat. Pilihlah sudut ruang yang berada di area ruang publik seperti ruang keluarga dan ruang makan. Tempat ini sangat cocok untuk keberadaan suatu taman. Setelah Anda tentukan, pilihlah salah satu yang benar-benar cocok dan bisa dipandang dari berbagai tempat.

  1. Anggarkan Biaya Yang Ada.

Untuk membuat taman dalam rumah minimalis, bagaimanapun tentu membutuhkan biaya seperti untuk membeli material seperti semen, pasir, batu alam dan tanaman. Juga untuk upah tukang. Namun Anda tidak perlu khawatir, biayanya tidak mahal kok. Biayanya bisa ditekan dengan cara mengerjakannya sendiri. Bila Anda off atau tidak masuk kantor di hari Sabtu, sebenarnya taman minimalis Anda bisa dikerjakan sendiri di hari itu. Tidak perlu harus jadi dalam satu hari, karena ini sifatnya tanpa target, namun hasil yang didapat akan sangat memuaskan.

BACA JUGA:  10 Quotes Terbaik The Alchemist Tentang Kehidupan

rumah minimalis 3

  1. Buat Pola Taman

Berilah tanda pada lantai berupa garis bidang dimana ukuran taman tersebut nantinya akan dikerjakan dengan spidol ataupun pensil.

  1. Buatlah Sketsa Pola Desain

Untuk membuat sketsa pola desain taman Anda, tidak perlu minta bantuan arsitek untuk mendesainkannya. Anda sendiri bisa kok mengerjakannya. Ambil secarik kertas. Buatlah goresan-goresan sketsa dengan pensil. Bayangkan pola desain tamannya sesuai dengan keinginan Anda. Anda tidak perlu khawatir hasilnya jelek, karena nanti Anda akan belajar dengan sendirinya dan merasakan mana yang pantas dan mana yang lebih terlihat cantik untuk dihadirkan.

 

  1. Beli Material dan Tanaman

Anda bisa membeli material yang akan digunakan di toko bangunan seperti semen, pasir, batu bata, batu kerikil dan tentunya tanaman hias pilihan Anda.

rumah minimalis 2

  1. Kerjakan!

Disinilah letak kuncinya, jangan takut salah. Kerjakanlah sesuai pola desain yang telah Anda buat. Bayangkan tamannya! Lalu kerjakan…. Bila Anda masih terbentur pada model desain, silahkan tiru pola desain yang sudah jadi pada foto terlampir di sini.

  1. Beri Keamanan

Terakhir, agar di atas taman dalam rumah minimalis Anda tersebut aman dan tidak bisa dimasuki orang, buatlah jeruji besi di atasnya seperti contoh foto terlampir.  Jeruji besi ini tidak bisa Anda kerjakan, harus ditempatkan di bengkel las atau di bengkel tempat pembuatan pagar. Dengan adanya jeruji besi ini, walaupun taman Anda berada di dalam rumah, namun keamanannya tetap terjaga dan tidak bisa dimasuki siapapun dari luar.

BACA JUGA:  [Infografis] Permudah Traveling Dengan Berbagai Tips Ini

Demikianlah tips dalam menghadirkan taman cantik di rumah minimalis Anda. Semoga kehadiran taman dalam rumah Anda bisa memberi nuansa lebih nyaman dan asri yang bisa dirasakan seluruh anggota keluarga Anda. Selamat berkreasi!

 

Artikel ini merupakan hasil kontribusi dari Ajeng Shinta. Ingin tulisanmu dipublikasikan? Baca selengkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR